metamask adalah

Metamask adalah? Pengertian dan Perbedaannya dengan Metaverse

Pernah dengar metamask? Jadi metamask adalah plugin browser yang berfungsi sebagai dompet kripto berbasis Ethereum. Selain dalam bentuk browser plugin, metamask juga bisa digunakan melalui perangkat android maupun IOS.

Metamask sendiri dapat memudahkan pengguna untuk menyimpan aset kripto dan token ERC-20 lainnya. Sehingga pengguna bisa lebih efisien dalam bertransaksi ke Ethereum manapun.

Pengertian Apa itu Metamask

Metamask adalah dompet kripto yang banyak digunakan saat ini. Meski sudah tersebar banyak dompet kripto yang bisa digunakan, sejauh ini metamask masih menjadi digital wallet paling populer.

Lebih dari 21 juta pengguna aktif bulanan dan terus meningkat sebanyak 38 kali sejak 2020. Salah satu yang menjadikan metamask ini populer karena mampu membantu pengguna untuk terhubung ke lebih dari 3.700 aplikasi.

Dan memiliki interoperabilitas dengan hampir semua platform berbasis ethereum. Tidak salah jika metamask menjadi cukup populer. Baik di kalangan pengguna kripto baru, maupun pengguna lama. Selain itu, apa saja keunggulan dan cara membuat metamask wallet ini?

Keunggulan Menggunakan Metamask

Menjadi aplikasi dompet kripto populer dengan lebih dari 21 juta pengguna, tentunya bukan tanpa alasan. Berikut beberapa keunggulan dari metamask yang perlu kamu ketahui.

1. Kemudahan

Keunggulan yang pertama adalah kemudahan dalam integrasi blockchain ethereum. Dengan hal ini, kamu bisa mempunyai berbagai macam token berbasis ERC-20. Keunggulan ini sesuai dengan tujuan utama dari pencipta metamask wallet.

2. User Interface Mudah

Metamask memiliki laar muka atau interface yang mudah dipahami serta digunakan. Didukung oleh 18 bahasa Negara. Sehingga sangat cocok bagi kamu seorang pemula.

3. Cadangan Akun

Metamask memiliki pengaturan Hierarchical Deterministic Settings yang berfungsi dalam membantu pengguna untuk membuat akun cadangan. Dimana metamask memiliki phrase seed yang nantinya bisa digunakan untuk mengatur ulang informasi akun tersebut.

Cara Membuat dan Download Metamask Wallet

Apabila kamu tertarik untuk terjun ke dunia kripto, kamu bisa memilih metamask wallet. Tidak perlu diragukan lagi dengan banyaknya pengguna yang percaya untuk menggunakannya. Tertarik? Berikut langkah membuat metamask yang bisa kamu lakukan.

  • Untuk download metamask, bisa kunjungi website resminya atau klik link berikut ini.
  • Setelah berhasil download metamask, kamu bisa langsung install metamask pada perangkat kamu.
  • Kamu bisa mula masuk ke halaman utama metamask.
  • Tekan tombol Get Started.
  • Tekan Create a Wallet dan klik I Agree untuk membuat akun.
  • Isi password yang akan kamu gunakan.
  • Konfirmasi password kamu pada kolom bawahnya.
  • Centang kolom Term of Use, kemudian tekan tombol Create.
  • Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman Secret Recovery Phrase.
  • Pada halaman ini, kamu akan diarahkan pada halaman berisi phrase seed yang harus kamu simpan dan rahasiakan.
  • Kamu bisa tulis phrase seed dan simpan untuk keamanan akun kamu.
  • Apabila sudah, kamu bisa klik Next.
  • Untuk konfirmasi, ulangsi phrase seed tadi.
  • Jika sudah benar, akun metamask kamu sudah berhasil dibuat.
  • Kamu bisa klik All Done dan selesai.

Phrase seed yang dimaksud tadi perlu diingat dan disimpan karena berfungsi untuk akses metamask pada berbagai browser. Jika phrase seed tersebut hilang atau lupa, maka kamu tidak bisa lagi mengakses metamask kamu kembali. Jadi jangan sampai hilang ya.

Apa Saja Fungsi Metamask

Fungsi utama metamask adalah untuk deposit Ethereum serta membeli maupun mengirim berbagai aset kripto. Jadi kamu harus memiliki deposite ethereum untuk memulai transaksi dengan platform ethereum.

Besarnya deposit dapat disesuaikan dengan banyaknya dana yang akan kamu butuhkan dalam bertransaksi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan metamask untuk membeli property di metaverse maupun NFT.

Sekilas Mengenal Metaverse

Siapa yang belum mengenal metaversi atau metaverse? Metaverse ini sudah banyak menjadi perbincangan beberapa tahun terakhir. Jika metamask adalah dompet kripto maka metaversi adalah konsep dunia virtual yang memungkinkan seseorang untuk menjelajah.

Bersama dengan pengguna internet lainnya, namun dalam bentuk avatar. Pengguna dapat bertemu untuk bekerja, bermain, bahkan konser sekalipun. Di Indonesia sendiri juga sudah banyak yang mengembangkan teknologi metaverse ini.

Cara Masuk ke Dunia Metaverse

Metaverse adalah virtual reality dimana pengguna dapat membuat dan menjelajah menggunakan internet. Untuk dapat masuk ke dunia metaverse sendiri, kamu perlu melakukan langkah-langkah dibawah ini.

  • Pilih platform atau aplikasi metaverse yang akan kamu gunakan untuk masuk, bisa Decentraland, Somnium Space, maupun Sandbox.
  • Pastikan perangkat tambahan seperti headphone atau headset dan kacamata AR atau VR.
  • Kamu bisa daftarkan diri untuk masuk ke platform metaverse yang kamu pilih. Dengan cara mengisi data yang diperlukan.
  • Setelah berhasil mendaftar, kamu bisa masuk ke platform metaverse dan melakukan aktivitas seperti pada kehidupan nyata.
  • Namun untuk bertransaksi jual beli menggunakan cryptocurrency atau Non Fungible Token (NFT).
  • Bahkan dalam metaverse ini kamu juga bisa melakukan investasi dengan membeli tanah.

Aktivitas yang Bisa dilakukan Melalui Metaverse

Tidak hanya sekedar aktivitas online biasa, dengan menggunakan metaverse ini kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas online namun terlihat sangat nyata. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Konser Virtual

Aktivitas yang pertama yaitu bisa menghadiri konser virtual. Konsep konser ini tidak beda jauh dengan menonton konser secara langsung. Namun yang membedakan konser menggunakan teknologi metaverse ini dilakukan secara virtual.

2. Bekerja

Pada bulan Agustus 2021 lalu, meta meluncurkan Horizon Workrooms. Yang merupakan ruang kerja dengan teknologi virtual reality. Jadi pengguna Horizon dapat terhubung dengan pengguna lain dan merasakan virtual office menggunakan metaverse.

3. Perjalanan Online

Pengembangan teknologi memang tidak ada habisnya. Terbukti dengan teknologi metaverse ini kamu bahkan bisa melakukan perjalanan online. Kamu bisa menjelajahi banyak tempat serta pengalaman seru seperti perjalanan sesungguhnya.

4. Bermain Game

Pengguna metaverse juga bisa bermain game layaknya seperti dunia nyata. Kamu bisa memainkan game favorit yang sudah mendukung teknologi virtual reality. Seperti Axie Infinity, Decentraland, dan Sandbox.

5. Melihat dan Membeli Karya Seni

Selain bisa melakukan konser, didalam metaverse ini kamu juga bisa melihat dan membeli karya seni dan pakaian. Jual beli dalam metaverse ini menggunakan system dalam bentuk NFT.

Pengguna bisa membeli hak kepemilikan karya dari perusahaan maupun seniman. Selain itu, pengguna juga bisa mencoba dan membeli pakaian melalui avatar yang sudah dibuat. Konsep pakaian biasa disebut digital fashion dan sudah banyak diperjual belikan.

Penutup

Teknologi semakin berkembang dengan pesat. Dibuktikan dengan adanya teknologi metaverse sebagai virtual reality yang bisa dilakukan menggunakan internet. Di dalam dunia metaverse ini banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti dalam kehidupan nyata.

Salah satunya melakukan jual beli karya seni bahkan pakaian. Namun bedanya, dalam sistem ekonomi metaverse ini menggunakan kripto atau NFT. Untuk itu kamu akan membutuhkan metamask selaku dompet yang bisa digunakan untuk menyimpan kripto.

Jadi itulah penjelasan mengenai metamask adalah apa serta beberapa penjabaran pendukung lainnya, semoga membantu!

You cannot copy content of this page