Upgrade RAM Laptop

Sebelum Upgrade RAM Laptop, Perhatikan Hal-Hal Berikut

Salah satu cara untuk menambah performa laptop adalah upgrade RAM laptop. Selain kapasitas hard disk dan prosesor, tentunya kapasitas RAM juga sangat mempengaruhi kecepatan komputer.

RAM sendiri memiliki peran yang penting dalam hal membantu kinerja prosesor selama melakukan proses komputasi. Saat ingin merakit komputer memilih RAM yang tepat sangatlah penting.

Kamu tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak varian RAM yang bisa ditemukan di pasaran. Beberapa jenis RAM yang perlu kamu ketahui adalah DDR3, DDR4 sampai DDR5.

Sedangkan untuk upgrade RAM pada laptop sendiri juga bisa dilihat dari kapasitas RAM nya. Kapasitas RAM tersedia mulai dari 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB dan seterusnya.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Upgrade RAM Laptop

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan jika kamu ingin memperbaharui RAM laptop. Sembarang memilih RAM bisa membuat performanya menjadi kacau dan sangat tidak disarankan.

Tidak hanya itu kamu juga perlu memperhatikan hal lain yang ada pada laptop sebelum memilih RAM. Jangan bingung, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan sebelum upgrade RAM laptop.

1.      Pahami Tipa RAM

Sebelum upgrade RAM hal pertama yang perlu kamu pahami adalah tipe-tipe RAM yang bisa digunakan. Kamu harus memilih tipe sesuai dengan spesifikasi laptop yang digunakan saat ini.

Sebagai contoh jika motherboard laptop kamu mendukung dual channel, maka upgrade RAM laptop dengan jumlah ganda. Namun perhatikan pula kemampuan motherboard agar disesuaikan.

👉 TRENDING:   Tidak Hanya Komputer, Smartphone Juga Bisa Upgrade RAM

Jika memilih RAM pada motherboard dengan dual channel, kamu disarankan menggunakan 2 keping. Maksudnya jika ingin menambah RAM 2 GB maka belilah dua RAM dengan kapasitas 1 GB.

Begitu juga jika kamu ingin menambah RAM 4 GB maka belilah dua RAM dengan kapasitas 2 GB. Perhatikan juga tipe RAM dari motherboard yang digunakan, apakah DDR1, DDR2, DDR3 atau DDR4.

2.      Ketahui Tipe dan Frekuensi RAM

Tips selanjutnya jika ingin upgrade RAM laptop adalah pilih tipe dan frekuensi RAM  yang sesuai. Tidak semua motherboard bisa mendukung kecepatan frekuensi dari memori RAM pada laptop kamu.

Kamu harus mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan motherboard saat menerima kecepatan frekuensi RAM. Hal ini bisa mempengaruhi performa laptop jika tidak disesuaikan.

Selain itu kamu juga perlu memperhatikan prosesornya apakah mampu menopang kecepatan frekuensi RAM yang dibeli. Sebagai contoh untuk tipe RAM DDR3 maksimal speednya 1066 – 1600 Mhz.

Jika kamu tidak mengetahui kemampuan tersebut maka lihat terlebih dahulu. Kemampuan ini bisa dilihat dengan masuk melalui BIOS saat pertama kali laptop dihidupkan.

3.      Perhatikan Nomor Seri

Hal lain yang perlu diperhatikan saat upgrade RAM laptop adalah memperhatikan nomor seri RAMnya. Biasanya setiap RAM memiliki nomor seri yang berbeda sebagai pembeda jenis RAM yang digunakan.

Jika kamu ingin membeli RAM sebanyak 2 buah maka pilih RAM yang sama jenis dan nomor serinya. Jika memilih RAM yang berbeda kamu maka ukurannya tidak akan pas pada motherboard.

4.      Pastikan OS Laptop yang Akan Digunakan

khusus untuk kamu yang ingin menambah RAM dari 4 GB menjadi 8 GB, maka hal dalam memperhatikan OS Laptop sangat penting. Kamu harus menyesuaikan sistem operasi yang dijalankan laptop yang ada.

👉 TRENDING:   Tidak Hanya Komputer, Smartphone Juga Bisa Upgrade RAM

sebagai contoh, jika perangkat yang dimiliki laptop adalah OS Windows 7 Ultimate 32-bit. RAM yang akan terdeteksi pada sistem ini hanya 4 GB saja sehingga kamu tidak bisa upgrade RAM laptop.

You cannot copy content of this page