Penyebab Laptop Lemot yang Jarang Disadari

Penyebab Laptop Lemot yang Jarang Disadari Pengguna

Penyebab laptop lemot sebenarnya sangat banyak. namun masalahnya, kebanyakan penyebab tersebut tidak diketahui. Ini membuat pengguna tidak melakukan upaya apapun. Laptop yang lemot tersebut pada akhirnya terus digunakan.

Perlu diingat, memaksakan untuk menggunakan laptop yang kondisinya tidak prima bukan pilihan tepat. Itu karena, pekerjaan yang sedang dikerjakan akan lebih sulit selesai. Nantinya ini akan memengaruhi produktivitas kamu dalam bekerja.

Ini bisa terlihat pada kebanyakan orang yang terus menggunakan laptop ketika kondisinya seperti itu. Oleh karena itu, jauh lebih tepat jika berhati-hati ketika performa laptop sudah menurun. Caranya dengan mengetahui penyebab turunnya performa tersebut.

Penyebab Laptop Lemot Ternyata Banyak

Ketika berbicara tentang penyebab laptop lemot, ada banyak hal yang bisa ditambahkan. Namun diantara banyaknya hal tersebut, ada beberapa penyebab yang paling umum. Jika kamu belum mengetahui penyebab-penyebab tersebut, ini adalah tempat yang tepat.

Di kesempatan kali ini, akan diulas lebih rinci mengenai beberapa penyebab paling umum. Oleh karena itu, berikut penyebab tersebut.

1.      Harddisk

Penyebab laptop lemot pertama terletak pada harddisk. Perlu diketahui, harddisk merupakan tempat penyimpanan data laptop. Nantinya setiap proses yang dilakukan laptop akan terus berhubungan dengan harddisk.

Itu karena, harddisk ini akan memberikan informasi terkait proses yang dilakukan. Namun masalahnya, proses tersebut tidak akan berjalan lancar apabila harddisk tidak berada pada kondisi prima. Oleh karena itu, ini juga bisa menjadi penyebab lemotnya laptop.

2.      Aplikasi

Penyebab laptop lemot berikutnya berkaitan dengan aplikasi. Di laptop pasti terdapat banyak aplikasi. Namun masalahnya, ada beberapa laptop yang jumlah aplikasinya terlalu banyak sampai mengganggu performa laptop itu sendiri.

Perlu diketahui, efek banyaknya aplikasi ini bisa terlihat dari banyak hal. Pertama, ini bisa menyebabkan penyimpanan harddisk penuh sehingga performanya menurun. Selanjutnya, ini juga bisa berefek pada performa RAM yang menjadi lebih sibuk.

3.      RAM

Keberadaan RAM juga wajib ditambahkan ketika mengulas penyebab lemotnya laptop. Untuk kamu yang belum begitu paham, mudahnya RAM bergerak sebagai penggerak aplikasi. Oleh karena itu, RAM yang terlalu kecil akan membuat gerakan laptop menurun.

Untuk mengatasi ini, beberapa orang biasanya melakukan upgrade RAM. Hal tersebut sebenarnya diperbolehkan. Namun pastikan kalau RAM tersebut memang cocok dengan laptop yang digunakan. Itu karena, kondisi ini sering kali tidak cocok satu sama lain.

4.      Browser

Penyebab laptop lemot berikutnya adalah browser. Beberapa orang memiliki kebiasaan membuka beberapa tab sekaligus saat mengaktifkan browser. Ini dilakukan agar data yang ada di browser tersebut tidak hilang.

Perlu diingat, kondisi tersebut merupakan kesalahan besar. Banyaknya tab bisa membuat laptop mengalami penurunan performa. Nantinya ini juga berefek pada penggunaan RAM yang menjadi lebih besar sehingga kecepatan perangkat menurun.

5.      OS

Beberapa orang menganggap kalau OS laptop perlu diupdate secara rutin. Ini normal dilakukan karena pemberitahuan update OS sendiri biasanya datang terus menerus. Tetapi ingat, update OS sendiri seharusnya dilakukan secara teliti.

Jangan asal melakukan update karena bisa saja OS tersebut kondisinya tidak cocok dengan laptop. Jika merasa laptop berada pada kondisi nyaman, sebaiknya diamkan saja ketika ada pemberitahuan update OS. Ditakutkan, update malah menurunkan performa perangkat.

6.      Malware

Penyebab terakhir yang membuat laptop menjadi lemot adalah malware atau virus. Perlu diketahui, malware ini bisa muncul karena berbagai penyebab. Tetapi intinya, siapkan antivirus agar masalah semacam ini bisa dideteksi dari awal.

Inti dari penggunaan laptop adalah kehati-hatian dan ketelitian. Dengan kedua kunci tersebut, kemungkinan laptop mengalami penurunan performa akan mengecil. Itu karena, keduanya akan membuat kamu sadar mengenai penyebab laptop lemot.

You cannot copy content of this page