penipuan whatsapp

Penipuan WhatsApp Begini Cara Mengetahui dan Menghidarinya

Pernah menerima tautan unik atau pesan dari teman di WhatsApp yang meminta uang? Apakah Anda pernah mencoba mengklik tautan itu atau membalas teman Anda?

Tunggu! Ini jebakan! Ini bisa menjadi SCAM!

Ada 2 miliar pengguna WhatsApp di seluruh dunia, dan sekitar 100 miliar pesan dikirim setiap hari. Di antara pesan-pesan itu, scammers yang mengintai menunggu untuk menyodok hidung mereka. Meskipun Whatsapp adalah cara paling nyaman untuk mengirim pesan, ini juga merupakan cara mudah bagi scammers untuk menyebarkannya dengan cara yang berbeda dengan harapan bahwa orang-orang yang rentan entah bagaimana akan menjadi korban penipuan.

Semakin banyak platform yang dapat diakses di seluruh dunia, dan semakin banyak kejahatan WhatsApp yang meningkat, menghasilkan biaya ribuan dolar yang besar untuk setiap korban. Melalui artikel ini, Anda akan mengetahui penipuan WhatsApp di kehidupan nyata. Artikel ini akan membantu Anda mengidentifikasi penipuan Whatsapp dan cara menghindari terjebak oleh penipu.

Jenis Penipuan WhatsApp

Jenis Penipuan whatsapp
Ilustrasi Penipuan whatsapp

Orang-orang mengalami banyak jenis penipuan WhatsApp, dan Anda juga bisa menjadi yang berikutnya! Oleh karena itu lihatlah jenis Penipuan WhatsApp yang paling umum pada daftar berikut:

1.      Pembajakan WhatsApp

Pembajakan WhatsApp adalah salah satu penipuan umum di mana penipu mendapatkan kendali atas akun WhatsApp pengguna yang tidak curiga untuk melakukan penipuan. Ini berisi penjahat dunia maya yang mendapatkan nomor telepon pengguna.

Mereka mengunduh WhatsApp di perangkat mereka dan kemudian menghubungi korban, menyebut diri mereka sebagai teman mereka. Sementara itu, mereka meminta kode verifikasi akun korban. Mereka mengirim sms kepada korban dan mengatakan bahwa kode itu dikirim secara keliru untuk mendapatkan kode verifikasi dan dapat diakses oleh akun korban.

2.      Peretasan Pesan Suara

Adalah umum bagi penjahat dunia maya untuk membobol kotak pesan suara korban dan mendapatkan akses ke akun WhatsApp mereka. Saat Anda menginstal Whatsapp, ia mengirimi Anda kode enam digit untuk verifikasi akun. Penipu atau penipu dapat menginstal Whatsapp di perangkat mereka sendiri untuk mencuri detail akun.

Seringkali mudah bagi penjahat untuk menipu kembali kontak karena mereka memiliki nama kontak, menampilkan gambar, dan banyak lagi. Mengenai kode pengiriman Whatsapp melalui  teks, mereka memilih opsi yang mengklaim bahwa mereka tidak pernah menerima kode verifikasi apa pun melalui telepon.

Penipu WhatsApp sudah tahu bahwa korban akan mendapatkan panggilan dari WhatsApp secara bersamaan, jadi panggilan itu masuk ke pesan suara. Pesan suara tetap ada di kotak masuk korban, dan bagi peretas, orang yang terperangkap gagal mengubah pin yang digunakan untuk melindungi kotak masuk, seperti 0000 atau 1111. Peretas mendapatkan kode verifikasi WhatsApp dan mendapatkan kendali atas akun tersebut.

👉 TRENDING:   Cara Mengetahui WA Diblokir Akurat Langsung Ketahuan

3.      Penipuan Peniruan Identitas

Penipuan peniruan identitas melibatkan penipu yang berpura-pura menjadi teman korban, anggota keluarga, atau kenalan. Scammer menghubungi pengguna dari nomor yang tidak dikenal, mencatat bahwa gambar profil mungkin sudah dikenal, kemudian segera meminta uang dalam keadaan darurat.

Penipu dapat menggunakan foto teman yang mereka temukan di akun media sosial atau merujuk pada peristiwa yang telah diposting korban di situs media sosial seperti Facebook.

4.      Aplikasi yang Disusupi

Meskipun tidak ada versi WhatsApp yang tidak sah saat ini di Android Play Store dan iOS App Store, ada beberapa laporan di masa lalu yang mengonfirmasi spyware yang disembunyikan di aplikasi yang tersedia untuk diunduh. Ketika pengguna menginstal aplikasi yang disusupi, pesan WhatsApp disebarkan dan mulai mengirim tautan ke halaman unduhan ke pengguna lain untuk mengedarkan malware lebih lanjut.

5.      Tautan Berbahaya

Tautan penipuan whatsapp
ilustrasi Tautan penipuan whatsapp

Penipu memiliki metode penipuan sederhana lainnya: tautan eksternal, yang memungkinkan distribusi massal tautan yang mengarahkan pengguna yang diarahkan ke browser untuk mengisi survei yang menjanjikan freebie. Korban menyelesaikan survei dan memasukkan informasi sensitif seperti nama, alamat, detail bank, dan alamat email. Kemudian, scammer WhatsApp dapat memberi Anda detail ini untuk mencoba pencurian atau menjual ke pihak ketiga.

Cara Mengidentifikasi Penipuan WhatsApp

Ada banyak cara untuk mengenali penipuan WhatsApp. Anda dapat mengidentifikasi mereka dengan beberapa saran dan langkah-langkah apa yang harus Anda pertimbangkan jika Anda mendapatkan pesan seperti itu.

1.      Pesan yang Sering Diteruskan

Tanda pesan yang diteruskan
Tanda pesan yang diteruskan

Banyak pengguna WhatsApp harus menyadari bahwa aplikasi ini memungkinkan Anda untuk meneruskan dan menerima pesan dari satu orang ke orang lain.

Namun, pengguna mungkin kurang menyadari bahwa WhatsApp juga memiliki indikator terpisah untuk pesan yang diteruskan secara konsisten. Saat pesan diteruskan lima kali, pengguna akan melihat panah ganda, bukan panah tunggal yang menunjukkan pesan diteruskan secara umum.

Pengguna juga akan melihat peringatan kecil di kotak masuk mereka yang membantu mereka mengetahui bahwa pesan tertentu telah diteruskan berkali-kali.

Catatan: jika pesan diteruskan lebih dari lima kali, itu selalu dan sebagian besar akan menjadi spam. Meme yang membosankan beredar berita palsu, video, atau sesuatu yang lebih menyeramkan.

2.      Penipuan dan Tautan Mencurigakan

Sebagian besar penipuan WhatsApp hanya memiliki satu tujuan: untuk mencoba dan membuat Anda mengklik tautan dalam pesan. Ketika Anda mengklik tautan di sisi Anda, itu akan mencoba untuk mendapatkan detail Anda, kredensial login, detail perbankan, dan data berharga lainnya untuk web gelap.

👉 TRENDING:   6 Aplikasi Mempercantik Video Call WhatsApp

3.      Angka yang Tidak Dikenal

Anda dapat dengan mudah mengirim pesan ke kontak yang Anda miliki di WhatsApp. Ini berarti bahwa pengirim spam dapat mengikis web untuk detail kontak, seperti membeli daftar nomor aktif dari web gelap. Mereka juga dapat meretas layanan lain dari nomor telepon Anda di file dan kemudian mengirimi Anda pesan yang tidak dicari.

Diragukan bahwa Anda memiliki pengirim tersebut di buku alamat Anda yang berarti bahwa ketika masuk ke kotak masuk Anda, itu akan ditampilkan sebagai nomor yang tidak dikenal.

Memang, Anda kadang-kadang akan menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal yang ternyata adalah teman Anda yang telah mengubah nomor tersebut. Namun, dalam kebanyakan kasus, mereka akan menjadi spam!

Cara Menghindari Penipuan WhatsApp

Membiarkan diri Anda mengetahui jenis-jenis WhatsApp dan mengetahui cara mengenalinya sangat membantu. Namun, lebih bermanfaat untuk mencegah penipuan itu sama sekali.

Simak daftarnya di bawah ini tentang tips mencegah penipuan WhatsApp:

  1. Jika Anda mendapatkan pesan dari orang yang tidak dikenal, misalnya, itu dari PayPal, maka tekan lama tautan dan tentukan URL untuk melihat apakah alamat web cocok dengan situs web resmi PayPal.
  2. Pesan dari nomor tak dikenal yang meminta uang adalah hal biasa. Kami sarankan Anda mengkonfirmasi dengan teman-teman Anda terlebih dahulu melalui metode komunikasi lain sebelum mengambil tindakan.
  3. Coba hubungi Anda dari nomor yang tidak dikenal; Jika tidak ada yang menjawab panggilan, maka segera sms teman Anda dan tanyakan apakah mereka menghubungi Anda.
  4. Anda dapat menambahkan kode pin aman ke layanan pesan suara Anda, menciptakan penghalang antara Anda dan scammers. Kode mencegah mereka mengambil kode verifikasi WhatsApp.
  5. Aktifkan verifikasi 2 langkah WhatsApp, dan setelah diaktifkan, aplikasi akan mengirimi Anda kode verifikasi ke perangkat default ketika ada yang mencoba Masuk dari perangkat lain.
  6. Jika Anda menerima pesan seperti itu, perhatikan baik-baik bahasanya dan tanyakan pada diri Anda apakah kontak yang tidak dikenal terdengar akrab atau tata bahasa atau ejaannya tidak aktif dibandingkan dengan yang diharapkan.
  7. Jika seseorang mengklaim bahwa mereka menghubungi Anda dari bank atau penyedia telepon seluler yang meminta Anda untuk pembayaran mendesak, mundur selangkah dan pertimbangkan keabsahan pesan tersebut.

Kesimpulan

Seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi, peluang untuk ditipu juga berada pada puncaknya. Keselamatan keluarga Anda, anak-anak, dan Anda harus menjadi prioritas Anda; oleh karena itu, jika Anda ingin menyelamatkan orang yang Anda cintai dari aktivitas online yang tidak biasa, instal AirDroid Parental Control. Aplikasi kontrol orang tua komprehensif terbaik memungkinkan orang tua menonton aktivitas online anak-anak mereka.

Penipuan Whatsapp Nomor Luar Negeri -

You cannot copy content of this page