Perangkat Penyimpanan Data

Butuh Perangkat Penyimpanan Data? Pahami Jenis-jenisnya

Bagi kamu yang merasa perlu untuk menyimpan data, artinya kamu membutuhkan perangkat penyimpanan data itu sendiri. Karena dengan adanya perangkat ini semua data bisa tersimpan dengan baik.

Kegunaan dari media penyimpanan data ini adalah supaya seluruh data yang kamu miliki jadi teratur. Dengan begitu maka seluruh data yang dimiliki akan tersusun dengan rapi.

Banyak orang yang biasanya harus kehilangan berbagai data penting yang dimiliki, salah satunya karena teledor dalam menyimpan data. Maka dari itu kamu harus mengetahui media penyimpanan ini.

Jenis-jenis Perangkat Penyimpanan Data

Ada banyak sekali media atau penyimpanan data yang bisa kamu gunakan. Karena jenisnya terdapat banyak sekali, jadi kamu tidak perlu berfokus pada satu jenis perangkat penyimpanan saja.

Tapi kamu harus bisa menyesuaikan jenis perangkat penyimpanan yang akan digunakan, dengan yang kamu butuhkan. Jangan sampai kamu menggunakan perangkat yang tidak sesuai.

Supaya kamu bisa mendapatkan perangkat yang sesuai, maka langkah yang bisa kamu ambil yakni dengan mengetahui jenis-jenis dari seluruh perangkat tersebut, berikut uraiannya.

1.      CD/DVD

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kalau kamu perlu menyesuaikan perangkat penyimpanan data yang akan digunakan dengan kebutuhan.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa salah satu perangkat yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan data yang pertama yakni CD/DVD. Mungkin perangkat ini memang tidak begitu populer tapi masih digunakan sampai saat ini.

Alasan perangkat penyimpanan ini tidak terlalu digunakan lagi karena kapasitas yang bisa disimpan kecil. Jadi hanya digunakan untuk penyimpanan 1x pakai saja.

2.      Hard Disk Eksternal

Selain itu, masih ada perangkat penyimpanan data lainnya yang bisa digunakan. Bagi kamu yang ingin menyimpan data dengan aman maka hard disk eksternal solusinya.

Dengan menggunakan hard disk eksternal, maka kamu bisa menyimpan banyak data didalamnya. Karena kapasitasnya yang sangat besar, jadi seluruh data bisa kamu simpan dengan baik.

Berbeda dengan hard disk bawaan, maka hard disk eksternal lebih praktis lagi. Karena perangkat ini dimungkinkan untuk dibawa kemanapun kamu berada jadi lebih mudah.

3.      Flashdisk

Jika kamu merasa hard disk terlalu besar sebagai perangkat penyimpanan data yang dapat dibawa ke mana-mana. Maka kamu bisa memilih menggunakan flashdisk.

Sebagai pengguna computer atau laptop, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan perangkat yang satu ini. Karena dibandingkan dengan jenis lainnya, perangkat ini cukup populer.

Banyak orang lebih menggunakan flashdisk, karena bentuknya yang sangat kecil dan penyimpanan luas. Dengan begitu kamu bisa menyimpan banyak hal di dalamnya, namun juga tidak perlu repot membawanya karena ukurannya yang sangat kecil.

Tidak heran kalau saat ini, perangkat satu ini merupakan perangkat paling populer dan sering digunakan. Bagi kamu yang ingin menggunakan perangkat penyimpanan, sangat direkomendasikan menggunakan flashdisk.

4.      Memory Card

Perangkat penyimpanan data yang bisa kamu gunakan lainnya yakni memory card. Jika sebelumnya membahas mengenai perangkat penyimpanan untuk computer, maka kali ini digunakan untuk ponsel.

Sebagai pengguna ponsel tentunya kamu pernah mendengar memory card bukan? Karena penyimpanan ini sangat populer digunakan. Karena pengguna bisa memasukkan lebih banyak media jika menggunakan memory card.

Jadi selain nantinya diberikan ruang tersendiri yang dari bawaan ponsel, kamu bisa menambah ruang tambahan untuk ponsel agar bisa lebih banyak memasukkan data.

Ruang penyimpanan memory card ada banyak jenis yang bisa kamu pilih, mulai dari ukuran kecil yakni 16GB. Hingga ukuran yang lebih besar yakni 512GB hingga 1TB juga bisa digunakan.

Berdasarkan seluruh uraian tadi, artinya kamu perlu menyesuaikan penggunaan penyimpanan yang akan kamu gunakan. Karena setiap perangkat penyimpanan data memiliki fungsi yang berbeda-beda.

You cannot copy content of this page