layar laptop blank tapi hidup

Layar Laptop Blank tapi Hidup, Intip Cara Mengatasinya!

Ada banyak sekali permasalahan yang bisa terjadi pada perangkat laptop. Salah satunya, yang cukup sering terjadi adalah layar laptop blank tapi hidup. Jika masalah ini terjadi, banyak pemilik laptop yang langsung membawa laptopnya ke tempat servis.

Namun, sebenarnya para pemilik jangan buru-buru memastikan bahwa laptop sudah rusak dan butuh diservis. Ada beberapa cara mengatasi masalah ini agar laptop layar tidak blank tanpa harus di bawah ke tempat servis dulu.

Cara Mengatasi Layar Laptop Blank tapi Hidup

Seperti yang disebutkan sebelumnya, janganlah terburu-buru memastikan bahwa laptop yang layarnya blank merupakan laptop yang rusak. Padahal, mesin dan sistem operasinya masih bisa berjalan dengan lancar.

Biasanya dengan beberapa trik dan penyelesaian sederhana. Laptop yang layarnya blank ini bisa hidup kembali. Sekalipun, para pemiliknya tidak membawanya ke tukang servis terlebih dahulu. Karena itu, jangan terburu-buru mengira laptop sudah rusak.

Bagi para pemilik laptop yang mengalami masalah layar laptop mati tapi windows hidup. Berikut adalah beberapa cara mengatasinya sebelum membawanya ke tempat servis.

1. Periksa Lebih Dahulu Koneksi Layar Laptop

Hal pertama yang harus para pemilik cek adalah koneksi layar laptop. Bisa saja, laptop menjadi blank bukan karena rusak atau ada gangguan. Mungkin saja karena layar laptop tidak terkoneksi dengan baik atau sedang terkoneksi dengan perangkat lain.

Layar laptop kemungkinan bisa blank karena laptop sedang dalam mode yang terhubung dengan monitor lain. Seperti layar komputer kedua, LCD Proyektor, maupun smart TV. Karena itu, pastikan pada perangkat lain di sekitar tidak ada layarnya yang terkoneksi dengan layar laptop.

Jika memang ada perangkat lain di sekitar laptop yang terkoneksi dengan layar laptop. Maka, segera putuskan koneksi tersebut. Melalui layar perangkat yang tersambung, karena layar laptop masih blank dan tidak bisa diakses.

2. Restart Laptop dengan Paksa

Restart laptop memang bisa menjadi langkah awal untuk mengatasi berbagai permasalahan pada hardware laptop. Termasuk permasalahan layar laptop blank tapi hidup, karena layar laptop masih blank, restart harus dilakukan secara paksa.

Tekan terus tombol power agar laptop ter-Shut Down secara paksa. Setelah para pemilik laptop mendengar suara laptop sudah shut down atau mati. Tunggu beberapa saat untuk menyalakan laptop kembali.

Ada kemungkinan bahwa layar laptop dapat menyalah seperti sedia kala. Karena kadang layar laptop yang blank adalah tanda bahwa sistem laptop terlalu berat dan lelah. Dengan melakukan restart para pemilik bisa memberikan waktu pada perangkat untuk beristirahat.

3. Lepas dan Pasang Baterai

Jika cara restart di atas tidak bisa dilakukan, para pemilik laptop bisa melakukan cara restart paksa yang kedua, yaitu dengan cara melepas kemudian memasang kembali baterai. Sebagai catatan cara hanya bisa dilakukan oleh perangkat laptop dengan baterai lepas pasang.

Tentu saja, untuk baterai dengan jenis baterai tanam tidak bisa melakukan cara ini. Namun, tetap bisa melakukan cara restart paksa dengan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya. Lepas pasang baterai pada dasarnya sama seperti restart.

Laptop sengaja dimatikan agar memberikan laptop kesempatan untuk beristirahat dan memulihkan sistemnya. Lepaskan baterai dari laptop kemudian tunggu beberapa saat sampai mesin dan baterai laptop benar-benar mendingin.

Kemudian, baru pasangan baterai laptop kembali dan nyalakan laptop lagi. Mungkin saja, setelah dinyalakan lagi. Layar laptop akan berjalan dengan normal.

4. Atur Resolusi Layar agar Lebih Sesuai

Penyebab layar laptop blank tapi mesin hidup adalah resolusi yang di set terlalu tinggi pada layar laptop. Resolusi yang terlalu tinggi membuat layar laptop tidak bisa mendukung tampilan yang diinginkan oleh para penggunanya.

Pada akhirnya, layar laptop menjadi blank atau menunjukkan tampilan hitam karena sudah tidak bisa mengejar resolusi yang diinginkan. Solusi dari penyebab satu ini adalah dengan mengatur dan menurunkan resolusi dari layar agar lebih sesuai.

Karena layar laptop masih blank, tentu saja para pemilik tidak bisa mengakses pengaturan pada menu utama laptop. Para pemilik laptop bisa mengatur resolusi laptop kembali dengan memanfaatkan menu Safe Mode pada laptop.

5. Menginstall Ulang Windows pada Laptop

Cara mengatasi layar laptop blank tapi hidup selanjutnya adalah dengan melakukan install ulang Windows. Solusi ini memang dikhususkan pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Layar laptop blank memang merupakan gangguan yang umum terjadi pada Windows.

Penyebabnya biasanya karena adanya ketidaksesuaian spesifikasi antara sistem Windows yang digunakan dan spesifikasi laptop. Akhirnya kinerja laptop tidak bisa mendukung sistem Windows yang berjalan.

Karena itu, para pemilik wajib untuk memasang ulang sistem Windows yang lebih sesuai dengan spesifikasi laptop. Sebenarnya, sedari awal para pemilik harus mempertimbangkan Windows jenis apa yang ingin dipasang pada laptop.

Windows yang tidak sesuai bisa menyebabkan beberapa gangguan pada laptop. Mulai dari layar laptop yang blank sampai mungkin sistemnya akan terganggu.

6. Lakukan Penghapusan Beberapa Program Pada Laptop

Penyebab layar laptop blank tapi hidup bisa saja karena adanya virus atau program yang kinerjanya membuat laptop menjadi blank. Para pemilik harus mengecek program-program ang dipasang pada laptop apakah ada yang mencurigakan atau mungkin sumbernya kurang baik untuk laptop.

Ada baiknya, untuk para pemilik menghapus beberapa program yang dicurigai tersebut. Kemudian, menginstallnya agar tidak menyebabkan layar blank lagi. Karena menu utama tidak bisa diakses dengan layar laptop yang blank.

Para pengguna bisa melakukan uninstall dengan masuk ke dalam Safe Mode. Para pemilik laptop bisa memeriksa program yang terpasang dan memutuskan pada yang ingin dihapus.

7. Mengganti VGA dengan yang Baru

Layar laptop blank tapi hidup juga bisa disebabkan oleh perangkat VGA nya yang sudah rusak. Jadi bukan layar laptop rusak atau secara keseluruhan laptop rusak namun hanya bagian VGA saja. VGA memang salah satu komponen yang bertanggung jawab dengan tampilan layar.

Karena itu, jika memang layar laptop blank karena perangkat VGA nya. Lebih baik untuk segera mengganti VGA dengan yang baru. Karena, jika VGA lama yang rusak terus digunakan akan mempengaruhi tampilan layar seluruhnya.

8. Bersihkan Laptop agar Kinerjanya Maksimal

Penyebab lain dari layar laptop blank tapi hidup bisa saja karena laptop memang tidak bisa bekerja dengan maksimal. Biasanya karena badan laptop kotor maupun data yang disimpan di dalamnya terlalu banyak.

Karena itu, penting untuk melakukan pembersihan laptop baik dari segi pembersihan fisiknya. Maupun kebersihan data yang disimpan di dalam laptop. Pastikan tidak ada file yang tidak penting yang memenuhi perangkat agar kerja dari laptop maksimal.

Itulah berbagai cara mengatasi layar laptop blank tapi hidup. Tidak perlu panik sampai buru-buru membawanya ke tempat servis laptop. Para pemilik bisa melakukan berbagai cara di atas terlebih dahulu sebelum menganggap laptop sudah rusak.

You cannot copy content of this page