cara mengirimkan folder lewat email

Cara Mengirimkan Folder Lewat Email, Mudah Banget!

Zaman sekarang di mana perkembangan teknologi sangatlah pesat dan internet menjadi faktor utama dalam proses komunikasi dan pertukaran informasi. Email menjadi aspek yang penting dalam berkomunikasi. Para pengguna internet wajib tahu cara mengirimkan folder lewat email.

Dengan mengetahui cara membagikan folder melalui email ini. Dijamin akan meningkatkan keefisienan Anda dalam bertukar file. Karena dalam sekali kirim Anda bisa mengirimkan beberapa file sekaligus dalam satu folder.

Bahkan, Anda bisa mengirimkan beberapa folder sekaligus yang berisi banyak file dalam satu waktu dengan memanfaatkan email. Mengirim folder melalui email ini bisa dilakukan baik dengan perangkat komputer seperti laptop maupun smartphone.

Bagi kamu yang mungkin belum mengetahui bagaimana cara mengirimkan folder lewat email ini. Berikut akan dibahas secara detail bagaimana caranya baik melalui perangkat komputer maupun dengan smartphone.

Cara Mengirimkan Folder Lewat Email Lewat Perangkat Komputer

Cara pertama yang akan dibahas adalah mengirimkan folder melalui email yang ada di perangkat komputer. Email memang bisa diakses dengan menggunakan perangkat komputer maupun laptop.

Biasanya, akses email bisa melalui browser atau aplikasi email yang ada di laptop. Untuk mengirimkan folder melalui email yang ada di laptop. Ada dua cara yang bisa dilakukan.

1. Mengirimkan Folder Lewat Email dalam Bentuk Rar

Cara mengirimkan folder lewat email di perangkat komputer maupun laptop pertama dengan menggunakan format rar. Format rar membuat pengiriman file menjadi lebih ringan. Syarat utama untuk menggunakan cara ini, para pengguna harus memiliki software Rar pada komputer.

Software rar yang paling banyak digunakan di perangkat komputer seperti WinRar. Namun, para pengguna bisa menggunakan berbagai software lain dengan fitur sama. Berikut adalah langkah mengirimkan foldernya.

  • Kumpulkan beberapa file yang ingin dikirimkan dalam satu folder.
  • Kemudian, ubah format folder menjadi format rar dengan menggunakan software yang ada di komputer yang sudah terpasang.
  • Setelah folder yang ingin dikirim memiliki format rar, berikutnya para pengguna bisa membuat email pengirim melalui browser maupun aplikasi.
  • Buka jendela untuk mengirimkan email baru, kemudian klik ikon yang berbentuk seperti klip kertas untuk memasukkan file atau folder tertentu pada pengiriman email.
  • Para pengguna akan masuk ke dalam file manager di dalam komputer.
  • Pilih folder rar yang sudah diubah sebelumnya.
  • Setelah folder rar yang ingin dikirimkan sudah masuk ke dalam email, para pengguna bisa mengisi email tujuan pengiriman, subjek, dan isi pada badan email.
  • Kemudian, tekan tombol ‘Kirim’ tunggu beberapa saat sampai email berhasil terkirim.

2. Mengirimkan Folder Lewat Email dengan Google Drive

Google memiliki layanan penyimpanan awan bernama Google Drive. Google Drive secara otomatis dapat tersambung dengan email Google yaitu Gmail. Para pengguna bisa memanfaatkan layanan ini untuk mengirimkan folder melalui email.

Berikut ini adalah cara mengirimkan folder lewat email dengan memanfaatkan fitur Google Drive. Jadi, para pengguna bisa mengirimkan folder dengan cara yang lebih mudah.

  • Kumpulkan beberapa file yang ingin dikirimkan dalam satu folder.
  • Kemudian, buka layanan Google Drive yang tertaut pada email Gmail yang dimiliki.
  • Upload folder yang sudah ditentukan di dalam Google Drive, tunggu sampai file sudah terupload sepenuhnya di dalam Google Drive.
  • Kemudian, buka akun Gmail yang tertaut dengan akun Google Drive.
  • Buka halaman untuk mengirimakn email baru.
  • Pada bagian bawah, pilih ikon Google Drive, para pengguna akan masuk ke dalam akun Google Drive secara otomatis.
  • Pilihlah folder yang ingin dikirimkan agar tertaut pada email. Jangan lupa, untuk membuka akses folder agar bisa dilihat oleh pengguna Gmail yang menjadi tujuan pengiriman.
  • Selanjutnya, para pengguna bisa mengisi email tujuan pengiriman, subjek, dan isi pada badan email.
  • Kemudian, tekan tombol ‘Kirim’ tunggu beberapa saat sampai email berhasil terkirim.

Itulah cara mengirimkan folder dengan email jika para pengguna mengakses dengan laptop. Para pengguna bisa memilih salah satu akses dari dua akses yang dijelaskan di atas. Dengan menggunakan perangkat komputer untuk mengirimkan folder.

Para pengguna tidak punya batasan besar file dan folder yang dikirimkan. Jadi, para pengguna bisa mengirimkan file besar sekaligus. Apalagi, jika para pengguna menggunakan cara dengan mengubah file menjadi format Rar. Ukuran file bisa lebih ringan ketika dikirimkan.

Cara Mengirimkan Folder Lewat Email Lewat Smartphone

Perangkat komputer atau laptop bukan satu-satunya akses untuk membuka email. Para pengguna juga bisa memanfaatkan smartphone untuk mengakses akun email. Bahkan, ada cara mengirimkan folder lewat email di smartphone.

Untuk mempermudah cara pengirimannya, para pengguna bisa memanfaatkan akun Google Drive. Karena biasanya smartphone menggunakan layanan default email dari Google. Jadi, pastinya pada smartphone sudah tersedia aplikasi seperti Gmail dan Google Drive.

Mengirimkan Email dengan Smartphone Melalui Google Drive

Seperti yang disebutkan sebelumnya, smartphone biasanya sudah memiliki layanan email dari Google sebagai default. Jadi, aplikasi seperti Gmail atau Google Drive tidak perlu didownload lagi oleh para pengguna. Karena sudah ada di smartphone.

Para pengguna bisa langsung memanfaatkan aplikasi yang ada untuk membagikan folder melalui email. Mengirimkan folder melalui smartphone dengan email terbilang lebih praktis, karena akses smartphone lebih mudah daripada perangkat komputer. Berikut adalah caranya.

  • Kumpulkan beberapa file yang ingin dikirimkan dalam satu folder pada aplikasi File Manager di smartphone.
  • Kemudian, buka aplikasi Google Drive yang sudah ada di smartphone.
  • Upload folder yang sudah ditentukan di dalam Google Drive, tunggu sampai file sudah terupload sepenuhnya di dalam Google Drive.
  • Kemudian, buka aplikasi Gmail yang tertaut dengan akun Google Drive.
  • Tekan tombol untuk membuat email baru di Gmail.
  • Pilih ikon Google Drive, tampilan smartphone akan beralih ke dalam tampilan Google Drive secara otomatis.
  • Para pengguna bisa langsung memilih folder mana yang akan dikirimkan dan ditautkan ke dalam email.
  • Jangan lupa, untuk membuka akses folder agar bisa dilihat oleh pengguna Gmail yang menjadi tujuan pengiriman.
  • Selanjutnya, para pengguna harus melengkapi bagian email tujuan pengiriman, subjek, dan isi pada badan email.
  • Kemudian, tekan tombol ‘Kirim’ tunggu beberapa saat sampai email berhasil terkirim.

Untuk cara mengirimkan folder lewat email melalui smartphone dengan Google Drive ini. Biasanya ada batasan besar data yang diupload. Jadi, file-file besar cenderung tidak didukung pengirimnya melalui smartphone.

Folder yang dikirimkan melalui email akan tersimpan secara otomatis pada sistem email. Jika menggunakan Gmail, maka folder akan tersimpan di Google Drive, file baru akan menghilang jika akun Google terhapus atau sengaja dihapus.

Itulah cara mengirimkan folder lewat email baik dengan menggunakan perangkat komputer maupun smartphone. Mengirimkan file dalam jumlah banyak sekarang semakin mudah dan semakin praktis dengan adanya berbagai layanan ini.

You cannot copy content of this page