Cara mengirimkan video lewat Gmail

2 Macam Cara Mengirimkan Video Lewat Gmail

Kemajuan teknologi sekarang mempermudah orang untuk mengirim file video lewat berbagai layanan, termasuk Gmail. Cara mengirimkan video lewat Gmail sendiri mudah untuk dilakukan. Bahkan kamu juga bisa kirim folder lewat email yang berisi beberapa video.

Sebagian besar pengguna Gmail mungkin sudah tahu bagaimana cara mengirim video lewat email. Namun jika kamu masih bingung dalam melakukannya, jangan khawatir karena kami akan menjelaskan hal tersebut dalam artikel ini.

Akan tetapi, sebelum itu, ketahuilah bahwa video yang bisa dikirim lewat Gmail hanya video yang berukuran tidak lebih dari 25 MB. Apabila video yang ingin kamu kirim melebihi batas tersebut, maka simpan file-nya di Google Drive lalu kirimkan link-nya saja melalui Gmail.

Cara Mengirimkan Video Lewat Gmail dari Penyimpanan Perangkat

Jika video kamu ada di dalam penyimpanan perangkat, maka kamu bisa menggunakan cara sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi Gmail

Untuk membuka aplikasi Gmail, klik ikon aplikasinya yang tampak seperti huruf “M” berwarna biru, merah, kuning, dan hijau dengan latar belakang putih. Jika sudah termuat, maka Gmail akan menampilkan kotak masuk email kamu.

Namun jika kamu belum login, maka kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email dan kata sandi terlebih dahulu.

2. Buat Email Baru

Selanjutnya, buatlah email baru dengan cara mengklik ikon bergambar pensil dengan tulisan “Tulis”. Ikon tersebut biasanya berada di pojok sebelah kanan bawah.

Apabila kolom tempat penulisan email sudah terbuka, masukkan alamat email penerima serta subjek email dan juga isi badan email-nya. Jika kamu ingin mengirimkan video ke lebih dari satu orang, maka kamu bisa juga memasukkan beberapa alamat email di kolom yang tersedia.

3. Lampirkan Video

Nah, untuk melampirkan file video, klik saja ikon yang berbentuk menyerupai klip kertas. Ikon ini biasanya berada di pojok kanan atas layar. Lalu kamu mungkin perlu menyentuh tombol “OK” untuk mengizinkan Gmail mengakses penyimpanan perangkat.

Setelah itu, pilih video yang ingin dikirimkan dengan cara pergi ke lokasi penyimpanan videonya terlebih dahulu. Jika sudah menemukan file videonya, klik file tersebut dan klik “Choose”.

4. Kirim Email

Jika semua dirasa sudah pas, kirimkan email dengan mengklik ikon bergambar pesawat kertas yang berada di pojok kanan atas layar. Setelah itu, email kamu yang memuat lampiran file video akan dikirimkan ke alamat email yang kamu masukkan sebagai penerima pesan.

Cara Mengirimkan Video Lewat Gmail dari Google Drive

Apabila file video yang ingin kamu kirimkan lewat Gmail sudah terupload atau berada di Google Drive, maka gunakan saja cara berikut ini:

1. Buat Email Baru

Sebagaimana cara mengirimkan video dari penyimpanan perangkat sebelumnya, kamu tentu perlu membuka aplikasi Gmail terlebih dahulu. Setelah itu, buatlah email baru dengan mengklik ikon pensil di pojok kanan bawah.

Kemudian tulis alamat email penerima, subjek, dan badan email.

2. Lampirkan Video dari Google Drive

Seperti cara sebelumnya juga, lampirkan video yang akan kamu kirimkan dengan mengklik ikon klip kertas di pojok kanan atas. Bedanya, pilihlah opsi “Insert form Drive” dari menu drop-down untuk memilih video yang sudah berada di Google Drive.

Setelah menemukan video yang ingin kamu kirim, klik video tersebut lalu klik “Select”.

3. Kirimkan Email

Langkah terakhir tentunya adalah mengirimkan email yang sudah dilampiri video tersebut. Caranya yaitu dengan mengklik ikon pesawat kertas di pojok kanan atas.

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengirimkan video lewat Gmail, baik video dari penyimpanan perangkat maupun dari Google Drive. Namun sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, video yang bisa dikirim lewat Gmail maksimal berukuran 25 MB.

You cannot copy content of this page