Keyboard Laptop Error

Mudah Mengatasi Keyboard Laptop Error, Tidak Perlu Beli Baru

Keyboard laptop error sering sekali membuat pekerjaan atau aktivitas saat menggunakan laptop menjadi terganggu. Perangkat keras ini memiliki peran yang sangat penting pada sistem komputer.

Tanpa adanya keyboard, pekerjaan menggunakan laptop menjadi tidak efektif. Biasanya kamu akan langsung membeli perangkat eksternal untuk mengatasi keyboard laptop yang error.

Tetapi sebenarnya sebelum membelinya, kamu bisa mengatasi dan memperbaiki secara mandiri terlebih dahulu dengan cara-cara ini. Jika berhasil mengatasinya, tentu saja kamu bisa jadi menghemat karena tidak perlu membeli baru.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Mudah

Keyboard yang error biasanya disebabkan oleh banyak faktor, mesin ketik yang dipasang pada laptop kamu biasanya terpasang dengan kompleksitas yang cukup tinggi. Jadi untuk membukanya saja tidak mudah.

Tetapi walaupun begitu, kamu dapat mengatasi dengan tips dan trik ini. Tips yang pertama kamu bisa melakukan reboot terlebih dahulu dengan cara merestrart laptopnya. Setelah laptopnya menyala lagi periksalah apakah keyboard laptop error bisa digunakan lagi atau belum.

Jika tetap tidak bisa, kamu dapat mengikut cara selanjutnya yaitu mengembalikan system restore. Cara ini dianggap paling efektif untuk memecahkan masalah ini. jika mesin ketik laptopnya tidak bekerja Ada bisa melakukan restore.

Terakhir, jika kedua cara tersebut masih tidak bisa digunakan Kamu dapat memeriksa terlebih dahulu drivernya. Apakah sudah up to date atau belum, jika belum maka coba untuk memperbaharui drivernya.

Kemudian setelah itu lakukan restrart laptop, lihatlah bagaimana hasilnya apa berhasil atau tidak. Masih tidak bisa digunakan setelah melakukan up to date pada driver, ikutlah langkah-langkah berikut ini.

  1. Jika keyboard masih bisa menekan tombol Win+R secara bersamaan maka lakukanlah lalu ketikan msc pada jendela Run yang baru saja muncul.
  2. Setelah itu ketik device manager pada kolom pencarian
  3. Jika keyboard sama sekali tidak bisa digunakan maka gunakan on screen keyboard atau bantuan perangkat eksternal
  4. Pada menu device manager, temukan menu keyboard lalu klik kanan. Lanjutnya dengan klik scan for hardware change.
  5. Jika windows nanti menginstall kembali driver untuk laptopnya maka lakukan restart dan keyboard biasanya sudah bisa digunakan kembali.
👉 TRENDING:   Keyboard Laptop Terkunci? Mari Simak Cara Mengatasinya!

Cari Keyboad Eksternal, Ini Tipsnya Agar Tidak Salah Pilih

Tetapi jika cara tersebut masih tidak dapat mengatasi keyboard laptop error, kamu bisa menggunakan eksternal. Tetapi agar tidak salah pilih dan dapat bekerja maksimal menggunakan beberapa tips ini untuk bisa memilih keyboard.

  1. Tentukan jenis koneksi yang diinginkan

Berdasarkan koneksinya kamu bisa memilih antara kabel atau juga nirkabel. Di antara keduanya memiliki fungsi dan kelebihannya masing-masing. Untuk kam yang ingin mengganti keyboard laptop error agar mengetik lancar tanpa delay bisa memilih yang jenis kabel.

Tetapi jika ingin membuat workspace kamu terlihat lebih rapi tanpa kabel memilih jenis wireless tanpa kabel.

  1. Memilih jenis keypad

Selanjutnya pilihlah keyborad berdasarkan keypad yang diinginkan. Contohnya tipe membran dan pantograf karakteristiknya mesin ketiknya tidak akan menimbulkan suara sehingga cocok digunakan diperkantoran.

  1. Memperhatikan jenis pitch

Selanjutnya adalah keystroke atau pitch yang dapat menentukan kemudahan setiap tombol saat akan ditekan. Tingkat keawetan dan kenyamanan ini dapat dicek dari dua hal. Pertama pitch membuat pengetikan dilakukan lebih nyaman.

Pitch sendiri merupakan jarak antar tombol biasanya dengan pitch lebar akan memudahkan kamu saat mengetik dan meminimalisir typo atau salah ketik terutama jika kamu memiliki jari yang besar. Sedangkan pitch yang sempit akan membuat ukurannya menjadi lebih kecil tetapi tidak direkomendasikan untuk kamu berjari besar.

Pemilihan mesin ketik ini harus dipilih dengan baik agar keyboard bisa difungsinya dengan baik dan membantu kamu lagi dalam beraktivitas menggunakan laptop. Tetapi sebelum menggunakan perangkat eksternal, pastikan lagi apakah keyboard laptop error sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

You cannot copy content of this page