perbedaan software dan hardware

Perbedaan Software dan Hardware Komputer Dari Fungsinya

Tahukan kamu apa perbedaan software dan hardware komputer? dua perangkat ini memiliki fungsi yang berbeda dalam sistem komputer sesuai kegunaannya. Meskipun demikian, dua perangkat ini tetap saling berhubungan satu sama lain.

Dalam praktiknya perangkat hardware komputer juga membutuhkan software atau sebaliknya. Berkat perpaduan ini fungsi software dan hardware mendatangkan banyak manfaat. Dua perangkat ini juga populer disebut dengan perangkat lunak dan perangkat keras.

Perbedaan Software dan Hardware

Perbedaan paling mendasar antara perangkat lunak dan perangkat keras adalah dari fungsi dan fisiknya. Perangkat keras dapat dilihat dan disentuh secara fisik, tetapi perangkat lunak tidak. Selain itu keduanya juga memiliki fitur-fitur yang fungsinya berbeda.

Fungsi perangkat lunak adalah untuk menghubungkan perangkat keras dan pengguna. Setiap penggunaan perangkat keras atau perangkat lunak memiliki tujuan. Ada banyak fungsi perangkat keras atau perangkat lunak yang bila digunakan bersama-sama.

Artinya hardware dan software bekerja saling berkaitan untuk menghasilkan file atau data yang berguna. Berikut ini perbedaan software dan hardware komputer dari fungsinya:

1. Fungsi Hardware  Komputer

Hardware adalah perangkat keras yang ditemukan di komputer, telepon pintar, dan perangkat elektronik lainnya. Properti perangkat keras ini masih bisa dilihat dengan mata telanjang atau secara langsung terlihat wujudnya.

Ini bisa kita simpulkan bahwa pengertian perangkat keras adalah komponen-komponen komputer yang dapat dilihat di dunia nyata. Secara umum, fungsionalitas perangkat keras dibagi menjadi beberapa bagian.

Kemudian pada bagian pertama fungsi hardware bertindak sebagai penerima input. Fungsi input ini akan menjadi proses pengolahan informasi yang dapat berupa data atau informasi. Setelah menerima data dan informasi, tahap selanjutnya adalah pemrosesan.

Fungsi inilah yang jadi perbedaan software dan hardware komputer. Proses pengolahan data ini memakan waktu yang cukup lama. Namun spesifikasi hardware pendukung lainnya dinilai sangat tinggi, sehingga proses pengolahan data bisa lebih cepat.

Output akan ditinjau oleh pengguna dan disimpan ke perangkat sekunder di komputer. Namun, ada juga perangkat keras di luar komputer yang dapat digunakan untuk penyimpanan data.

Tujuan penggunaan perangkat keras adalah untuk memudahkan dalam pengolahan file atau data. Hampir setiap ruang kerja memiliki hardware dengan spesifikasi yang berbeda-beda tergantung kebutuhannya. Maka setiap perangkat melakukan semua fungsi dengan sempurna.

Berdasarkan fungsi hardware komputer di atas, perangkat keras juga dibagi menjadi berbagai jenis. Perbedaan software dan hardware juga dapat dilihat dari contohnya perangkatnya, seperti contoh hardware komputer berikut ini:

a. Input (Perangkat Masukan)

Perangkat ini dirancang untuk menerima input dari pengguna. Masukan dari pengguna ini diproses menjadi informasi lain. Data disini bisa berupa gambar, video, teks, dan audio seperti  keyboard, mouse, mikrofon, pemindai, dan webcam.

b. Processing (Perangkat Pengolah Data)

Setelah diterima, perangkat keras memproses input pengguna. Perangkat ini disebut juga sebagai otak dari komputer. Input atau perintah yang diproses kemudian diteruskan ke perangkat output. Contoh perangkat ini adalah VGA, RAM, PSU, dll.

c. Output (Perangkat Keluaran)

Setelah diproses, perangkat ini memberikan output sesuai dengan perintah atau input yang dimasukkan oleh pengguna. Formatnya bisa bermacam-macam dan bisa berupa teks, video, gambar, atau kalimat seperti  monitor, printer, speaker, proyektor, dll.

d. Storage Unit (Perangkat Penyimpanan)

Sesuai dengan namanya, fungsi dari perangkat ini adalah untuk menyimpan informasi berupa data di dalam atau di luar komputer. Contoh perangkat ini adalah hard drive, flash drive, dll.

e. Peripheral (Perangkat Tambahan)

Perangkat ini berfungsi untuk membantu komputer dalam menjalankan tugas-tugas yang dimasukkan oleh pengguna. Contoh perangkat ini adalah modem.

2. Fungsi Soft  Komputer

Pengertian software adalah kumpulan kode atau script yang terpasang pada harddisk komputer atau perangkat elektronik lainnya. Perangkat lunak ini dengan demikian merupakan kumpulan instruksi, prosedur dan dokumen.

Hal ini memungkinkan komputer kamu untuk melakukan berbagai tugas pada sistem. Oleh karena itu, banyak orang menyebut perangkat lunak ini sebagai kode pemrograman yang dijalankan oleh prosesor komputer. Ini adalah poin perbedaan software dan hardware.

Saat ini ada dua jenis perangkat lunak, yakni software sistem dan software aplikasi. software sistem memungkinkan operasi, kontrol, dan peningkatan fungsi pemrosesan komputer. Jenis perangkat ini memainkan peran yang sangat penting karena dapat menjalankan hardware.

Termasuk juga berkaitan software aplikasi yang ada di dalam perangkat. Jadi ini adalah hubungan antarmuka  antara perangkat keras dan penggunanya. Sebagian besar produsen komputer menggunakan bahasa pemrograman populer seperti C, C++, dan assembler.

Hal ini untuk mengembangkan perangkat lunak sistem mereka. Contoh sederhana dari system software adalah sistem operasi komputer, compiler, assembler, interpreter, dan device driver.

Selain itu ada perangkat lunak aplikasi yang juga dikenal sebagai application software yang merupakan aplikasi yang dirancang khusus untuk kebutuhan pengguna akan suatu perangkat.

Contoh paling sederhana adalah dokumen atau spreadsheet yang dapat digunakan untuk menyusun laporan keuangan, seperti sistem manajemen basis data atau sistem manajemen basis data [DBMS] yang memungkinkan kamu untuk mengelola data dalam basis data.

Contoh software dan hardware juga berbeda dan memiliki fungsinya masing-masing untuk saling berhubungan. Berikut ini contoh software yang lebih lengkap lagi:

a. Aplikasi

Seperti Word, Excel, Photoshop, Antivirus, dll, mungkin sudah banyak dikenal dan digunakan.

b. Sistem Operasi

Sistem operasi termasuk sebagai salah satu perangkat lunak seperti Windows, Linux, iOS.

c. Alat Pengembang Perangkat Lunak

Perangkat lunak ini biasanya digunakan oleh pengembang untuk mengembangkan aplikasi seperti Pascal dan Java.

d. Perangkat Lunak Driver

Fungsinya untuk menghubungkan perangkat keras tambahan ke komputer. Perangkat lunak ini biasanya digunakan untuk memindai harga supermarket.

e. Firmware

Meskipun merupakan komputer pribadi, sebagian besar perangkat lunak yang membuat jam digital.

f. Open Source Software

Perangkat lunak sumber terbuka. Ini berarti kamu dapat mengunduh dan memodifikasinya tanpa melanggar hak cipta.

g. Freeware

Perangkat lunak yang dapat diunduh secara gratis.

h. Trialware

Software ini adalah perangkat lunak yang hanya dibuat untuk pengujian atau jika kamu ingin menggunakannya sepenuhnya maka harus membayar.

i. Malware

Jenis malware juga diklasifikasikan sebagai virus atau jenis software perusak.

3. Fungsi Brainware

Selain perbedaan software dan hardware, kamu juga perlu mengetahui apa itu brainware. Brainware adalah orang yang mengontrol komponen perangkat di komputer. Dengan kata lain, brainware adalah manusia yang mengendalikan komputer.

Bahkan dengan perangkat keras dan perangkat lunak canggih sekalipun, jika tidak ada brainware maka komputer juga tidak dapat berfungsi tanpa perangkat otak. Pada dasarnya, siapa saja yang menjalankan atau mengelola suatu sistem di komputer disebut brainware.

Nah itulah perbedaan software dan hardware serta brainware yang perlu kamu ketahui saat ingin belajar tentang komputer. Berdasarkan contoh hardware, software dan brainware di atas, harapannya kamu sudah tidak kesulitan lagi membedakan antara ketiganya.

You cannot copy content of this page