perbedaan iphone asli dan palsu

Perbedaan Iphone Asli dan Palsu, Ini Cara Membedakannya!

Populernya Hp iphone saat ini banyak orang melakukan kecurangan untuk membuat iphone palsu. Nah sayangnya saat ini banyak orang yang belum tahu cara membedakan iphone yang asli dan palsu. Hal ini dikarenakan perbedaan iphone asli dan palsu sangat sulit ditemukan.

10 Perbedaan Iphone Asli dan Palsu

Anda pernah mendengar istilah Hp HDC atau iphone HDC? HDC merupakan singkatan dari Handphone Copy Draw. Jika diartikan maka hp HDC adalah hp replika atau hp palsu. Hp HDC ini memiliki menu yang sangat mirip dengan aslinya.

Harga dari hp ini juga lebih murah dibandingkan dengan hp yang asli. Iphone sering menjadi incaran para produsen hp HDC ini, pasalnya hp iphone laris dipasaran dan harganya yang mahal.

Jadi banyak produsen hp HDC mencari kesempatan dengan membuat hp iphone palsu dan dijual dengan harga yang murah. Ada banyak tipe yang memiliki versi HDC diantaranya spek iphone 11, iphone X, iphone 7 plus, dan tipe-tipe hp iphone lainnya.

Maka dari itu, Anda harus tahu apa aja perbedaan iphone asli dan palsu. Berikut beberapa perbedaannya:

1. Layar Hp Iphone Lebih Jernih

Perbedaan iphone asli dan palsu yang pertama dapat dilihat dari layar ponsel. Hp iphone yang asli sudah dilengkapi dengan layar berteknologi retina display, dimana ini akan membuat densitas layarnya sangat tinggi.

Hal ini membuat hp iphone memiliki tingkat kejernihan gambar yang dapat memanjakan mata. Berbeda dengan iphone palsu, hp ini tidak memiliki teknologi retina display pada layarnya. Jika Anda membeli iphone namun layarnya kusam dan tidak cerah, dapat dipastikan itu palsu.

2. Garansi Iphone

Sama seperti produk hp lainnya, iphone juga akan memberikan garansi kepada pembelinya. Apple akan memberikan garansi iphone selama satu tahun. Nah uniknya Anda dapat mengecek garansi iphone ini asli atau palsu.

Anda dapat mengecek garansi tersebut menggunakan nomor IMEI dari iphone tersebut. Jika sudah menemukan nomor IMEI maka selanjutnya buka situs https://checkcoverage.apple.com/us/en/ untuk memasukkan nomor IMEI.

Iphone yang asli akan menampilkan beberapa informasi dari model hingga masa garansinya. Namun untuk hp palsu situs tersebut tidak akan memberikan informasi apapun.

3. Nomor Seri

Diatas tadi sudah dijelaskan perbedaan iphone asli dan palsu dapat dilihat dari garansinya dengan menggunakan nomor IMEI. Nah sekarang kamu bisa cek IMEI iphone ori dengan menekan *#06#, atau dengan membuka situs https://checkcoverage.apple.com/.

Perbedaan IMEI iphone asli dan palsu bisa diketahui jika dalam situs tersebut tidak menunjukkan nomor seri hp iphone tersebut, maka sudah dapat dipastikan jika hp tersebut palsu.

Tak hanya dengan cara itu, Anda juga bisa cek nomor IMEI dengan mengklik pada bagian settings. Setelah itu tekan general, kemudian about, nah di menu inilah Anda akan dapat melihat nomor seri atau IMEI hp Anda.

4. Tombol

Selanjutnya Anda dapat membedakan iphone asli dan palsu hanya dilihat dengan mata secara langsung, yakni dengan melihat bagian tombol iphone. Secara fisik spek iphone 11 atau tipe yang lain memiliki tombol kunci di pojok atas sebelah kanan.

Sedangkan di bagian kirinya terdapat tombol ringer switch dan volume. Nah jika Anda menemukan posisi yang tidak seharusnya, maka Anda perlu waspada karena hp tersebut palsu.

5. Cek Logo Apple Pada Belakang Iphone

Produk keluaran Apple selalu memiliki logo, tak terkecuali untuk iphone. Logo iphone asli dan palsu bisa Anda bedakan dengan melihat bagian belakang iphone. Jika iphone yang Anda beli tidak memiliki logo Apple, maka sudah pasti hp tersebut palsu.

Selain itu, logo Apple asli memiliki warna yang gelap, sedangkan untuk iphone palsu memiliki warna yang cenderung lebih silver dan terang.

6. Nomor Model

Perbedaan iphone asli dan palsu selanjutnya yakni dengan melakukan pengecekan pada nomor modelnya. Dengan nomor model ini Anda bisa tahu apakah iphone yang Anda beli merupakan barang baru atau refurbished (barang lama/rusak yang diperbarui).

Cara mengetahui nomor model ini kamu cukup masuk ke menu pengaturan, lalu klik umum, dan selanjutnya pilih yang menengahi. Nantinya disitu akan muncul  deskripsi terkait perangkat iphone Anda, salah satunya adalah deskripsi model iphone.

Nomor model ini merupakan kombinasi huruf dan angka. Huruf pertamanya merupakan keterangan apakah iphone tersebut original, refurbisher, atau replacement. Berikut keterangan hurufnya:

M: jika nomor model diawali huruf M maka perangkat ini baru, artinya perangkat ini merupakan hp iphone asli dan baru dikeluarkan oleh Apple.

F: selanjutnya huruf F mengindikasikan bahwa perangkat tersebut merupakan iphone refurbished atau iphone bekas yang diperbarui secara resmi oleh Apple.

N: jika huruf ini merupakan replacement device atau perangkat ini pernah rusak dan diganti dengan perangkat baru. Model perangkat ini mengacu pada perangkat yang telah di servis secara resmi.

7. App Store

Cara cek iphone asli selanjutnya dengan mengecek adanya App Store atau tidak. Hal ini dikarenakan iphone yang palsu biasanya menggunakan pengoperasian Android. Sehingga jika menu App Store nya di klik namun muncul Play store maka dipastikan iphone itu palsu.

Cara lainnya bisa dilihat dengan menghubungkan iphone dengan perangkat iTunes. Ini merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan semua produk miliki Apple. Jika iTunes tidak dapat membaca hp iPhone mu, maka sangat jelas itu adalah hp palsu.

8. SIM Card

Perbedaan iPhone asli dan palsu yan selanjutnya bisa Anda lihat dari SIM cardnya. Hal ini dikarenakan hp iPhone yang asli hanya memiliki satu SIM card. Mungkin sekarang untuk spek iPhone 11, iPhone X, iPhone Xs, dan tipe diatasnya sudah memiliki fitur dual SIM.

Meski sudah memiliki fitur dual SIM, iPhone asli satu SIM cardnya berbentuk eSIM dan tidak berbentuk fisik. Jadi jika ada yang menawarkan iPhone dengan dual SIM maka sudah dapat dipastikan iPhone tersebut palsu.

9. Perhatikan Scrub pada iPhone

Hp iPhone yang asli menggunakan scrub pentolobe sedangkan hp iPhone yang palsu menggunakan sekrup dengan bentuk plus atau salib normal. Tentu ini menjadikan petunjuk penting untuk membedakan iPhone asli dan palsu.

10. Harga

Ini adalah perbedaan iPhone asli dan palsu yang bisa sangat mudah Anda ketahui. Hp iPhone yang asli tentu cenderung memiliki harga yang mahal. Jadi jika Anda mendapatkan tawaran harga iPhone yang jauh lebih murah maka sudah dapat dipastikan hp tersebut palsu.

Penutup

Dengan melihat perbedaan iPhone asli dan palsu dapat menghindarkan Anda dari kasus penipuan ketika membeli hp tersebut. Hal ini dikarenakan iPone merupakan hp yang cukup populer dan banyak digemari masyarakat.

Maka dari itu banyak oknum yang tak bertanggungjawab memalsukan hp ini dan menyebarkannya di khalayak umum. Maka dari itu Anda harus hati-hati dalam membeli hp iPhone.

Jangan sampai Anda menyesal membeli produk iPhone yang palsu ya!

You cannot copy content of this page