Tips Merawat Kamera DSLR

Tips Merawat Kamera DSLR, Awet dan Tahan Lama

Jika Kamu memiliki kamera digital, berarti Kamu harus merawat kamera DSLR dengan baik dalam penggunaannya. Harus tahu bagaimana merawat lensa agar tetap bersih terhindar dari debu.

Kamera menjadi salah satu elektronik penting untuk mengabadikan momen di dalam hidup. Baik hp atau DSLR sering digunakan untuk menangkap gambar atau momen berharga.

Seperti dengan penggunaan gadget lainnya, barang ini juga membutuhkan perawatan penting untuk menemani kebutuhan aktivitas mengambil gambar atau video dalam waktu yang lama.

Tips Merawat Kamera DSLR Kamu agar Awet

Jika kamu ingin kamera tersebut ingin tahan lama, maka harus melakukan perawatan secara rutin dengan tepat sesuai prosedur agar terhindar dari debu dan jamur.

1.      Selalu Menjaga Kebersihan pada Lensa

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam merawat lensa kamera adalah dengan membersihkan lensa tersebut. pastikan kamu membersihkan lensa minimal dua hari sekali.

Walau mungkin frekuensi penggunaan tidak terlalu sering, kamu bisa menggunakan pembersih khusus yang dijual bebas di toko elektronik atau toko khusus.

Penggunaan yang benar bukan dengan menyemprotkan langsung pembersih ke lensa, namun dengan menyemprotkan cairan tersebut pada kain. Setelah itu bisa menyeka kain ke seluruh permukaan lensa.

2.      Bersihkan Bagian Tubuh Kamera

Tidak kalah penting dari merawat kamera DSLR adalah menjaga kebersihan pada tubuh. Bagian tubuh merupakan pusat mesin berada, dan secara otomatis akan membuat semakin rentan terhadap kerusakan.

Maka dari itu, harus selalu membersihkan bagian tersebut secara berkala. Pastikan saat dibersihkan menjangkau seluruh area hingga bagian terkecil dalam kamera.

Kamu bisa membeli cairan pembersih khusus untuk merawat bagian dalam kamera. Cara membersihkan juga sama seperti sebelumnya yaitu semprotkan cairan pada kain lalu diusap.

3.      Selalu Membawa Tas Khusus

Selalu persiapkan tas untuk dibawa kemana saja kamu pergi membawanya. Karena banyak orang belum memahami bagaimana pentingnya tas tersebut guna sebagai pelindung.

Tas tersebut dirancang khusus untuk melindungi kamera dari berbagai guncangan, memastikan bahwa guncangan itu tidak akan mempengaruhi keadaan benda elektronik itu.

4.      Baterai Dijaga dengan Baik

Jika ingin merawat kamera DSLR secara maksimal, harus memperhatikan siklus pengisian daya pada baterai. Umumnya, baterai lithium-ion memiliki batas daya sekitar 500 kali.

Maka sudah selayaknya kamu mengganti baterai baru bila jumlah pengisian sudah mencapai waktu pemakaian. Untuk merawat baterai kamu bisa simpan di dalam ruangan sejuk serta jauh dari suhu panas.

5.      Manfaatkan Shoulder Strap

Jika kamu mengira bahwa shoulder strap tersebut hanya sekedar untuk bergaya, maka hal itu tentu salah. Shoulder strap merupakan salah satu safety untuk melindungi kamera saat kamu sedang mengambil gambar.

Kamu tidak tahu apa yang akan terjadi untuk waktu kedepan, apakah tiba-tiba seseorang menabrak kamu, atau tiba-tiba terpeleset, dan kejadian lainnya yang bisa terjadi.

6.      Jauhkan dari Air

Meski jenis DSRL kamu diklaim sebagai anti air atau waterproof, usahakan untuk tidak terkena air. Merawat kamera DSLR dari air yang dapat merusak komponen atau mesin internal.

Tidak hanya itu, sisa air mengendap juga bisa membuat lensa menjadi berembun. Maka dari itu, senantiasa berhati-hati dan menjauhkan dari air merupakan salah satu cara perawatan yang tepat.

7.      Pasang Filter sebagai Pelindung

Salah satu merawat kamera dengan benar adalah memasang UV Filter pada lensa. Pemasangan filter tersebut tidak akan mengurangi kualitas atau resolusi jepretan saat memotret objek.

UV Filter akan melindungi lensa dari paparan sinar matahari, juga bisa mencegah debu atau kotoran yang menempel pada lensa. Jangan lupa membersihkan filter secara berkala untuk pemakaian lama.

Cara membersihkan filter lensa tersebut juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menggosok filter dengan kain halus atau kain khusus pembersih serta cairan untuk merawat kamera DSLR.

You cannot copy content of this page