perbedaan mainboard dan motherboard

Adakah Perbedaan Mainboard dan Motherboard?

Ketika mendengar istilah mainboard dan motherboard, beberapa orang mungkin memiliki pertanyaan mengenai apa perbedaan mainboard dan motherboard tersebut. Jika kamu adalah salah satu di antaranya, maka kamu telah berkunjung ke artikel yang tepat.

Pada dasarnya, motherboard adalah salah satu perangkat utama dalam sebuah komputer. Pada motherboard inilah perangkat eksternal tambahan lainnya dipasangkan. Sedangkan mainboard sendiri merupakan istilah lain yang biasa digunakan untuk menyebut motherboard.

Agar kamu lebih paham lagi mengenai kedua istilah dalam perangkat komputer ini, bacalah penjelasan singkat dalam artikel ini dengan baik!

Pengertian Motherboard Atau Mainboard

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, telah dikatakan bahwa mainboard hanyalah istilah lain dari motherboard. Jadi, sebenarnya tidak ada perbedaan mainboard dan motherboard.

Nah, pengertian dari motherboard atau mainboard ini sendiri adalah papan sirkuit elektronik tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung. Komponen elektronik tersebut ialah Socket CPU, BIOS, South-bridge Controller, dan lain sebagainya.

Jadi, bisa dikatakan bahwa motherboard atau mainboard ini merupakan tempat lalu lalangnya data pada komputer.

Fungsi Motherboard Atau Mainboard

Karena tidak ada perbedaan mainboard dan motherboard, artinya tidak ada perbedaan fungsi juga di antara keduanya.

Sebagaimana pengertiannya, fungsi motherboard atau mainboard adalah sebagai pusat penghubung antar beberapa perangkat. Dengan kata lain, fungsi perangkat ini adalah untuk menyatukan sistem hardware yang tersedia.

Perlu dicatat bahwa hardware dan software berbeda. Perbedaan hardware dan software sendiri ada pada wujudnya. Hardware adalah perangkat yang berwujud fisik sedangkan software adalah perangkat yang tidak memiliki wujud fisik.

Bagian-Bagian Motherboard

Sebagai perangkat utama komputer, motherboard atau mainboard tentu memiliki beberapa bagian. Berikut adalah penjelasan singkatnya:

1. Chipset Controller

Pada motherboard atau mainboard, ada dua buah chipset controller motherboard yang mengatur lalu-lintas periferal, yakni northbridge dan southbridge controller.

Northbridge controller mengatur bagaimana interface serta lalu-lintas data di memori, prosesor, dan graphic card. Sedangkan southbridge berfungsi untuk menentukan bagaimana interface dan lalu-lintas data pada hard disk, USB port, WiFi, dan sebagainya.

2. Soket Hard disk dan Floppy

Soket floppy berfungsi sebagai penghubung antara motherboard dan floppy drive atau disket drive. Sementara itu, soket hardisk berfungsi sebagai penghubung antara motherboard dan hard disk.

3. BIOS (Basic Input Output System)

BIOS adalah program dasar yang selalu dipakai sebagai penghubung hardware dan software. Letak bagian ini dalam motherboard adalah pada bagian Read Only Memory (ROM).

4. Slot AGP dan PCI

AGP atau Accelerated Graphics Port berguna untuk menyalurkan data dari kartu grafis ke prosesor tanpa melalui memori utama. Slot AGP ini berfungsi untuk mempercepat proses pengelolaan data yang berbasis grafis.

Sementara itu, slot PCI berfungsi untuk pemasangan kartu-kartu seperti Sound Card dan VGA. Akan tetapi, kartu-kartu yang bisa dipasang di slot PCI ini hanyalah kartu yang memang berbasis PCI.

5. Slot RAM

Slot RAM pada mainboard berfungsi untuk meletakkan atau menyisipkan RAM serta mendukung konfigurasi dual-channel. Umumnya, slot RAM di dalam motherboard terdiri dari dua sampai empat buah.

6. Port Komponen Eksternal

Port komponen eksternal ini terletak pada bagian belakang mainboard. Fungsinya adalah untuk menancapkan konektor mainboard dengan komponen-komponen eksternal. Contohnya seperti keyboard, mouse, printer, monitor, scanner, dan lain sebagainya.

7. Kipas

Mainboard juga mencakup komponen kipas. Kipas ini berfungsi untuk mendinginkan mesin komputer saat panas. Ini penting karena mesin komputer atau laptop memang dapat menjadi panas apabila terlalu lama digunakan.

Penutup

Itulah tadi penjelasan mengenai motherboard atau mainboard. Jadi, pada dasarnya, tidak ada perbedaan mainboard dan motherboard. Pengertian, fungsi, maupun bagian-bagian keduanya adalah sama karena mainboard hanyalah istilah lain dari motherboard.

You cannot copy content of this page