kenapa iPhone tidak bisa hotspot

Kenapa iPhone Tidak Bisa Hotspot dan Cara Mengatasinya

Masalah hotspot iPhone yang tidak bisa berfungsi dengan baik sepertinya bukan merupakan masalah baru. Faktanya, sudah banyak orang yang mengalami hal seperti ini. Tentunya, mereka bertanya-tanya, kenapa iPhone tidak bisa hotspot dan bagaimana cara mengatasinya.

Pada kenyataannya, ada beberapa jenis masalah yang bisa terjadi pada hotspot iPhone. Salah satu masalah yang sering muncul adalah hotspot iPhone gagal atau tidak bisa diaktifkan, Terkadang hotspot bisa saja aktif tapi jaringan hotspot tersebut tidak bisa ditemukan.

Kenapa iPhone Tidak Bisa Hotspot

Nah, beberapa masalah pada hotspot iPhone itu biasanya terjadi karena adanya masalah atau kesalahan di dalam pengaturan jaringan.

Alasan lain kenapa iPhone tidak bisa hotspot adalah dikarenakan diperlukannya pemasukkan data APN dari provider kartu SIM terlebih dahulu. Jika memang ini penyebabnya, maka bukan karena HP iPhone palsu, melainkan diperlukannya data APN tersebut.

Meskipun begitu, sebenarnya ada beberapa kartu SIM yang memang secara otomatis sudah bisa digunakan untuk hotspot di iPhone. Namun karena ada banyak provider kartu SIM di Indonesia, maka data APN dari setiap provider pun akan berbeda-beda.

Cara Mengatasi iPhone Tidak Bisa Hotspot

Berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan ketika iPhone kamu tidak bisa hotspot:

1.  Pastikan Pengaturan Hotspot Kamu Telah Aktif

Untuk memeriksa apakah hotspot pribadi kamu telah benar-benar diaktifkan, lakukan hal berikut:

  • Buka Settings pada iPhone.
  • Pilih menu Cellular
  • Klik Personal Hotspotdan pastikan saklar berada di posisi menyala.

Pada bagian tersebut, kamu juga akan melihat pesan di bawahnya yang bertuliskan “Now Discoverable”, bersama dengan nama jaringan hotspot kamu.

Lalu saat berada dalam pengaturan hotspot, ada baiknya kamu juga memastikan bahwa kata sandi hotspot-mu sudah benar. Jika kamu ingin mengubah kata sandi hotspot-mu, ketuk “Kata Sandi Wifi”.

2. Cari Penyelesaiannya di FAQ Operator

Untuk alasan tertentu, beberapa operator menonaktifkan opsi hotspot pada perangkat pengguna. Dalam kondisi ini, kamu mungkin akan menemukan bahwa opsi tethering sepenuhnya berwarna abu-abu di menu Pengaturan.

Terkadang kamu mungkin juga akan melihat pesan di layar yang bertuliskan “Untuk mengaktifkan hotspot pribadi pada akun ini, hubungi [nomor operator]”. Lalu biasanya akan ada roda berputar di samping tulisan tersebut.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan pencarian pada FAQ dari operator yang kamu gunakan. Solusinya pun bisa saja sesederhana mengirim SMS ke operator untuk mengaktifkan pengaturan hotspot.

3. Masukkan Data APN

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, data APN yang hilang juga bisa menjadi penyebab kenapa iPhone tidak bisa hotspot. Nah, untuk mengatasinya, kamu dapat menambahkan data APN dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke Settings iPhone
  • Pilih menu Cellular
  • Klik Cellular Data Options
  • Lalu klik Cellular Network
  • Kemudian pilih APN Settings dan masukkan data APN

4. Reset Pengaturan Jaringan

iOS menawarkan cara bawaan untuk menghapus data pengguna dan mengembalikan pengaturan ke default pabrik. Namun, kamu juga dapat mengambil pendekatan yang lebih terperinci dengan hanya menghapus jenis data tertentu.

Jika hotspot pribadi iPhone tidak berfungsi, kamu hanya perlu menghapus pengaturan jaringan. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:

  • Buka Settings pada iPhone
  • Pilih menu General
  • Klik Reset
  • Kemudian klik Reset Network Settings
  • Masukkan kode sandi lalu setelahnya perangkat akan mulai melakukan reset pada pengaturan jaringan kamu.

Penutup

Begitulah alasan kenapa iPhone tidak bisa hotspot serta bagaimana cara mengatasinya. Pada dasarnya, semua masalah akan selalu memiliki jalan keluar. Oleh karena itu, kamu tidak perlu langsung panik ketika hotspot iPhone kamu tidak bisa.

You cannot copy content of this page