kenapa kamera HP tidak bisa digunakan

Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Digunakan

Tahukah Kamu kenapa kamera HP tidak bisa digunakan? Kamera sendiri merupakan komponen penting yang ada di dalam sebuah HP dan pastinya memiliki banyak manfaat untuk mengambil momen-momen berharga.

Apabila kamera HP tidak bisa digunakan pasti akan sangat berpengaruh pada aktivitas sehari-hari ketika menggunakan HP. Biasanya kamera HP yang tidak bisa digunakan disebabkan oleh berbagai hal yang berhubungan dengan internal error maupun kerusakan eksternal.

HP juga menjadi salah satu fitur keunggulan yang dimiliki oleh HP yang apabila terjadi kerusakan maka akan mengurangi nilai dari HP tersebut. Kemungkinan nilai jual HP juga akan menurun karena kerusakan yang terjadi pada kamera tersebut.

Alasan Kenapa Kamera HP Tidak Bisa Digunakan

Kamera sendiri merupakan lensa optik mempunyai kemampuan untuk menangkap gambar atau objek untuk diolah menjadi rangkaian yang diteruskan ke HP. Kamera menghasilkan output berupa gambar digital yang bisa diedit kembali atau dicetak sesuai keinginan penggunanya.

Kamera HP rentan terhadap kerusakan dari luar berupa gesekan apabila tidak dilindungi dengan baik. Selain itu ada juga beberapa kemungkinan kerusakan lain pada kamera HP yang bisa menjadi alasan kenapa kamera HP tidak bisa digunakan simak berikut ini beberapa alasannya.

1. Cache Penuh

Aplikasi kamera sama seperti aplikasi lainnya jika menyimpan banyak cache akan membuat kinerja kamera terganggu. Terkadang cache yang terlalu banyak juga akan membuat kamera menjadi terhenti dan tidak bisa digunakan sehingga muncul notifikasi kamera berhenti.

Untuk mengatasi cache aplikasi kamera yang terlalu banyak tersebut Kamu harus menghapus cache terlebih dahulu. Caranya dengan masuk pada menu setting kemudian pada manajemen aplikasi pilih aplikasi kamera dan hapus data atau hapus cache.

2. Kamera Error

Alasan kenapa kamera tidak bisa digunakan selanjutnya adalah karena adanya error pada aplikasi kamera. Jika terjadi error karena kesalahan sistem Kamu bisa melakukan reboot pada HP terlebih dahulu agar HP bisa menyiapkan kembali aplikasi dengan lebih baik.

Namun apabila kamera masih tidak bisa digunakan maka kamu bisa melakukan reset pada HP agar semua aplikasi kembali ke pengaturan semula. Namun sebaiknya Kamu juga melakukan pengecekan kepada service center untuk mengetahui lebih detail mengenai kerusakan kamera.

3. Virus

Virus seringkali merusak sistem Android dan mengganggu kinerja berbagai komponen atau fitur pada HP. Salah satunya adalah fitur kamera yang seringkali menjadi komponen yang dirusak oleh virus dan mengakibatkan kamera menjadi tidak bisa digunakan.

Untuk mengatasi masalah virus tersebut Kamu bisa coba menggunakan antivirus yang bisa diunduh melalui toko aplikasi atau menggunakan bawaan dari HP. Apabila virus masih tidak bisa dihapus maka kamu bisa segera menghubungi service center untuk melakukan penanganan lanjutan.

Selain beberapa alasan di atas ada juga alasan lain kenapa kamera tidak bisa digunakan atau tidak bisa dibuka. Misalnya seperti kamera yang pecah atau HP yang mati dan tidak bisa dihidupkan kembali atau layar HP blank.

Jika demikian pastinya kamu tidak mungkin bisa mengakses kamera dan berbagai fitur lainnya dalam HP Android. Untuk mengatasinya Kamu bisa segera melakukan install ulang tentunya dengan menghubungi service center terlebih dahulu agar HP bisa di servis dengan lebih maksimal.

Itulah beberapa alasan kenapa kamera HP tidak bisa digunakan dan tidak bisa dibuka serta bagaimana cara untuk mengatasinya. Kerusakan yang terjadi pada kamera HP memang merupakan hal yang cukup fatal dan membuat HP menjadi sulit untuk digunakan.

You cannot copy content of this page