cek lokasi HP lewat IMEI

HP mu Hilang? Jangan Panik, Cek Lokasi HP Lewat IMEI

HP yang hilang pasti akan membuat seseorang menjadi khawatir. Namun saat ini jika HP kamu hilang, jangan khawatir, saat ini kamu bisa menemukan HP mu Kembali dengan cek lokasi HP lewat IMEI.

Cara Mengetahui Nomor IMEI Pada HP

IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan nomor unik dengan 15 digit yang bisa kamu temukan di setiap HP. Nomor ini adalah sertifikat identitas HP yang tidak bisa dihilangkan ataupun diubah.

Jadi jika kamu ingin membeli HP, jangan lupa untuk mengatur nomor IMEI. Tujuannya yakni untuk memastikan HP yang kamu beli bukan barang curian. Tak hanya itu nomor IMEI juga berfungsi untuk menemukan HP  jika hilang.

Jadi jika HP mu hilang kamu bisa cek lokasi HP lewat IMEI ini. pasalnya setiap HP yang menggunakan jaringan tertentu untuk menerima atau melakukan panggilan, nomor IMEI kamu secara otomatis akan terpancar dan bisa dilacak.

Berikut beberapa cara untuk mengetahui nomor IMEI HP mu:

1. Melakukan Panggilan Di *#06#*

Cara mengetahui nomor IMEI yang pertama yakni dengan fitur telepon. Kamu tinggal mengetikkan di tombol nomor *#06*#. Tidak usah klik pada tombol panggilan, karena dengan mengetikkan nomor itu saja nomor IMEI HP kamu sudah muncul.

Perlu kamu ketahui jika car aini hanya bisa kamu gunakan selama HP mu terkoneksi internet., GPS, serta saat ponsel sedang aktif atau menyala dan terdapat kartu SIM di dalamnya.

2. Dilihat Dari Setting HP

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek nomor IMEI di menu “setting” di HP kamu. Selanjutnya cari bagian “about phone”atau “tentang telepon”. Nah jika nomor IMEI mu sudah tau kamu bisa cek lokasi HP lewat IMEI.

3. Dilihat Di Kardus HP

Semua produsen HP saat ini sudah menampilkan nomor IMEI di kardus HPnya. Jadi kamu bisa mencarinya di kardus HP dan pastikan kardus tersebut tidak hilang untuk mempermudah mengetahui nomor IMEI HP mu.

4. Dilihat Di Belakang HP

Selain di kardus HP, kamu juga bisa menemukan nomor IMEI di belakang HP mu. Namun car aini tidak bisa digunakan jika HP mu sedang hilang. Jadi disarankan untuk mencatat nomor IMEI kamu untuk berjaga-jaga dan kamu bisa cek lokasi HP lewat IMEI.

Cara Melacak HP dengan IMEI

Jika kamu sudah mengetahui nomor IMEI pada HP mu, kamu bisa cek lokasi HP lewat IMEI. Berikut cara melacak lokasi HP yang hilang dengan IMEI:

1. Cek Nomor IMEI

Cara mengetahui IMEI sudah dijelaskan diatas yakni dengan melakukan panggilan ke *#06*#, dilihat di setting HP, dilihat di kardus HP, dan dilihat di belakang HP kamu. Cara ini berlaku untuk semua jenis ponsel baik system android maupun apple.

2. Hubungi Pihak Berwenang

Jika kamu sudah mengetahui nomor IMEI, maka selanjutnya kamu bisa meminta bantuan polisi untuk melacak ponsel yang hilang. Hal ini dikarenakan Sebagian besar kepolisian melakukan pelacakan ponsel dengan mengandalkan nomor IMEI tracker Indonesia.

Sebelum kamu meminta bantuan kepada polisi, kamu harus meminta surat keterangan hilang dari pihak yang berwajib untuk meminta pihak kepolisian melacak HP hilang. Meski agak ribet, namun car aini sangat aman karena data privasi kamu lebih terjaga.

3. Hubungi Call Center Operator Ponselmu

Selain meminta bantuan di pihak yang berwajib maka kamu bisa meminta bantuan dari call center operator ponselmu. Caranya, beritahu nomor IMEI mu dan nomor ponselmu kepada pihak operator yang nantinya akan membantu cek lokasi HP lewat IMEI.

Cara Melacak HP Selain Menggunakan IMEI

Ada beberapa cara lain untuk menemukan HP mu selain menggunakan IMEI. Cara ini bisa digunakan untuk HP yang hilang dalam keadaan mati maupun hidup, berikut diantaranya:

1. Menggunakan Email

Cara selain cek lokasi HP lewat IMEI yang pertama yakni dengan menggunakan email. Cara ini bisa kamu lakukan saat online tanpa aplikasi. Ikuti Langkah-langkah dibawah ini untuk menemukan HP mu:

  • Buka browser, baik itu chrome, mozilla, atau browser lainnya untuk login email.
  • Lalu masukkan kata di kolom pencarian ‘Find Your Phone’
  • Nah ketika pencarian keluar, kamu bisa melihat smartphone mana saja yang terdaftar pada email.
  • Selanjutnya pilih HP yang hilang di daftar hasil pencarian
  • Setelah itu isi password untuk melakukan verifikasi
  • Pilih Locate untuk masuk ke fitur Find My Device
  • Nah dengan fitur ini email yang terdaftar akan terkunci dan diamkan oleh sistem penyedia email dan kamu bisa mulai mencari lokasinya.

2. Menggunakan GPS

Cara melacak lokasi HP yang hilang selanjutnya yakni dengan menggunakan GPS. Alternatif ini bisa kamu gunakan bahkan HP kamu dalam keadaan mati lho. Caranya ikuti Langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka aplikasi google pada HP lain
  • Selanjutnya klik ikon garis tiga di pojok kiri atas
  • Klik ikon dropdown lalu masukkan akun google yang kamu gunakan pada HP yang hilang.
  • Lalu tambahkan akun google dengan klik ‘add account’
  • Selanjutnya kamu bisa muai melacak lokasi terakhir dengan pilih opsi ‘your timeline’ dan mulailah mencari lokasi terakhir HP kamu yang hilang.
  • Dengan ini HP dalam keadaan mati pun tetap bisa terlacak dengan cara tracking lokasi terakhir sebelum HP dalam keadaan mati. Klik ikon kalender dan pilih tanggal yang diinginkan untuk mengetahui  lokasi terakhir.

3. Menggunakan Aplikasi WhatsApp

Melacak HP hilang dengan whatsapp ini merupakan cara selain cek lokasi HP lewat IMEI selanjutnya. Kamu bisa melakukannya dengan Langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi whatsapp, lalu cari kontak yang ingin kamu lacak lokasinya.
  • Klik icon lampiran atau attachment, ikon berbentuk penjepit kertas di pojok kanan bawah itu lho.
  • Kemudian pilih lokasi dan pilih opsi ‘bagikan lokasi terkini’
  • Klik selanjutnya
  • Selanjutnya akan muncul kotak berisi pembagian lokasi, lalu pilih waktu sesuai keinginan kamu dan klik selanjutnya.
  • Lokasi yang sudah di bagikan tersebut bisa untuk melihat lokasi terkini.
  • Setelah itu tinggal klik ‘dapatkan arah’ dan masuk pada google maps untuk melihat dimana perangkat HP kamu hilang.

4. Menggunakan Aplikasi Bawaan HP

Jika HP kamu hilang, maka selain cara diatas kamu bisa menggunakan aplikasi bawaan HP, yakni Google ADM. Namun cara melacak lokasi HP yang hilang menggunakan aplikasi ini hanya bisa dilakukan ketika kondisi HP mu aktif. Berikut Langkah-langkahnya:

  • Gunakan perangkat lain untuk mengakses Google ADM
  • Lalu masukkan email dan password yang terhubung pada HP yang hilang dan mulailah pelacakan dengan mengklik “Accept”
  • Aplikasi ini nantinya akan menampilkan merek dan tipe HP yang terdaftar pada email.
  • Setelah itu pilih merek HP yang ingin kamu lacak keberadaannya.
  • Selanjutnya Google ADM akan menampilkan lokasi terakhir dari HP kamu yang hilang.

Penutup

Itulah cara cek lokasi HP lewat IMEI maupun dengan cara yang lainnya. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pelacak seperti Where’s My Droid, Find My Device, CrookCatcher dan lain sebagainya juga lho.

Apapun caranya itu hanya sebagai alternatif untuk menemukan HP kamu Kembali, namun tetap hati-hati saat membawa HP agar tidak hilang ataupun tertinggal. Semoga bermanfaat!

You cannot copy content of this page