cara menghapus iklan di Android
Ilustrasi cara menghapus iklan di Android Foto: Unsplash.com

3 Cara Menghapus Iklan di Android Gampang Tanpa Aplikasi

Lagi asyik main HP, tiba-tiba muncul iklan? Pasti rasanya mengganggu dan terkadang malah bikin gagal fokus. Tenang, ada banyak cara menghapus iklan di Android yang bisa dicoba.

Mengapa Tiba-Tiba Ada Iklan di HP?

Pernahkah kamu penasaran mengapa suka ada iklan muncul tiba-tiba di HP? Kemunculan iklan di HP sebenarnya bukanlah tanpa sebab. Iklan tersebut bisa muncul karena penggunanya sendiri.

Bagaimana bisa? Misalnya, pada saat memasang aplikasi tertentu biasanya pengguna harus memberikan izin penayangan iklan sehingga dapat digunakan secara gratis.

Dikutip dari laman supportgoogle.com, bisa jadi ada software atau malware yang terinstal secara otomatis di perangkat Android kamu. Padahal, kamu sama sekali tidak menginginkannya.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya segera atasi dengan membersihkan virus HP. Malware tersebut kemungkinan besar membawa virus dan menyusup sehingga bisa berbahaya.

Saat membuka situs tertentu di Google, seringkali juga muncul iklan tiba-tiba sehingga mengalihkan hasil pencarian utama kamu. Tentu, ini sangat mengganggu pekerjaan kita. Makanya, penting sekali tahu cara menghapus iklan di Android agar iklan tidak muncul lagi.

3 Tips Menghapus Iklan di Android

Kesal karena iklan yang tidak diinginkan muncul di HP seenaknya? Jangan sampai hal itu merusak mood kamu. Ketahui tipsnya dengan mempraktikan 3 cara menghapus iklan di Android berikut ini.

1. Hapus aplikasi bermasalah

Apakah kamu pernah memasang aplikasi ilegal atau tidak resmi dari Google Play Store? Jika pernah, ada kemungkinan bahwa aplikasi tersebut membawa malware sehingga memunculkan iklan.

Jika terjadi, jangan biarkan aplikasi tersebut terpasang terlalu lama. Bisa-bisa HP kamu kena virus dan sistemnya rusak. Tidak mau mengalaminya bukan? Untuk itu, segera hapus aplikasi tersebut dan jangan lagi memasang aplikasi diluar Google Play Store.

2. Matikan notifikasi dari situs tertentu

Melansir dari laman supportgoogle.com, lakukan pengaturan pada browser yang kamu gunakan. Dalam hal ini misalnya Google Chrome, pilih Setelan. Lalu, pada bagian Izin, matikan notifikasi.

Dengan begitu, Google akan memblokir semua notifikasi pada situs-situs tertentu secara otomatis. Situs yang dimaksud seperti halaman yang mengandung pornografi, spam, atau hal-hal lainnya yang mengganggu atau mengancam pengguna.

3. Atur Setting Google Chrome

Cara menghapus iklan di Android berikutnya, yakni dengan pengaturan iklan pop up atau redirects. Iklan pop up merupakan iklan yang sering muncul pada situs-situs tertentu saat mengunjungi website tersebut.

Caranya, cukup klik tanda tiga titik pada pojok kanan Google Chrome. Kemudian, pilih Settings lalu Privacy and Security. Temukan opsi Site Settings dan klik Pop-ups and redirects. Berikutnya, pilih opsi Jangan perbolehkan atau Don’t allow.

Secara otomatis, iklan-iklan yang suka muncul sembarangan akan diblokir oleh Google. Dengan begitu, kamu bisa hasil pencarian di browser tidak terganggu.

Melindungi Android dari Malware

Guna menjaga keamanan dan data penting di HP, disarankan untuk melindungi perangkat kamu dari aplikasi-aplikasi yang bermasalah. Hal itu dikarenakan aplikasi tersebut rentan membawa malware berbahaya.

Mudah saja tipsnya, yakni pastikan bahwa Play Protect di Android sudah aktif. Selanjutnya, buka aplikasi Google Play Store dan pilih tanda garis tiga. Pilih Play Protect dan aktifkan pindai perangkat. Tujuannya untuk mengetahui ada atau tidaknya ancaman keamanan.

Sekian info seputar cara menghapus iklan di Android yang bisa kamu terapkan. Sebagai tambahan, dihimbau tidak asal memasang aplikasi yang tidak jelas sumbernya demi keamanan data pengguna.

You cannot copy content of this page