kenapa notifikasi wa tidak muncul di atas layar

Kenapa Notifikasi WA Tidak Muncul di Atas Layar? Ini Dia Jawabannya

Beberapa permasalahan sering terjadi ketika menggunakan aplikasi WhatsApp. Salah satunya adalah terkait notifikasi. Kenapa notifikasi WA tidak muncul di atas layar? Bahkan ada juga yang awalnya baik-baik saja, tiba-tiba mengalami masalah dan tidak muncul notifikasi.

Hal ini tentu saja mengganggu bagi para pengguna WhatsApp. Terutama bila kamu sedang menunggu pesan dari seseorang dan notifikasi tidak muncul, sehingga tidak tahu bila ada pesan masuk sebelum mengeceknya langsung.

Masalah Notifikasi yang Tidak Berdering dan Tidak Muncul

Masalah yang terkait notifikasi ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada aplikasi WA saja. Pada aplikasi-aplikasi lain juga bisa terjadi. Ketika terjadi hal seperti ini tentu sangat mengganggu, bukan?

Awalnya kamu bisa mengetahui bila ada pesan masuk atau telepon masuk, tapi tiba-tiba tidak bisa mendengar atau melihat notifikasi tersebut lagi. Notifikasi telepon WA tidak muncul. Alhasil, panggilan jadi tidak terangkat karena kamu tidak mengetahuinya.

Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul

Kenapa notifikasi WA tidak muncul di atas layar? Nah, kamu akan menemukan cara-cara dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Silakan Cek Pengaturan Notifikasi di HP Kamu

Cara hidupkan notifikasi WhatsApp bisa melalui pengaturan notifikasi di hp kamu. Pengaturan notifikasi ini mengatur semua nada dering yang ada di hp kamu, baik itu sms, panggilan masuk, sampai notifikasi di aplikasi.

๐Ÿ‘‰ TRENDING:   Cara Melihat Status WA Tanpa Diketahui dengan Mudah

Terkadang, kamu secara tidak sengaja bisa saja mematikan notifikasi pada aplikasi tertentu. Salah satunya WhatsApp. Jadi, tidak ada salahnya mengecek di pengaturan notifikasi smartphone kamu. Cara custom nada dering wa juga bisa dilakukan di menu ini.

2. Cek Juga Fitur Layanan Penghemat Data

Bila fitur penghemat data ini kamu aktifkan, biasanya akan memblokir seluruh aplikasi yang berjalan di belakang layar. Alhasil, notifikasi WhatsApp juga ikut terblokir dan tidak akan muncul di layar hp anda.

Notifikasi WhatsApp tidak muncul di Android bisa juga terjadi karena kamu menghidupkan fitur ini. Kamu bisa mengeceknya di menu Settings. Kemudian, masuk ke Connection dan pilih Data Usage. Silakan matikan bila fitur ini dalam kondisi On.

3. Kamu Juga Perlu Mengecek Penghemat Baterai

Fitur penghemat baterai ini juga melakukan tugas yang mirip dengan penghemat data. Keduanya sama-sama akan menghentikan aplikasi yang berjalan di belakang layar supaya betrai bisa tetap awet. Itulah kenapa notifikasi wa tidak muncul di atas layar.

Untuk mematikan fitur ini, kamu bisa masuk ke menu Settings, lalu pilih Apps dan klik aplikasi WhatsApp. Selanjutnya, pilih Baterai dan tulisan Allow Background Activity pastikan dalam kondisi On.

Dengan begitu, notifikasi akan kembali muncul di layar hp kamu. Jangan lupa untuk melakukan restart smartphone untuk lebih meyakinkan diri bahwa pengaturan sudah kamu ubah.

4. Langkah Terakhir dengan Mereset Aplikasi WhatsApp

Bila berbagai cara di atas tidak berfungsi atau notifikasi tetap tidak mau muncul di layar, maka kamu bisa menggunakan car yang satu ini. Mereset aplikasi WA kamu.

Caranya dengan masuk ke menu Settings dan pilih Apps. Kemudian, cari aplikasi WhatsApp dan klik Storage. Lalu, klik Clear Data.

๐Ÿ‘‰ TRENDING:   ย Cara Mengirim Tulisan Kosong Di WA yang Patut Dicoba

Bila kamu memilih langkah ini, biasanya seluruh informasi data milik kamu di WhatsApp akan hilang. Kamu akan kembali dari awal di tahap registrasi atau log in. Jadi, akan ada verifikasi nomor hp lagi. Cara ini juga bisa digunakan ketika notifikasi WhatsApp tidak muncul di iPhone.

Nah, itu dia beberapa hal terkait cara mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak muncul. Kenapa notifikasi WA tidak muncul di atas layar, tentu karena beberapa permasalahan yang sebelumnya sudah dipaparkan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi dan selamat mencoba.

You cannot copy content of this page