Tips Membuat Website dan Blog Dari Awal

Tips Membuat Website dari Nol

Pertama tama sebelum anda membuat sebuah blog atau website terlebih dahulu Anda perlu memikirkan dua hal yaitu Konten apa yang akan Anda miliki di situs Anda dan seperti apa tampilan situs Anda? Dan seperti apa tata letak halamannya, warnanya, dll.

Hal pertama yang perlu dipikirkan adalah kemungkinan yang diberikan situs web kepada Anda. Bahkan jika situs web Anda akan menjadi toko online, jangan menganggap situs tersebut sebagai katalog. Manfaat web adalah bahwa situs web Anda tidak harus mengikuti format linier – itu tidak membatasi seperti buku. Format web berarti pengunjung Anda akan dapat masuk ke situs Anda kapan saja, dan juga dapat melompat-lompat ke bagian-bagian yang lebih menarik bagi mereka.

Oleh karena itu, jangan mengatur situs Anda seperti bab dalam buku, di mana bab-bab selanjutnya bergantung pada informasi yang telah diambil di bab-bab sebelumnya. Sebaliknya, semua halaman Anda harus dapat berdiri sebagai item yang menarik dalam hak mereka sendiri, dan memiliki tautan ke informasi relevan lainnya yang mungkin dibutuhkan pengunjung Anda!

Tidak ada yang perlu memulai dengan selembar kertas kosong – ada jutaan situs web yang sudah ada di luar sana. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah penelitian. Lihatlah apa yang telah dilakukan orang lain – tidak, Anda tidak akan menyalin ide-ide mereka, tetapi Anda mencoba untuk melihat apa yang menarik bagi Anda, apa yang menurut Anda berhasil dengan baik, dan apa yang membuat Anda benar-benar mati!

Jadi Anda telah melihat sekeliling, punya beberapa ide. Bagaimana Anda akan tahu bahwa ide-ide Anda akan berhasil? Bagaimana Anda bisa menyia-nyiakan berjam-jam upaya yang gagal?

Tips Tiga Klik

Ingin tahu caranya? Anda harus memastikan pengunjung situs Anda dapat menemukan apa yang mereka inginkan maksimal dalam tiga klik. Anda harus mengingat aturan tiga klik saat memutuskan cara mengatur halaman Anda.

Saran umum adalah menggunakan pendekatan papan cerita tetapi masalah dengan papan cerita adalah itu membuat Anda berpikir dengan cara linier – dan seperti yang kita bahas di atas, dengan situs web Anda memiliki kemampuan untuk mundur dan ke samping serta maju!

Salah satu metode berpikir tentang merancang situs web baru adalah dengan menggunakan proses pemetaan pikiran, atau untuk menyusun diagram laba-laba. Anda mulai hanya dengan subjek utama Anda di tengah – ini akan menjadi halaman beranda Anda.

Lapisan pertama

Selanjutnya pikirkan topik utama yang mungkin diharapkan orang untuk ditemukan di situs seperti milik Anda – di situs ritel misalnya, lapisan pertama mungkin termasuk katelog sebagai judul umum. Di situs tentang anjing, lapisan pertama mungkin ‘ras’.

Lapisan kedua

Anda sekarang dapat melangkah lebih jauh ke dalam setiap mata pelajaran Anda. Katelog untuk pakaian dapat dibagi di sini menjadi pakaian Pria, pakaian Anak-anak, dll., Dan ras anjing sekarang dapat terdaftar sebagai Anjing Pistol, Trah Mainan, dll.

Lapisan ketiga

Tidak semua item menu lapisan pertama Anda dapat menyebabkan lapisan ketiga, tetapi beberapa akan melakukannya. Untuk melanjutkan contoh kita di atas, pakaian Chidren sekarang dapat dibagi menjadi anak laki-laki dan perempuan.

Dengan bermain-main dengan ide-ide Anda di atas kertas dengan cara ini, Anda dapat melihat di mana topik Anda paling cocok. Mungkin beberapa halaman tingkat ketiga cocok di bawah dua halaman lapisan kedua – tidak masalah, Anda dapat menautkan halaman ke masing-masing halaman, dan menampilkannya di lebih dari satu menu. Inilah yang masuk akal bagi pengunjung yang diperhitungkan.

Memiliki situs Anda ditetapkan dalam diagram juga membuatnya lebih mudah untuk melihat cara menautkan halaman Anda menggunakan hyperlink, yaitu, tetapi mengklik kata di situs Anda, pengunjung akan dibawa ke halaman yang berbeda tanpa harus kembali melalui menu.

Skema warna, template, dll.

Setelah Anda memiliki rencana tentang apa yang akan Anda masukkan ke situs Anda, Anda dapat mulai berpikir tentang tata letak halaman individual dan skema warna.

Sekali lagi, lihat situs orang lain, terutama yang Anda sukai. Apa yang terlihat bagus tentang mereka? Situs yang memiliki tata letak seragam di setiap halaman sering terlihat jauh lebih profesional daripada situs yang bereksperimen dengan warna berbeda di setiap halaman dan templat yang berbeda.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa setiap halaman harus sama, tetapi memiliki konsistensi, misalnya, di mana Anda menempatkan tombol menu, sehingga orang tahu bahwa mereka masih ada di situs Anda. Jika tombol menu navigasi selalu berada di tempat yang sama, orang akan dengan cepat menjadi akrab dengan nuansa situs Anda, dan dapat bergerak di sekitarnya jauh lebih cepat, dan karenanya mengambil lebih banyak informasi yang ingin Anda berikan kepada mereka.

Membuat situs Anda terlihat profesional adalah penting kecuali Anda hanya memasang beberapa halaman untuk dibagikan dengan keluarga! Mari kita asumsikan alasan Anda ingin membuat situs web adalah untuk mendapatkan uang tambahan di rumah, atau untuk mengiklankan bisnis Anda atau mempromosikan suatu aktivitas.

Selain warna dan konsistensi, berikut adalah beberapa tips lainnya. Pertama, lihat ukuran font yang Anda gunakan – jangan mencampurnya terlalu banyak, atau gunakan terlalu banyak warna yang berbeda. Membuat Anda adalah tipe wajah yang Anda gunakan dapat dilihat dengan jelas pada warna latar belakang. Kedua, apakah mudah untuk mendapatkan informasi

Akhirnya, jangan lupa bahwa ANDA harus menyukai situs Anda. Anda akan memiliki hubungan yang sangat dekat dengannya dan itu akan sangat menuntut waktu Anda, terutama di masa-masa awal. Ambil saran dari teman atau kolega, tetapi pada akhirnya, ikuti apa yang Anda sukai. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan situs Anda, Anda tidak akan memiliki antusiasme yang sama untuk bekerja dengannya.

Halaman pertama/Homepage Website

Sekarang Anda memiliki skema untuk situs web Anda, Anda telah memilih warna dan latar belakang Anda, Anda dapat mulai menyusun halaman pertama Anda.

Berikut adalah beberapa tips:

1. Kumpulkan beberapa halaman dan dapatkan situs Anda di sana dan dipublikasikan! Ini akan memakan waktu mulai dari beberapa minggu hingga 7 atau 8 bulan untuk diindeks oleh mesin pencari. Mesin pencari utama seperti Google suka memberikan daftar komprehensif hanya untuk situs dewasa. Semakin cepat Anda mempublikasikan situs Anda, semakin cepat Anda akan mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari.

2. Jangan gunakan kata ‘sedang dibangun’.

3. Dapatkan pendapat orang lain di situs Anda – komentar yang baik akan memberi Anda kepercayaan diri. Jika perusahaan hosting Anda memiliki forum, Anda mungkin dapat memamerkan situs web baru Anda di sana untuk mendapatkan saran dari orang lain yang menggunakan perangkat lunak yang sama.

Kesimpulan

Sebuah situs web tidak hanya muncul – dibutuhkan banyak pekerjaan dan banyak perencanaan. Tetapi jika Anda melakukan investasi waktu, Anda tidak akan rugi. Jika Anda tidak memiliki situs web, tidak ada yang dapat memanfaatkan pengetahuan Anda atau melihat kreasi Anda.

Jika Anda membangun situs web Anda dengan buruk, pengunjung Anda mungkin tidak dapat menemukan jalan mereka, dan banyak dari apa yang Anda lakukan akan-. Jika Anda mengambil sedikit usaha ekstra dan perawatan Anda akan memiliki situs yang sangat mudah digunakan, dan yang akan menjadi populer karena itu.

You cannot copy content of this page