cara untuk menampilkan tombol home di iPhone

Step by Step Cara Memunculkan Tombol Home di iPhone

Mungkin ada diantara Kamu yang baru saja membeli iPhone baru. Smartphone keluaran iPhone versi terbaru tidak memiliki tombol home, sehingga banyak yang masih bingung tentang cara memunculkan tombol home di iPhone.

Tombol home di iPhone punya beragam fungsi, tidak hanya sebagai tombol navigasi. Lebih daripada itu, tombol home bisa digunakan untuk mengakses banyak fitur di iPhone Kamu.

Bahasan kali ini akan mengulas seputar fungsi tombol home iPhone serta cara untuk menampilkan tombol home di iPhone.

Fungsi Tombol Home di iPhone

Tombol home pada iPhone tidak hanya memiliki satu fungsi. Jadi, bisa dikatakan bahwa tombol ini termasuk tombol multifungsi yang kehadirannya sangat dibutuhkan para pengguna iPhone. Beberapa fungsi tombol home yang perlu kamu tahu diantaranya:

  • Fungsi pertama, tombol home bisa memunculkan daftar kontak yang tersimpan di iPhone Kamu. Jadi, Kamu bisa melakukan panggilan telepon lebih cepat dan bisa pula memindahkan contact iPhone. Fungsi ini bisa Kamu temukan pada iPhone IOS 8.
  • Tombol home memungkinkan Kamu untuk melakukan multitasking dengan membuka dua aplikasi sekaligus.
  • Dengan menekan tombol home 3 kali Kamu bisa mengakses fitur iPhone seperti colors filter, voice over, dan lain-lain.
  • Tombol home mampu memunculkan aplikasi music yang sedang berjalan dengan kondisi lock screen. Dengan begitu, Kamu lebih mudah mengganti lagu
  • Tombol ini juga bisa mengaktifkan Siri atau fitur perintah suara di iPhone.
  • Mengaktifkan kamera juga bisa menggunakan tombol Cukup tekan tombolnya dan usap layar ke kiri yang akan memunculkan kamera iPhone Kamu.

Cara Memunculkan Tombol Home di iPhone

Pada sistem operasi iOS di iPhone versi baru  terdapat fitur Assistive Touch yang memiliki fungsi untuk memunculkan home button pada layar iPhone. Cara mengakses fitur Assistive Touch yaitu:

  1. Langkah pertama, Kamu perlu masuk ke halaman menu Settings.
  2. Berikutnya pilih opsi General.
  3. Lanjutkan dengan memilih opsi Accessibility
  4. Langsung lanjut dengan memilih AssistiveTouch atau Accessibility Shortcut dengan menggeser bagian atasnya hingga berwarna hijau yang menandakan fitur sudah aktif.

Saat Assistive Touch sudah aktif, di layar akan muncul lingkaran berwarna abu-abu yang merupakan ikon tombol home.

Kamu bisa memindahkan tombol home atau memposisikannya di tempat yang tidak akan mengganggu visual dan aktivitas saat menggunakan iPhone. Atau Kamu juga bisa memindahkan di bagian tengah bawah seperti posisi tombol home yang dulu.

Tombol home yang muncul biasanya akan berubah transparan saat tidak digunakan dalam waktu lama. Untuk pengaturan ini bisa Kamu sesuaikan di menu fitur AssistiveTouch lalu pilih Idle Opacity untuk menyesuaikan transparansi ikon tombol home.

Langkah-langkah di atas bukanlah satu-satunya cara memunculkan tombol home di iPhone. Kamu juga bisa mengaktifkan tombol ini dengan menggunakan sistem virtual Siri. Adapun caranya sebagai berikut.

Caranya, Kamu tinggal buka asisten virtual Siri pada iPhone Kamu kemudian ucapkan Turn on Assistive Touch untuk mengaktifkannya.

Fitur AssistiveTouch juga bisa kamu aktifkan dengan menekan tombol di bagian samping 3 kali (berfungsi untuk iPhone X atau iPhone versi yang lebih baru). Saat AssistiveTouch sudah aktif maka di layar akan muncul ikon tombol home yang bisa Kamu posisikan dimana Kamu suka.

Itulah paparan mengenai cara memunculkan tombol home di iPhone, mudah, kan? Tutorial di atas bisa langsung Kamu praktekkan sekarang juga. Jadi sekarang sudah tidak bingung lagi mencari tombol home kan?

You cannot copy content of this page