keyboard laptop terkunci

Keyboard Laptop Terkunci? Mari Simak Cara Mengatasinya!

Masalah keyboard laptop terkunci kerap kali terjadi ketika kita tengah asyik memainkan laptop. Keyboard yang tidak berfungsi secara tiba-tiba tak ayal membuat kesal, terlebih ketika kita tengah asyik menyelesaikan tugas sekolah, tugas kuliah, atau bahkan saat asyik mengetik skripsi.

Kendala satu ini memang terlihat sepele, namun jika terus berulang terjadi, maka sudah pasti akan mengganggu aktifitas kamu. Keyboard dengan masalah terkunci ini bisa terjadi pada laptop dengan tipe, hingga merk apa saja. Untuk itu berikut cara untuk mengatasi keyboard tidak aktif.

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Maksimal

Sebelum beralih pada pembahasan keyboard laptop terkunci, nyatanya banyak juga loh faktor yang menjadi penyebab keyboard laptop tidak berjalan maksimal. Salah satu yang menjadi penyebab keyboard tidak aktif dan tidak berfungsi ialah adanya masalah pada driver keyboard.

Awal mula driver yang bermasalah ini karena kamu tidak mematikan laptop dengan benar, dalam artian laptop bisa saja dimatikan secara paksa akibat loading yang lama dan tidak kunjung mati. Hal ini cukup berpengaruh karena dapat merusak kinerja keyboard laptop itu yang dijalankan.

Ketika prosedur menon-aktifkan laptop tidak dijalankan sebagaimana mestinya secara berulang, maka bagian dalam laptop pun juga ikut bermasalah. Tidak hanya faktor luar saja, keyboard laptop terkunci juga bisa disebabkan oleh pengaturan laptop yang tidak benar, bahkan salah.

Tidak puas dengan kedua penyebab di atas, faktanya keyboard yang kotor dan jarang dibersihkan menjadi alasan keyboard menjadi rusak. Hal ini membuktikan bahwa laptop pun juga perlu dirawat layaknya hewan peliharaan. So, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan laptop, ya.

Cara Merawat Kondisi Keyboard Laptop

Untuk terus menjaga kondisi laptop dan menghindari kemungkinan keyboard laptop terkunci, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar laptop tetap awet dan tidak rusak. Tentunya cara berikut mudah dan bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Yuk, simak!

  • Jangan selalu lewatkan untuk memakai keyboard eksternal yang bukan bawaan laptop kamu. Hal ini perlu dilakukan apabila kamu memakai laptop untuk gaming. Tak jarang banyak pengguna laptop yang menekan keyboard mereka secara emosional saat bermain.
  • Tidak menaruh sembarang barang berat dan keras di atas keyboard juga menjadi cara merawat keyboard laptop kamu. Tidak hanya itu, menghindari permukaan laptop dari benda keras dan berat juga membantu menjaga perangkat keras laptop di dalamnya.
  • Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasang cover keyboard pada laptop kamu. Mengingat harga sampul keyboard sangat terjangkau dan mudah didapat, tentu tidak ada alasan bukan untuk memasang cover pada keyboard agar tetap awet?
  • Mengingat banyak pengguna laptop yang memakai barang elektronik satu ini untuk bekerja, tak jarang mereka menikmati segelas minuman sembari bekerja. Pastikan benda cair tersebut tidak mengenai permukaan keyboard, mengingat laptop sensitif pada cairan.
  • Tips terakhir ialah hindari memencet keyboard laptop dengan kencang atau bahkan keras. Jika kamu perhatikan sedikit lebih lagi, keyboard laptop lebih ringan dibanding keyboard komputer atau PC. Untuk itu, hindari menekan tombol keyboard terlalu kuat dan keras.
👉 TRENDING:   Mudah Mengatasi Keyboard Laptop Error, Tidak Perlu Beli Baru

Tips Mengatasi Keyboard Laptop yang Terkunci

Setelah sebelumnya kita membahas penyebab, serta cara perawatan untuk mencegah terjadinya keyboard laptop terkunci, berikut ini tips dan juga langkah yang bisa kamu lakukan ketika keyboard laptop kamu dalam kondisi terkunci dan tidak berfungsi.

1. Matikan Fitur Filter Keys

Tips pertama dalam mengatasi keyboard laptop terkunci adalah dengan mematikan Filter Keys. Fitur yang tersedia pada Windows ini berfungsi untuk menghindari tombol yang ditekan secara berulang. Artinya ketika kamu ingin mengetik huruf ganda, maka hanya akan muncul satu huruf.

Fitur ini sering kali diaktifkan secara tidak sengaja oleh pengguna laptop yang terbiasa mengetik cepat. Sering kali terjadi saat kamu terlalu asyik menekan tombol Shift, tetapi secara tidak sadar kamu justru menekan tombol lain dengan perintah aktifkan Filter Keys yang ada pada sistem.

2. Matikan Fitur NumLock

Tidak jauh berbeda dengan point satu, fitur NumLock juga sering kali disadari ketika diaktifkan. Pada keyboard laptop fitur NumLock akan aktif ketika kita menekan tombol, Fn dan F8 secara bersamaan, F7, atau bisa juga aktif jika kamu menekan tombol Sisipkan yang ada pada keyboard.

NumLock yang aktif dapat terdeteksi ketika kamu tidak bisa mengetik angka, namun huruf bisa muncul ketika kamu tekan tombolnya. Sesuai dengan artinya, pengunci angka, maka saat fitur tersebut berada pada kondisi on, kamu tidak bisa mengetik huruf melalui keyboard laptop kamu.

3. Ubah Setting BIOS Kembali ke Default

Pengaturan BIOS tanpa disadari membuat laptop sering tidak berjalan seperti yang seharusnya. Tak jarang ketika kamu berhasil mengatur BIOS, maka ada saja salah satu fungsi laptop yang tidak beroperasi secara normal. Lalu apa yang perlu kamu lakukan agar laptop kembali normal?

👉 TRENDING:   Mudah Mengatasi Keyboard Laptop Error, Tidak Perlu Beli Baru

Kamu bisa mencoba untuk mengembalikan laptop pada kondisi Default atau pada kondisi sebelum BIOS diatur. Cobalah dengan mematikan laptop, tunggu beberapa saat, lalu nyalakan ulang seperti biasa. Saat layar setting BIOS muncul, kamu tinggal menghapus setting BIOS-nya.

4. Update atau Install Ulang Driver Keyboard

Trik selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keyboard laptop terkunci adalah dengan update, atau bila perlu install ulang driver pada keyboard. Driver keyboard tentu memiliki fungsi sebagai perangkat yang mengontrol tiap komponen keyboard laptop itu sendiri.

Tanpa adanya driver keyboard, maka sudah pasti keyboard tidak akan bisa kamu gunakan. Mengingat secara tidak langsung driver pada keyboard merupakan pusat pengaturan keyboard yang terpasang pada sebuah laptop. Itulah sebabnya kamu harus selalu update pembaruannya.

5. Non-Aktifkan Menu Ease of Access

Fitur Ease of Access memungkinkan keyboard laptop kamu dalam kondisi terkunci secara tidak sengaja. Tidak ada tombol yang membuat fitur satu ini menyala, sehingga cara terbaik untuk mengetahui aktif atau tidaknya ialah dengan memeriksa langsung pada menu Control Panel.

Kamu hanya perlu masuk pada opsi yang bertuliskan Ease of Access, lalu tekan pilihan tersebut. Setelah terbuka, kamu bisa memastikan bahwa semua centang pada pada fitur tersebut dalam kondisi mati. Jika terdapat salah satu opsi yang tercentang, maka sudah pasti fitur tersebut aktif.

Itu tadi penyebab, cara merawat, hingga langkah yang bisa kamu ambil untuk mengatasi kendala keyboard laptop terkunci. Tidak hanya berfokus pada faktor internal, nyatanya faktor eksternal, seperti kurangnya menjaga kebersihan keyboard laptop juga cukup memberi pengaruh, bukan?

Dengan begitu, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi keyboard kamu secara berkala dan rutin. Hindari pula menaruh laptop dalam kondisi terbuka agar terhindari dari debu. Pastikan pula untuk menaruh laptop dalam kondisi yang aman dan masukkan dalam tas laptop, ya!

You cannot copy content of this page