laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup

Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup

Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup banyak dicari oleh para pengguna laptop. Hal itu dikarenakan masalah ini memang lumayan sering terjadi. Jadi, jika kamu mengalaminya, jangan langsung panik terlebih dahulu.

Laptop sendiri merupakan perangkat yang sangat penting di era modern seperti saat ini. Sebagian besar orang menggantungkan aktivitas mereka pada laptop, seperti bekerja, sekolah, hingga untuk sekadar menonton video.

Selain itu, sebagian besar data penting seseorang juga disimpan di dalam laptop. Sehingga jika laptop tidak bisa nyala, tentu pemiliknya akan kebingungan. Apalagi jika ditambah dengan keyboard laptop yang tidak merespon ketika diketik.

Cara Mengatasi Masalah Laptop Tidak Bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup

Apabila kamu mengalami masalah ini, tenanglah dan cobalah untuk mencari solusinya. Untuk memandumu, berikut kami paparkan penjelasan singkat mengenai langkah-langkah yang dapat kamu lakukan:

1. Lepaskan Semua Perangkat Eksternal yang Tersambung pada Laptop

Perangkat eksternal yang tersambung sangat mungkin untuk menyebabkan laptop tidak bisa nyala meski lampu powernya menyala. Hal ini karena BIOS tidak dapat mengenali dengan baik, sehingga proses startup pun gagal.

Jika memang hal itu yang menjadi penyebabnya, maka cara mengatasinya cukup mudah. Kamu hanya perlu melepaskan semua perangkat eksternal yang tersambung pada laptop. Setelah itu, cobalah untuk menyalakan laptop seperti biasa.

2. Periksa Baterai Laptop

Meskipun lampu power nyala, tetapi masalah masih bisa saja terjadi di bagian baterai laptop. Salah satu kemungkinan yang bisa terjadi adalah laptop tidak mendapatkan aliran voltase yang cukup atau memang baterai sudah tidak berfungsi lagi.

Ada cara khusus untuk membuktikan apakah benar masalah laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup ada pada baterai. Cara tersebut adalah sebagai berikut:

  • Lepaskan baterai laptop kamu
  • Setelah itu, sambungkan laptop dengan charger tanpa menggunakan baterai.
  • Periksa apakah lampu charger
  • Jika sudah menyala, maka artinya laptop sudah mendapatkan aliran listrik.
  • Selanjutnya, tekan tombol ‘Power’.
  • Kemudian lihat apakah laptop menyala dengan baik tanpa menggunakan baterai. Jika iya, maka memang ada masalah yang terjadi pada baterai.
  • Setelah mengetahui hal tersebut, kamu hanya perlu membeli baterai laptop baru dan membuang yang lama.

3. Periksa Layar Laptop

Ketika masalahnya ternyata tidak ada pada perangkat eksternal maupun baterai, maka cobalah untuk memeriksa bagian layar laptop-mu. Jika bagian ini rusak, maka wajar jika laptop tidak menampilkan apapun meski sebenarnya lampu power laptop sudah menyala.

Untuk memeriksanya, lepaskan semua sambungan seperti LCD atau monitor dari laptop. Setelah itu, nyalakan laptop seperti biasa. Lihatlah apakah laptop sudah menyala.

Jika belum, dekatkan telingamu ke mesin laptop dan periksa apakah ada suara mesin bergerak dan kipas bising. Apabila ada, maka memang terjadi masalah di bagian layarmu. Cara mengatasinya adalah ganti bagian layar yang rusak, bisa pada LCD atau bagian lainnya.

4. Instal Ulang Laptop

Masalah laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup juga bisa terjadi karena adanya virus pada laptop. Jika hal tersebut terjadi pada laptop-mu, maka lakukan penginstalan ulang laptop. Biasanya, ini merupakan cara jitu untuk mengatasi berbagai masalah pada laptop.

Penutup

Itulah 4 cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Masalah ini mayoritas disebabkan oleh masalah pada baterai, perangkat eksternal, layar, dan adanya virus pada laptop. Namun tidak menutup kemungkinan akan adanya kerusakan pada bagian lain.

You cannot copy content of this page