Laptop dan Notebook, Terlihat Sama tapi Bed

Laptop dan Notebook, Terlihat Sama tapi Beda

Masih banyak orang yang tidak tahu perbedaan antara laptop dan notebook. Keduanya sering kali dianggap sama, hanya berbeda dari segi penamaan gadget tersebut.

Padahal notebook dan laptop adalah dua jenis komputer berbeda. Meski keduanya terlihat sama, namun gadget ini memiliki ciri-ciri yang tentu berbeda.

Laptop serta notebook merupakan jenis komputer yang membantu saat bekerja di mana saja. Ukuran ringkas dan performa sekelas PC Desktop bisa menangani pekerjaan berat kapan saja.

Terdapat Perbedaan Antara Laptop dan Notebook

Adanya kedua alat elektronik ini membuat kamu menjadi lebih praktis saat bekerja atau melakukan hal lain. Namun ada berbagai perbedaan dari keduanya perlu kamu ketahui.

1.      Perbedaan Terletak pada Dimensi

Perbedaan antara kedua gadget ini yang utama adalah dari segi dimensinya. Dimensi notebook lebih ringkas dibanding dengan laptop. Misalnya kamu bisa bandingkan dari beratnya.

Notebook memiliki berat sekitar 1 sampai 2 kg, sedangkan untuk laptop punya dimensi lebih barat lagi sekitar 1,5 kg sampai 2,5 kg. lalu untuk tebalnya sekitar 0,5 sampai 1 inci saja.

Memiliki ketebalan mulai dari 1,5 inci sampai 2 inci, perbedaan keduanya bisa terlihat jelas dari bentuk serta dimensinya. Ukuran lebuh tebal dan berat oleh karenanya orang sering bepergian lebih memilih notebook.

2.      Ukuran Layar Laptop dan Notebook

Perbedaan yang lainnya adalah dari segi ukuran layar, masih berhubungan dengan dimensi, laptop lebih besar otomatis memiliki layar juga lebih besar. Bisanya memiliki ukuran layar mulai dari n14 sampai 17 inci.

Sedangkan untuk notebook memiliki ukuran layar lebih kecil yaitu mulai dari 8 sampai 13 inci. Namun belakangan ini ada banyak produsen membuat layar dengan bazel atau frame tipis.

3.      Prosesor yang Digunakan

Laptop memiliki performa jauh lebih tinggi, tent sangat sayang jika berukuran besar tapi performa setara atau lebih lambat dibandingkan dengan notebook. Oleh karena itu, ditenagai prosesor lebih kencang.

Biasanya ditenagai prosesor kencang, contohnya intel seri core i3, i5, serta i7. Bahkan ada laptop dengan prosesor intel core i9 bagus untuk gaming berat. Sedangkan AMD, biasanya menggunakan seri Ryzen.

Berbedan dengan laptop dan notebook, yang biasanya menggunakan prosesor hemat biaya. Jadi fokus bukan performa melainkan bagaimana bisa buat daya tahan lama baterai.

4.      Segi Spesifikasi Grafis

Di samping butuh performa prosesor kencang, juga butuh VGA yang mumpuni. Dibekali VGA diskrit atau pengolah grafis khusus mengelola pekerjaan grafis yang rumit.

Ini sebabnya para gamers atau desain grafis lebih memilih gadget tersebut daripada notebook. VGA diskrit biasa digunakan adalah AMD Raedeon atau NVIDIA Geforce.

Di sisi lain, dibekali VGA integrated dari prosesor, misalnya intel iris xe dari prosesor Intel atau MDA. Meski tidak sekencang dikrit, namun masih diandalkan untuk multimedia.

5.      Dari Segi Perbedaan RAM

Karena fokus laptop dan notebook berbeda karena notebook untuk komputasi harian, maka kapasitas RAM dibutuhkan biasanya tidak terlalu besar. Biasanya RAM memiliki jumlah kapasitas sebesar 2 gb saja.

Sedangkan untuk kapasitas Laptop lebih besar mulai dari 8 gb sampai 32 gb. Alasannya karena guna menjalankan program berat dan banya, butuh RAM kencang serta kecepatan maksimal.

6.      Sistem Pendingin yang Dimiliki

Masih berhungan dengan laptop karena menggunakan prosesor kencang, VGA diskrit punya kapasitas RAM besar otomatis butuh sistem pendingin yang maksimal.

Laptop punya dua kipas masing-masing diletakkan di prosesor VGA, fungsinya untuk mendinginkan dua komponen rawan panas. Dua kipas tersebut dihubungkan dengan heat pipe guna mendistribusikan panas.

Lalu punya ventilasi di sisi kiri kanan fungsinya menyedot udara dingin ke dalam lalu mengeluarkan udara panas. Sistem pendingin yang kompleks membuat lebih berat.

Sedangkan notebook kebanyakan sudah tidak menggunakan kipas, membuat dimensi lebih tipis dan ringan. Meski banyak mengira keduanya sama, namun ada banyak hal antara laptop dan notebook berbeda.

You cannot copy content of this page