cara menyambung laptop ke proyektor

Cara Mudah Menyambungkan Laptop Ke Proyektor

Disuruh bos untuk melakukan presentasi, tetapi tidak bisa menghubungkan laptop ke proyektor? Ini dia cara mudah untuk menyambung laptop ke proyektor. Simak artikel ini sampai selesai ya agar kamu mengetahui cara menyambung laptop ke proyektor!

Sebelum kita menghubungkan laptop ke dalam proyektor, Kamu tentunya membutuhkan laptop dan proyektor. Jika laptop kamu  tidak mendukung , maka kamu  membutuhkan hardware laptop berupa  kabel HDMI atau kabel VGA untuk menghubungkan laptop ke proyektor.

Bagaimana jika Laptop kamu  tidak bisa dipasang dengan menggunakan HDMI atau VGA? Maka solusi lainnya dengan menggunakan converter yang ada di laptop Anda.

Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor

Bagaimana cara menyambung laptop ke proyektor dengan menggunakan hardware laptop berupa HDMI dan VGA?

  1. Caranya dengan memasang kabel VGA atau HDMI ke dalam laptop atau converter laptop milik Anda
  2. Kemudian menyambungkan kabel ke dalam port yang sesuai dengan proyektor yang ada
  3. Apabila sudah terhubung, Anda bisa menekan tombol Windows +P secara bersamaan
  4. Kemudian kamu akan menemukan berbagai pilihan output sesuai dengan kebutuhan kamu

1. Cara Menyambungkan Laptop Windows 10  ke Proyektor

Untuk cara menyambung laptop ke proyektor dengan Windows 10 ini sedikit berbeda. Untuk itu kita akan memberikan step by step untuk menghubungkan laptop tersebut.

  1. kamu bisa masuk ke dalam Menu Display Setting. Caranya mudah dengan klik kanan layar desktop kemudian memiliki Display Setting
  2. Lalu pilih Display dan masuk dalam opsi Advanced Display Settings.
  3. Pilih opsi Advanced Settings of Text and Other Items.
  4. Setelah itu kamu akan pergi ke bagian Control Panel, dan memilih Project To a Second Screen yang terletak di kiri atas layer, dan pilih Duplicate.
  5. Sekarang laptop kam bisa menggunakan proyektor dan sudah terhubung.

2. Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor Windows 7

Terdapat perbedaan untuk menghubungkan laptop dengan menggunakan Windows 10 dan Windows 7 walaupun sama-sama menggunakan sistem operasi Windows. Untuk itu kami  akan memberikan cara menyambung laptop ke proyektor dengan Windows 7.

  1. Klik tombol start atau logo Windows yang ada di pojok kiri bawah layer, kemudian klik opsi Control Panel
  2. Selanjutnya akan muncul menu pilihan, kita bisa memilih menu Hardware and Sound.
  3. Ketika sudah membuka kemudian terlihat opsi Connect to a Projector, jangan lupa untuk klik.
  4. Kemudian memunculkan  4 opsi pilihan untuk proyektor, yakni Computer Only, Extend, Duplicate, dan Projector Only.  Semuanya bisa dipakai, tergantung dengan kebutuhan, tetapi yang sering digunakan adalah Duplicate.

3. Cara Menyambungkan Laptop ke Proyektor dengan Sistem operasi Mac

Biasanya untuk menyambungkan laptop ke proyektor dengan menggunakan laptop Mac ini dibutuhkan beberapa kabel  seperti USB-C, HDMI, dan VGA. Sayangnya tidak semua Laptop ini memiliki port seperti 3 kabel diatas.

Berbeda dengan laptop windows yang terkadang sudah tersedia port kabel tersebut, jadi tidak memerlukan hub connector lagi seperti laptop Mac ini.

Untuk laptop Mac membutuhkan 3 kabel tersebut dengan cara yang sama seperti yang dilakukan pada laptop Windows. Dengan cara itulah kamu bisa melakukan presentasi dengan mudah kepada bos dan rekan-rekan yang ada di kantor.

Itulah cara menyambung laptop ke proyektor dengan mudah di berbagai sistem operasi laptop. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian.

You cannot copy content of this page