Inilah Cara Cek HP Second Agar Tidak Kena Tipu

oleh administrator
3 menit baca
A+A-
Reset
cara cek HP second

Sebagai pembeli yang pintar, wajib tahu cara cek HP second sebelum deal membelinya. Kamu tentu tidak ingin jika hp yang sudah diidamkan, tapi baru bisa beli second-an, justru rusak. Karena hal itu sering terjadi di masyarakat.

Jangan dulu judge orang yang membeli hp bekasan. Sebab, membeli hp bekas harganya akan jauh lebih murah, dibandingkan beli yang baru di konter hp. Untuk itulah, agar kamu tidak kena zonk, harus teliti sebelum membeli.

Jangan sampai sudah membeli, baru beberapa hari sudah tidak hidup lagi. Nanti malah kamu yang rugi sendiri. Penjelasan tentang cara mengecek pembelian hp second ini, berlaku untuk kamu yang beli online atau offline.

Cara Cek HP Second dengan Mudah untuk Pemula

Baru pertama kali mengalaminya, jelas kamu juga masih belum tahu bagaimana cara mengecek HP second itu. Mungkin bisa dilihat dari luar saja, jika memang tidak ada goresan, itu cukup bagus.

Tidak seperti itu, sebab pada bagian luar itu bisa dengan mudah diganti oleh penjualnya. Sebenarnya membeli hp second untung-untungan. Tapi jika sekarang, sudah banyak informasi yang menjelaskan bagaimana membeli hp bekas.

Maka dari itu, kamu jangan mudah tertipu oleh penjual ponsel. Kamu juga harus lebih berhati-hati saat beli ponsel bekas online. Hal itu karena barangnya tidak kamu lihat secara langsung.

Kami sarankan, jika ingin menerapkan cara cek HP second, beli saja di offline store. Jika membeli di toko offline, kamu akan melihat langsung kondisi barangnya seperti apa.

Bagi kamu yang masih pemula dan tetap ingin membeli ponsel bekas, cara yang perlu kamu terapkan adalah :

  1. Cek Bodi HP. Lihat, apakah dari bodi hp tersebut terdapat kecacatan. Tentu kamu juga tidak ingin beli hp dengan layar pecah, bukan?
  2. Jangan lupa, lihat kelengkapan yang dijual bersama hpnya. kelengkapan tersebut umumnya charger ori, jelly case, tempered glass. Untuk tambahan mungkin ada earphone.
  3. Sebelum beli, ada baiknya untuk mengecek harga pasaran bekasnya agar tidak tertipu sang pembeli.
  4. Lihat spesifikasinya. Takut ada yang diubah hingga tidak sesuai fungsi tipe hpnya, jadi cek spesifikasinya.
  5. Cara cek HP second dengan melihat nomor IMEInya. Jika memang sudah terdaftar, itu hp masuknya resmi, bisa menangkap sinyal dengan baik.
  6. Jangan lupa tes beragam fitur yang ada di dalamnya, apakah masih berfungsi atau tidak.
  7. Ada baiknya, pilih hp bekas yang masa garansinya masih ada dan aktif.

Alasan Orang Membeli HP Second Daripada yang Baru

Kenapa harus susah-susah mempelajari cara cek HP second, jika hp baru itu masih banyak yang tersedia. Kamu jangan menyimpulkan seperti itu, karena setiap orang memiliki alasan kenapa lebih memilih hp bekasan.

Pertama, sudah pasti karena harganya yang murah. Ketika membutuhkan dalam waktu cepat, tidak perlu berhutang, sanggup beli cash. Kedua, membeli hp bekas juga dapat menjaga lingkungan dari limbah teknologi.

Sementara limbah teknologi itu sangat sulit untuk dihancurkan. Ketiga, ketika ingin dijual lagi juga harganya tidak terlalu jauh saat kamu membelinya waktu itu.

Keempat, bisa membantu orang yang sedang kesulitan. Mungkin mereka menjual ponselnya karena sedang butuh dana darurat. Ketika kamu membelinya, itu membantu orang tersebut.

Dan kelima, alasan membeli hp bekas karena ingin memiliki dua hp untuk kepentingannya sendiri. Dari pada harus membeli hp baru yang mahal, lebih baik ponsel cadangannya bekasan saja.

Tapi jika kamu memang menemukan iklan hp bekas di media sosial, mintalah untuk bertemu langsung. Jadi, nanti bisa menggunakan cara cek HP second agar dapatkan barang yang terbaik.

Originally posted 2023-08-10 22:05:20.

Rekomendasi Untuk Anda

Sinyaltekno merupakan media online yang memiliki visi “Media Terpercaya”. Dengan misi memberikan informasi terbaru tentang “Teknologi”.

@2022 – All Right Reserved. Designed and Developed by Sinyaltekno

Adblock Terdeteksi

Harap dukung kami dengan menonaktifkan ekstensi AdBlocker Anda dari browser Anda untuk situs web kami.