ciri ciri IC HP Rusak

Ciri Ciri IC HP Rusak Android

HP Android mempunyai komponen penting yaitu IC yang bisa berpengaruh pada HP jika mengalami kerusakan. Penting bagi anda untuk mengetahui ciri ciri IC HP Rusak agar bisa segera mengatasi kerusakannya dan tidak merambat pada komponen HP yang lain.

IC sendiri merupakan singkatan dari Integrated Circuit atau jika dialih bahasakan adalah sirkuit terpadu. IC Seringkali disebut dengan CHIP dengan fungsi yang berbeda-beda pada setiap komponen HP, misalnya seperti IC Audio, IC Charger, IC Bluetooth dan lainnya.

Ciri Ciri IC HP Rusak

Ada beberapa ciri HP yang mengalami rusak IC dan membuat HP tidak berjalan sebagaimana mestinya. Agar lebih jelasnya simak berikut ini beberapa ciri HP yang mengalami kerusakan pada komponen IC.

1. HP Mati Total

HP anda akan mengalami kondisi mati total apabila mengalami kerusakan pada komponen IC Power. Biasanya HP yang rusak IC Power tidak akan merespon sama sekali ketika menekan tombol power, bahkan tanpa muncul tanda getar dan terlihat layar HP hitam.

Apabila HP mengalami kerusakan sistem, kemungkinan masih akan ada tanda getar dan bisa diperbaiki dengan cara instal ulang. Jika HP mati total karena IC rusak biasanya juga tidak akan muncul sama sekali notifikasi ketika HP dicas walaupun muncul LED charging.

2. HP Tidak Bisa Dicas

Selain kerusakan pada IC power yang membuat HP menjadi mati dan tidak bisa menangkap sinyal atau jaringan internet. Ada juga ciri ciri kerusakan IC pada charger yang membuat  HP menjadi tidak bisa dicas.

Jika HP anda disambungkan pada charger namun tidak kunjung penuh baterainya, walaupun notifikasi LED menandakan sedang proses pengisian. Kemungkinan besar ada masalah dan kerusakan pada IC charger yang membuat HP anda tidak bisa dicas.

3. Sinyal Hilang

Sinyal hilang juga bisa menjadi ciri kerusakan IC power pada HP, walaupun anda sudah mengganti kartu SIM. Masalah sinyal yang terjadi biasanya seperti sinyal yang hilang, tidak stabil atau bahkan tidak ada sinyal sama sekali.

Selain sinyal yang hilang biasanya kartu SIM juga tidak terbaca sama sekali ketika IC power mengalami kerusakan yang lebih parah. Jika demikian sebaiknya anda segera menghubungi service HP sesuai pabrik Hp masing-masing.

4. Baterai Boros dan Gampang Mati

Mungkin anda sering melihat atau pernah mengalami HP yang boros baterai dan gampang mati walaupun baterai masih terisi. Jika demikian kemungkinan besar HP mengalami kerusakan pada IC Power.

Biasanya IC power yang rusak akan membuat kinerja baterai menurun dengan cepat, baterai yang biasanya bisa bertahan cukup lama akan mengalami perubahan. HP juga lebih sering mati padahal HP masih memiliki daya setengah atau hampir penuh.

5. Tidak Terdeteksi Tegangan Pada Power Supply

Anda bisa melakukan pengecekan tegangan HP menggunakan power supply yang mempunyai indikator tegangan. Apabila ketika di cek menggunakan power supply tidak muncul tegangan maka bisa dipastikan HP anda mengalami kerusakan pada IC power.

Apabila anda mengalami kerusakan pada IC power bisa diperbaiki dengan cara mengganti IC power dengan yang baru. Sebaiknya anda selalu menggunakan jasa dari service center sesuai dengan pabrikan HP masing-masing agar bisa mendapatkan perbaikan maksimal.

Itulah beberapa ciri ciri IC HP Rusak yang harus anda ketahui agar bisa segera melakukan perbaikan ketika mulai muncul tanda-tanda kerusakan. Biaya perbaikan untuk mengganti IC baru biasanya berbeda tergantung merek HP mulai dari Rp 10.000 s.d Rp 100.000.

You cannot copy content of this page