DNS pribadi Android
Ilustrasi Melakukan Penyetingan Pada DNS pribadi Android. Foto: xFrame.io

Cara Melakukan Penyetingan Pada DNS Pribadi Android

Tahukah kamu bagaimana cara melakukan penyetingan pada DNS pribadi Android? Ternyata melakukan penyetingan tersebut sangatlah mudah bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa membutuhkan tenaga profesional.

Namun sebelumnya kamu harus mengetahui terlebih dahulu sistem operasi Android apa yang digunakan pada HP ataupun ponsel pintar kamu. Karena ada cara yang berbeda untuk menyeting DNS pribadi pada HP Android tergantung pada sistem operasinya.

Jika kamu mempunyai HP Android dengan sistem operasi Android 9 ke atas maka bisa menggunakan cara terbaru. Namun apabila kamu menggunakan HP Android yang memiliki sistem operasi Android 8 ke bawah maka harus menggunakan sistem penyetingan lama.

Pengertian DNS

Sebelum melakukan penyetingan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu DNS yang merupakan singkatan dari domain name server. Ini merupakan sistem yang menghubungkan IP address dengan URL dan biasanya digunakan ketika mengakses internet.

Sementara private DNS merupakan fitur yang bisa melindungi privasi pengguna ketika melakukan pencarian pada berbagai website di internet. Sehingga ketika kamu menggunakan private DNS, kamu bisa mendapatkan perlindungan dari pihak yang tidak diinginkan.

DNS mempunyai fungsi yaitu untuk meminta informasi IP address dari situs berdasar pada nama domain yang digunakan pada situs web tersebut. Kemudian DNS juga berfungsi untuk meminta informasi dari situs web berdasarkan IP address yang diinputkan oleh user.

Cara Setting DNS Pribadi Android 9 5G

Cara penyetingan DNS pribadi yang akan dibahas pada artikel ini hanya untuk penyetingan Android 9 yang sudah mempunyai jaringan HP 5G terbaik. Karena HP yang ada saat ini sudah menggunakan Android 9 ke atas dan sudah jarang orang menggunakan Android 8.

Simak berikut ini langkah-langkahnya :

  • Pertama kamu buka terlebih dahulu menu pengaturan pada HP
  • Lalu masuk pada pilihan sub menu jaringan dan internet
  • Selanjutnya pilih DNS pribadi
  • Kemudian pilih atau isi hostname penyedia DNS pribadi sesuai dengan domain yang ingin dipakai
  • Apabila sudah kamu bisa memilih pada tombol simpan untuk menyimpan settingan DNS

Dengan menggunakan settingan DNS pribadi atau private, kamu bisa menjaga keamanan ketika melakukan aktivitas berselancar di Internet. Apalagi aktivitas secara online merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan dengan baik untuk menjaga keamanan.

Selain menjaga keamanan, kamu juga bisa mendapatkan penjagaan lebih baik jika merupakan pekerja di bidang IT yang berhubungan dengan website. Pengaturan DNS juga bisa digunakan untuk mengatur koneksi VPN tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Dengan menggunakan DNS pribadi Android maka kemungkinan kamu bisa mendapat koneksi internet yang lebih cepat dan aman. Walaupun fungsinya bisa berbeda dengan penggunaan VPN yang menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan berbagai fitur lengkap.

Selain menggunakan aplikasi settingan bawaan dari HP kamu juga bisa menggunakan berbagai aplikasi pihak ketiga lain untuk melakukan penyetingan DNS. Salah satunya kamu bisa menggunakan cloudflare yang banyak digunakan sebagai aplikasi settingan DNS terbaik.

Selain itu perlu diperhatikan juga situs DNS pribadi khusus yang akan digunakan apakah masih aktif dan aman untuk digunakan atau tidak. DNS pribadi yang tepat biasanya juga mempunyai fungsi sama seperti VPN yaitu bebas dari situs blokir pemerintah.

Itulah beberapa cara mengaktifkan DNS pribadi Android bisa kamu gunakan untuk mengakses situs terblokir atau berbagai kebutuhan lainnya. Perlu diketahui walaupun menggunakan DNS sebaiknya kamu tetap berhati-hati agar terhindar dari virus.

You cannot copy content of this page