Perbedaan Gmail bisnis dan pribadi

4 Perbedaan Gmail Bisnis dan Pribadi yang Kamu Perlu Tahu

Pada dasarnya, akun Gmail dikategorikan ke dalam dua jenis pengguna yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan persyaratan. Dua jenis akun tersebut ialah akun bisnis dan akun pribadi. Namun sebenarnya apakah perbedaan Gmail bisnis dan pribadi?

Secara umum, keduanya memiliki fungsi dan fitur umum yang hampir sama, yaitu untuk berkirim pesan dan kirim file lewat email. Akan tetapi, sebagaimana yang diketahui bahwa kebutuhan bisnis berbeda dengan kebutuhan pribadi.

Oleh karena itu, Gmail juga memberikan fitur-fitur tambahan pada akun Gmail bisnis maupun pribadi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Biasanya, fitur tambahan pada akun Gmail bisnis lebih banyak karena kebutuhan bisnis lebih banyak dan lebih kompleks.

Perbedaan Gmail Bisnis dan Pribadi

Nah, agar kamu bisa lebih tepat dalam memutuskan akan menggunakan Gmail bisnis atau pribadi, kamu harus tahu perbedaan keduanya secara detail. Jadi, simak penjelasan di bawah ini dengan baik, ya!

1. Penggunaan Nama Domain

Perbedaan Gmail bisnis dan pribadi yang pertama terletak pada penggunaan nama domain Gmailnya. Jika memakai Gmail bisnis, maka kamu dapat memakai nama domain sendiri atau nama bisnis kamu. Contohnya seperti hrd@indah.com, putri@blibli.com, dan lain sebagainya.

Di lain sisi, Gmail pribadi hanya memungkinkan kamu untuk memakai nama domain yang telah disediakan dari pihak Gmail. Jadi, Gmail pribadi akan berakhiran @gmail.com. Contohnya adalah seperti putri12@gmail.com, ciecie80@gmail.com, dan lain sebagainya.

2. Biaya Penggunaan

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa fitur tambahan pada akun Gmail bisnis biasanya lebih banyak daripada fitur di akun Gmail pribadi. Hal inilah yang menyebabkan adanya perbedaan biaya penggunaan antara kedua jenis akun Gmail tersebut.

Penggunaan Gmail bisnis selalu berbayar. Lalu, besarnya biaya yang harus dibayarkan itu didasarkan pada kelengkapan fitur, kapasitas data, dan mutu pelayanan. Makin mahal biayanya, fitur dan kapasitas datanya akan makin besar dengan mutu layanan yang juga makin baik.

Sedangkan Gmail pribadi sendiri bersifat tidak berbayar alias biaya penggunaannya gratis. Jadi, kamu bisa bebas menggunakan layanan tersebut tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun.

3. Kapasitas Penyimpanan Data

Karena sifatnya yang berbayar, tentu saja Gmail bisnis selalu memiliki kapasitas penyimpanan data yang lebih besar daripada Gmail pribadi yang gratisan.

Makin besar uang yang kamu keluarkan, maka akan makin besar pula data yang bisa kamu kirim atau terima melalui Gmail.

Sedangkan untuk Gmail pribadi sendiri, kapasitas penyimpanan datanya biasanya hanya sekitar 15 GB. Jadi, penggunaannya juga sangat terbatas.

Bahkan ketika kamu ingin mengirim data, data yang bisa dikirim untuk satu kali pengiriman maksimal hanya beberapa puluh MB saja.

4. Fungsi dan Peran

Fungsi dan peran yang saling berlawanan merupakan perbedaan Gmail bisnis dan Gmail pribadi paling utama. Selain menjadi alat komunikasi, Gmail bisnis juga bisa berperan sebagai sarana promosi dan branding perusahaan.

Nama perusahaan atau merek produk dapat terlihat dengan jelas ketika ada orang yang menerima maupun sedang mengirim email. Berbeda halnya dengan Gmail pribadi yang tidak terlalu memerlukan branding yang bagus.

Hal itu dikarenakan pada dasarnya tujuan pembuatan Gmail pribadi memang hanya untuk melakukan komunikasi secara pribadi. Misalnya dengan teman, saudara, keluarga, dan sebagainya.

Penutup

Nah, itulah tadi beberapa perbedaan Gmail bisnis dan pribadi yang patut untuk dipertimbangkan ketika kamu akan membuat akun Gmail. Pahami dengan baik karakteristik keduanya agar kamu tidak salah pilih jenis Gmail. Semoga bermanfaat!

You cannot copy content of this page