Mengenal Apa Itu Proxy? Pengertian dan Jenis-jenis

oleh administrator
3 menit baca
A+A-
Reset
Apa itu Proxy

Penting sekali, mengetahui apa itu proxy dalam kehidupan sehari-hari. Proxy merupakan salah satu sistem yang dapat mengamankan koneksi pengguna ke internet.

Di mana nantinya pengguna akan bekerja dengan mengubah alamat IP. Hal ini dilakukan agar data pribadi pengguna lebih aman saat mengakses sebuah website.

Mengenal Apa Itu Proxy ?

Pada era modern seperti saat ini, siapa saja bisa terhubung ke internet. Hal ini karena adanya sistem perlindungan yang dapat mengamankan pengguna.

Sebab, saat perangkat mulai terhubung, maka server atau ISP bisa mendapatkan informasi perangkat serta lokasi dan informasi pribadi pengguna.

Tentu saja, tidak ada orang yang iny informasi pribadinya tersebar luas, terutama bahaya yang mengintai bila pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya. Oleh sebab itu, ada teknologi yang dapat melindungi data pribadi atau identitas agar tidak diketahui oleh website atau orang lain, yaitu proxy.

Apa itu proxy merupakan salah satu yang menengahi pengguna dan internet. Hal ini berguna untuk menyembunyikan identitas asli pengguna.

Sehingga data yang akan dikirim ke website tujuan bisa menggunakan alamat IP dari proxy server, bukan alamat IP pengguna. Agar bisa menjalankan tugasnya, maka proxy memerlukan sebuah server, yang dikenal proxy server.

Proxy server sebagai layanan jaringan untuk menyediakan layanan proxy, di mana berupa alat tertentu atau komputer. Proxy ini berguna untuk memproses permintaan menggunakan proxy.

Bahkan Identitas dan IP address pengguna sudah disembunyikan dengan proxy. Berdasarkan praktiknya, apa itu proxy banyak digunakan oleh orang yang ingin mengunjungi situs diblokir di wilayah tertentu.

Memang banyak sekali perusahaan dan bisnis uang dapat menggunakan proxy untuk membuat jaringan bisnis yang tertutup. Selain itu kamu harus bisa memahami apa saja jenis-jenis dari proxy berikut ini.

Berikut Ini Jenis-Jenis dari Proxy

Meski mempunyai fungsi yang sama, namun ternyata sudah ada beberapa jenis proxy dengan sistem kerjanya berbeda-beda. Secara umum, berikut ini sudah 4 jenis apa itu proxy yang banyak digunakan, yaitu:

Anonymous Proxy

Anonymous proxy dikenal sebagai salah satu dari jenis proxy yang menyembunyikan alamat IP perangkat pengguna dari website. Sehingga harus bisa mengaktifkan enkripsi di sisi pengguna. Dengan begini, data personal pengguna akan selalu tetap terjaga dan aman.

1.Distorting Proxy

Distorting proxy masih mempunyai fungsi yang hampir sama dengan anonymous proxy, namun cara kerjanya berbeda. Distorting proxy biasanya akan bekerja dengan meneruskan koneksi ke internet, namun menggunakan alamat IP palsu.

Dengan begini, kamu bisa langsung mengakses lokasi yang berbeda. Hal ini berguna untuk membuka website yang diblokir pemerintah.

2. High Anonymity Proxy

High anonymity proxy biasanya akan bekerja dengan mengacak IP address. Sehingga terhubung ke internet secara berkala dan alamat IP asli pengguna sulit untuk dilacak oleh siapapun. Bahkan, para server yang dituju tidak akan mendeteksi koneksi tersebut dibuat melalui proxy.

3. Transparent Proxy

Transparent proxy dikenal sebagai salah satu sistem perantara yang menengahi pengguna dan penyedia konten. Jadi, pada saat pengguna akan membuat permintaan ke web server, jenis ini mampu menengahi permintaan tersebut.

Hal ini berguna sekali untuk melakukan beberapa hal, termasuk menyimpan cache, redirect, serta autentikasi. Biasanya, sudah ada beberapa instansi yang menggunakan apa itu proxy ini untuk pembatasan atau filter konten.

Pemakaian proxy memang dapat memberikan berbagai manfaat. Proxy biasanya akan bertindak sebagai penghubung antara pengguna dan internet, sehingga memberikan pengalaman browsing yang lebih aman.

Orang tua juga dapat memanfaatkannya untuk mengontrol pemakaian internet putra-putrinya agar terhindar dari website berbahaya. Apa itu proxy memang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Originally posted 2023-10-15 21:53:29.

Rekomendasi Untuk Anda

Sinyaltekno merupakan media online yang memiliki visi “Media Terpercaya”. Dengan misi memberikan informasi terbaru tentang “Teknologi”.

@2022 – All Right Reserved. Designed and Developed by Sinyaltekno

Adblock Terdeteksi

Harap dukung kami dengan menonaktifkan ekstensi AdBlocker Anda dari browser Anda untuk situs web kami.