3 Cara Rekam Layar Laptop Mudah di Windows 10

3 Cara Rekam Layar Laptop Mudah di Windows 10

Cara rekam layar laptop dalam beberapa kondisi biasanya mengharuskan kamu untuk bisa melakukannya pada operasi sistem windows. Merekam layar laptop ini bisa dilakukan tanpa atau dengan sebuah perangkat lunak atau aplikasi komputer.

Tidak perlu keterampilan khusus untuk mengetahui cara merekam layar laptop yang bisa dilakukan dengan mudah. Kamu yang masih kebingungan bisa mengikuti cara merekam layar dengan mudah di laptop.

Beberapa situasi yang biasanya membuat kamu ingin tahu cara rekam layar di laptop ini antara lain streaming saat bermain game online, dokumentasi dan masih banyak aktivitas lainnya. Jadi berikut ini adalah informasi mengenai cara rekam laptop di windows 10.

3 Cara Rekam Layar Laptop Mudah di Windows 10

Windows 10 menjadi operasi sistem yang banyak menarik perhatian penggunanya dan jadi salah satu operasi sistem yang banyak digunakan oleh pengguna. Alasannya karena Operasi Sistem bentuk upgrade dari versi terdahulu seperti windows 8 dan windows 7.

Windows 10 ini dikenal dengan banyaknya fitur-fitur canggih yang bisa di gunakan oleh penggunanya. Salah satunya cara rekam layar laptop mudah di Windows 10 yang bisa dilakukan tanpa aplikasi.

Merekam layar di laptop dengan operasi sistem windows 10 dapat dilakukan dalam berbagai cara, berikut ini secara lengkap kumpulan cara rekam layar mudah diikuti.

  1. Windows + G

Cara pertama dapat kamu gunakan di operasi sistem windows 10, proses perekaman ini tidak perlu menggunakan aplikasi lagi untuk melakukannya. Karena Windows 10 sudah dilengkapi dengan fitur canggih untuk merekam layarnya.

Nama fitur ini biasa disebut dengan Xbox Game Bar, cara rekam layar laptop juga sangat mudah untuk diikuti. Pertama kamu bisa masuk ke menu Windows lalu dilanjutkan dengan mencari menu untuk gaming.

Kamu harus masuk ke menu lainnya yaitu game bar dan lakukan pengaktifan. Setelah game bar ini aktif maka cara rekam layar juga bisa dijalani dengan memencet tombol shortcut Windows+G.

Kamu akan dimunculkan dengan ikon capture atau webcam pilih menu tersebut, dan selanjutnya halaman baru yang memperlihatkan tombol rekam atau ikon titik dua besar. Klik Rekam untuk mulai merekamnya.

Sedangkan jika ingin menghentikan perekaman bisa langsung klik Stop atau ikon kotak yang berwarna hijau. Nantinya video hasil perekamanannya akan ada di folder video lalu klik captures.

  1. Menggunakan ekstensi chrome

Cara lain yang bisa diikuti oleh kamu adalah menggunakan ekstensi chrome. Ini merupakan salah satu cara rekam layar laptop di windows 10 yang direkomendasikan karena kamu hanya tinggal mengaplikasikannya pada chrome tanpa mengunduh aplikasi baru lagi.

Jenis ekstensi ini disebut dengan Awesome Screenshot and Screen Recorder. Langkah pertama adalah kamu buka Chrome dan carilah aplikasi Screen Recorder atau perekaman layar di Chrome Web Store.

Setelah menemukan ekstensi untuk merekam layar selanjutnya klik Add to Chrome. Lanjutkan dengan membuka menu ekstensi yang biasanya berada di pojok kanan atas. Klik dan aktifkan pin tersebut.

Ikon untuk merekam biasanya akan muncul di bagian pojok kanan atas, cara rekam layar windows 10 dengan aplikasi ekstensi ini kamu bisa langsung klik ikon tersebut dan pilih recorder.

Jika sudah selesai kamu bisa pilih stop recording. File nantinya akan tersimpan pada laptop dengan baik jadi kamu tidak perlu khawatir jika videonya tidak tersimpan.

  1. OBS Studio

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi bernama OBS Studio. Cara rekam layar laptop dengan OBS Studio ini juga sangat simpel hanya saja diawal kamu hanya perlu memasang aplikasi komputernya di laptop kamu.

Jika sudah dipasang, kamu bisa langsung memilih menu sources, lalu klik ikon +. Kamu akan menemukan display capture, lalu ketik judul sesuai dengan yang diinginkan.

Klik start recording jika ingin memulainya. Dan stop recording setelah mempermudah proses perekaman. Hasil rekamnya akan ada tersimpan di perangkat kamu dengan baik.

Masih ada beberapa cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk bisa merekam layar laptop. Cara rekam layar laptop di windows 10 bisa dilakukan dengan sangat mudah tanpa aplikasi atau juga dengan aplikasi sekalipun.

You cannot copy content of this page