perbedaan monitor LCD dan LED

Kamu Harus Tahu! 5 Perbedaan Monitor LCD dan LED

Mendengar kata LCD mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Apalagi jika kamu memiliki laptop dan pernah mengalami trouble, seperti layar laptop hitam tapi menyala. Dan kamu pasti berpikir LCD laptop kamu rusak. Nah, sebenarnya apa sih LCD? Dan apa perbedaan monitor LCD dan LED?

Untuk mengetahui jawabannya, maka kami telah merangkum beberapa perbedaan mendasar dari layar LCD dan layar LED. Apa saja? Yuk simak penjelasan berikut!

Perbedaan Monitor LCD dan LED

Bagi sebagian besar orang yang kerap bekerja dengan menggunakan laptop atau komputer pasti sudah sangat familiar dengan istilah kata layar LCD dan layar LED. Tapi apa sebenarnya pengertian dari dua jenis layar tersebut? Dan apa perbedaannya?

Untuk menjawab pertanyaan itu, di bawah ini adalah lima perbedaan monitor LCD dan LED yang harus kamu ketahui.

1. Definisi

Perbedaan pertama yang mendasari bedanya layar LCD dengan layar LED adalah dilihat dari definisi keduanya.

LCD atau Liquid Crystal Display merupakan sebuah teknologi display monitor/ layar yang dibuat dengan bahan dasar kristal cair. Kristal cair ini kemudian diberi aliran listrik yang kemudian akan menghasilkan cahaya yang di layar.

Berbeda dengan LCD, LED atau Light Emitting Diode merupakan sebuah terobosan baru dari teknologi display yang memanfaatkan dioda elektronik untuk membuat cahaya yang muncul di layar.

Jadi jika ditanya canggih yang mana? Layar LED lah pemenangnya.

2. Ukuran

Perbedaan kedua adalah terletak pada ukuran atau ketebalan dari layar LCD dan LED.

Jika dilihat dari sudut pandang ukuran (ketebalan) layar, maka dikatakan bahwa LCD memiliki ketebalan yang lebih tebal dibandingkan monitor LED. Ini karena LCD membutuhkan ruang yang lebih banyak untuk menyimpan cairan kristal yang dimilikinya.

Mudahnya, ini bisa kita analogikan seperti, LCD merupakan teknologi yang lebih maju dari monitor tabung. Maka ukuran LCD lebih tipis dari monitor tabung. LED merupakan teknologi yang lebih maju dari LCD. Maka ketebalan LED akan lebih tipis lagi dibandingkan layar LCD.

3. Daya

Perbedaan monitor LCD dan LED yang ketiga ada pada besarnya konsumsi daya yang dibutuhkan keduanya. Untuk konsumsi daya sendiri, layar LCD memakan jumlah daya yang lebih banyak dibandingkan dengan layar LED.

Hal ini dikarenakan layar LCD memiliki ukuran yang lebih tebal dibandingkan LED, sehingga membutuhkan jumlah penggunaan daya listrik yang lebih banyak.

4. Tampilan gambar

Membahas mengenai layar monitor maka tidak afdol rasanya jika kita tidak membandingkan bagaimana kualitas tampilan gambar yang dihasilkan oleh kedua jenis layar display ini.

Secara harfiah, layar LED merupakan teknologi display monitor hasil pengembangan dari layar LCD. Maka dapat disimpulkan bahwa layar LED tentu saja memiliki kualitas tampilan gambar yang lebih baik dibandingkan dengan tampilan gambar layar LCD.

5. Harga

Terakhir, perbedaan yang paling mendasar dari layar LCD dan LED yaitu terkait dengan harganya. Karena layar LED merupakan teknologi layar yang lebih baru dan juga dengan spesifikasi yang lebih unggul dari layar LCD. Maka secara otomatis, LED memiliki harga yang lebih mahal ketimbang layar LCD.

Penutup

Demikianlah pembahasan singkat terkait perbedaan monitor LCD dan LED. Semoga apa yang kami jelaskan pada artikel ini, bisa membantu kamu untuk lebih memahami perbedaan antara layar LCD dan layar LED. Sekian, terima kasih.

You cannot copy content of this page