Honeypot Crypto adalah

Honeypot Crypto Adalah? Ini Dia Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Dunia online merupakan dunia yang rawan sekali dengan peretasan. Ini juga dialami di dunia Metaverse. Salah satu cara mengatasinya yaitu dengan Honeypot Crypto. Lalu, Honeypot Crypto adalah?

Pengertian Honeypot Crypto

Honeypot Crypto adalah sebuah smart contract yang dibuat untuk menjadi jebakan virtual bagi para peretas dan kriminal di dunia Metaverse Crypto.

Caranya yaitu menggunakan sistem komputer yang dibuat sedemikian rupa sehingga tampak mudah untuk disusupi oleh para peretas. Nah, nantinya para peretas akan dengan leluasa masuk dan mengeksploitasi platform tersebut.

Kemudian, para developer akan mempelajari cara kerja mereka, sehingga bisa digunakan dalam mengatasi dan meningkatkan keamanan kripto.

Jadi, Honeypot Crypto adalah sebuah teknologi yang bisa digunakan untuk membantu mempelajari cara kerja peretas dalam melakukan aksinya. Ini akan sangat membantu para developer untuk menyelidiki berbagai tindakan tindakan kriminal yang dilakukan peretas tersebut.

Selain itu, tim keamanan cyber juga akan bisa melakukan tindakan preventif kedepannya bila sewaktu-waktu terjadi kejahatan di dunia Metaverse kripto ini. Itulah tujuan dibuatnya teknologi Honeypot Crypto.

Lalu, apa itu Metaverse Crypto? Ini merupakan proses transaksi yang dilakukan menggunakan alat pembayaran kripto yang berlaku di dunia virtual.

Jenis-Jenis Honeypot Crypto

Untuk variasi dari Honeypot sendiri ada banyak, berdasarkan model penyebaran dan desainnya. Namun, fungsinya tetap sama, yaitu sebagai jebakan para hacker. Berikut ini berbagai jenis dari Honeypot berdasarkan jenis interaksi dan smart contract-nya.

Berdasarkan Penerapan Smart Contract dan Desain yang Digunakan

  1. Production Honeypot

Kegunaan dari Production Honeypot adalah untuk menipu peretas dan bisa juga digunakan dalam mendeteksi berbagai jaringan yang aktif. Dengan menggunakan Honeypot, peluang dalam memantau sebuah jaringan menjadi lebih luas.

👉 TRENDING:   4 Pilihan Cara Investasi di Metaverse, Selamat Mencoba!

Selain itu, Honeypot juga mampu menutupi celah deteksi umum dengan mengidentifikasi pergerakan lateral. Dengan begitu, akan bisa mendapatkan data tetapnya.

  1. Research Honeypot

Research Honeypot ini cenderung bekerja dengan mendapatkan informasi terkait kerentanan, peretas, dan jenis malware yang digunakan oleh peretas dalam menjalankan aksinya. Caranya dengan mengamati dan melihat lingkungan dari jaringan serta dunia luarnya.

Berdasarkan Jenis Interaksi Honeypot

  1. High Interaction Honeypot

Honeypot jenis ini mampu digunakan dalam mengoperasikan layanan dalam skala jumlah yang besar. Namun, kelemahannya yaitu hanya cukup untuk menyimpan sedikit data. Selain itu, termasuk Honeypot yang kurang canggih.

  1. Mid Interaction Honeypot

Mid Interaction Honeypot bekerja dengan menirukan karakteristik dari lapisan aplikasi yang ada. Namun, Honeypot ini tidak memiliki sistem operasi terkait.

Sistem kerjanya yaitu dengan mengganggu atau membuat peretas bingung, sehingga mampu mengulur waktu supaya bisa digunakan untuk mencari cara dalam mengatasi peretasan tersebut.

  1. Low Interaction Honeypot

Jenis Honeypot yang satu ini adalah yang paling populer di antara yang lainnya. Cara kerjanya yaitu dengan menjalankan beberapa layanan. Selain itu, low interaction Honeypot ini berfungsi sebagai alat pendeteksi peringatan dini.

Honeypot jenis ini banyak digunakan developer untuk dipasang dalam jumlah yang banyak sebagai tindakan preventif dalam mencegah serangan peretas karena mudah untuk dipersiapkan.

  1. Pure Honeypot

Jenis yang satu ini biasanya digunakan dalam skala-skala besar di banyak server. Selain itu, pure Honeypot juga dipenuhi dengan sensor dan informasi penting dari data pengguna maupun data-data rahasia lainnya.

Maka tidak heran bila informasi tersebut tetap dikelola dengan baik karena termasuk ke dalam data-data berharga yang harus dilindungi. Di sinilah peran dari pure Honeypot.

Jadi, kesimpulannya Honeypot Crypto adalah jebakan untuk menangkap para peretas dan pelaku tindak kriminal di dunia virtual. Berdasarkan jenis-jenisnya, Honeypot Crypto dibagi berdasarkan desain dan jenis interaksinya. Namun, fungsinya mereka tetap sama.

👉 TRENDING:   Mudah! Begini Cara Belajar NFT untuk Pemula

You cannot copy content of this page