Cara Screenshoot HP Samsung

Cara Screenshot HP Samsung Tanpa Ribet

Cara screenshot HP Samsung yang menjalankan sistem operasi Android bisa dilakukan dengan beberapa cara. Metode ini bahkan dianggap lebih efisien dan cepat karena tidak perlu menggunakan pemasangan aplikasi tambahan lagi.

Kamu bisa melakukannya dengan cepat dan tanpa ribet, karena memanfaatkan sistem bawaan ponsel. Selain dari pabrikan Samsung sendiri, sistem operasi Android juga membantu proses mendapatkan tangkapan layar tersebut dengan mudah.

Cara Screenshot HP Samsung dengan Mudah dan Tanpa Ribet

Setidaknya ada tiga metode yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan tangkapan layar dengan menggunakan ponsel Samsung. Mulai dari menggunakan tombol power plus volume bawah, usapan jari tangan, hingga menu asisten.

1.      Menggunakan tombol power dan volume bawah secara bersamaan

Metode dengan menggunakan tombol ini termasuk yang paling mudah, karena kamu hanya tinggal menekan power dan volume secara bawah bersamaan. Tunggu hingga muncul layar pop-up kecil kemudian pilih ‘Scroll Capture’.

Cara screenshot HP Samsung ini akan menampilkan hasil tangkapan layar dengan menggulirkan tanda panah lewat ‘Scroll Capture’. Tekan ‘Preview’ untuk melihat hasilnya dan gambar akan tersimpan secara otomatis di galeri.

2.      Memanfaatkan fitur usapan telapak tangan

Metode berikutnya adalah dengan memanfaatkan usapan jari tangan lewat fitur ‘Palm swipe to capture’. Mode ini adalah merupakan bawaan dari perangkat Samsung secara eksklusif untuk menghasilkan tangkapan layar dengan cepat.

Untuk mengaktifkannya, masuk ke menu ‘Settings’, pilih ‘Advanced features’, klik ‘Motion and gestures’ kemudian gulirkan toggel ‘Plam Switch to capture’. Selamat! kamu sudah bisa melakukan tangkapan layar dengan telapak tangan.

3.      Lewat menu asisten bawaan sistem

Cara screenshot HP Samsung berikutnya adalah mengaktifkan menu asisten atau assistant menu bawaan sistem. Masuk ke ‘Settings’, pilih ‘Accessibility’, pilih ‘Interaction and dexterity’ kemudian geser toggle “Assistant menu” menjadi ‘On’.

Jika telah diaktifkan, menu asisten tersebut akan muncul dalam bentuk ikon kecil di layar home. Kamu bisa mengetuknya satu kali saja kemudian memilih opsi ‘Screenshot’ jika ingin membuat tangkapan layar.

Cara Screenshot dengan Menggunakan Aplikasi Tambahan

Tangkapan layar juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan yang harus dipasang terlebih dahulu. Bagi pengguna sistem operasi Android, ada beberapa aplikasi yang bisa dipilih lewat ulasan di bawah ini.

1.      Aplikasi Screen Master

Cara screenshot HP Samsung dengan menggunakan aplikasi Screen Master sangat cocok bagi kamu yang menginginkan hasil berkualitas. Aplikasi ini mampu menghasilkan tangkapan layar dengan kualitas HD sehingga mirip dengan aslinya.

Secara kapasitas, Screen Master juga tidak memberatkan penyimpanan internal karena hanya memakan ruang sebesar 5MB. Sistemnya akan menyediakan tiga opsi untuk screenshot, yakni Shaking device, Floating button, hingga Web capture.

2.      Aplikasi Quick Capture

Salah satu kelebihan dari Quick Capture adalah mode high-speed miliknya ketika digunakan untuk menangkap tampilan layar. Kamu juga diberi opsi untuk memotong hasil tangkapan layar tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Cara screenshot HP Samsung menggunakan Quick Capture bisa menjadi opsi terbaik jika menggunakan aplikasi tambahan. Hasil gambar juga bisa disimpan dengan cara memilih folder penyimpanan di dalam memori internal ponsel.

3.      Aplikasi Splend Apps

Splends Apps memberikan beberapa opsi untuk menangkap tampilan layar ketika digunakan, yakni lewat tombol overlay. Di mana posisinya bisa dikustomisasi lewat opsi shutter, bar notifikasi otomatis, hingga pengaturan tombol fisik.

Hasil dari tangkapan layar nantinya akan ditampilkan menjadi sebuah galeri sebagai view area. Kamu bisa melihat kualitas dari screenshot tersebut secara lebih mudah, dengan opsi tambahan untuk membagikannya lewat sosmed.

Mengambil tangkapan layar menggunakan Samsung tidak hanya mudah dilakukan, tapi juga memberikan banyak pilihan, kamu bisa memanfaatkan fitur bawaan sistem atau memasang aplikasi sebagai cara screenshot HP Samsung sesuai pilihan.

You cannot copy content of this page