Cara Menghapus Akun Google Di HP

Cara Menghapus Akun Google Di HP Ternyata Gampang Lho!

Mungkin saat ini kamu termasuk orang yang sedang mencari cara menghapus akun Google di HP dengan berbagai alasan yang bersifat pribadi. Jangan khawatir ternyata tidak sulit kok untuk melakukannya.

Selain melalui perangkat seluler menghapus akun Google juga bisa kamu lakukan lewat perangkat lain semacam laptop dengan berbagai cara. Akan tetapi sebelum melakukannya ada beberapa hal yang sangat penting untuk kamu ketahui terlebih dahulu.

Seperti misalnya hilangnya beberapa data penting milik kamu sesaat setelah akun Google dihapus dan lain sebagainya. Ingin tahu lebih dalam tentang cara menghapus akun Google di HP? Yuk kamu baca penjelasan di dalam artikel ini.

Mengenal Google

Google adalah nama dari sebuah perusahaan mesin pencari yang terdapat pada hampir semua perangkat seluler di seluruh dunia.

Perusahaan yang berdiri pada tahun 1998 itu awalnya diberi nama BackRub karena untuk memperkirakan pentingnya sebuah situs, maka digunakan sistem memeriksa backlink. Untuk saat ini kantor utama Google ada di Mountain View, California.

Keberadaan mesin pencari Google sampai saat ini telah menguasai 70% dari keseluruhan jumlah pengguna layanan di seluruh dunia. Sungguh sebuah pencapaian yang sangat luar biasa yang bahkan membuat takjub Sergey Brin dan Larry Page sebagai pendirinya.

Tahukah kamu apa sih yang membuat Google jadi sukses dan begitu populernya di kalangan para pengguna internet? Selain keakuratan serta kecepatan data yang disampaikan kepada para pencari, juga karena Google memiliki banyak sekali layanan dan produk online.

Berbagai layanan dan produk online tersebut pun laris manis digunakan oleh banyak kalangan pengguna internet. Misalnya browser web, akun email, perangkat lunak produktivitas, ponsel dan aplikasi serta alat pemetaan.

Selain itu Google juga memiliki beberapa produk lain seperti e-book, situs jejaring sosial, iklan internet, berbagai video serta beragam jenis aplikasi dan layanan yang berbasis internet.

Misi Dan Fungsi Google

Sebagaimana sebuah instansi lainnya, Google juga memiliki misi lho. Yaitu menjadi perusahaan pengumpul informasi nomor satu di dunia. Dimana berbagai informasi tersebut dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh siapa saja yang membutuhkan.

Sukses dengan misi yang diembannya, berikut beberapa fungsi keberadaan Google yang percaya atau tidak ternyata banyak kita manfaatkan, yaitu:

  1. Google sebagai sumber berita.

Sadar nggak sih jika dalam keseharian kamu banyak sekali mencari beragam berita pada mesin pencarian di Google. Meski sebenarnya ada beberapa mesin pencarian lainnya namun rasanya browsing selalu identik dengan googling bukan?

  1. Google sebagai sumber informasi keadaan cuaca.

Meski tak selalu, kamu pasti pernah sesekali melakukan cek cuaca melalui aplikasi sematan di Google bukan? Apalagi jika ada rencana mau mengadakan kegiatan yang di luar ruangan.

  1. Google sebagai alat penghapus suntuk.

Diantara sekian banyak fungsi keberadaan Google, kamu pasti juga pernah kan mengusir rasa bosan lewat Google Assistant. Kamu bisa minta Google Assistant menyanyi, bercerita atau menanyakan berbagai hal dari yang paling seru hingga yang paling konyol.

Selain ketiga fungsi itu, masih ada banyak fungsi yang dimiliki oleh Google.

Pertimbangan yang Harus Dipikirkan Sebelum Menghapus Akun Google

Nah dari uraian misi serta fungsi Google di atas, maka rasanya tak memiliki akun Google itu akan sedikit terasa aneh, karena keberadaanya sudah mendekati nilai wajib untuk saat ini.

Bagaimana tidak, Google terlibat di hampir semua lini yang melibatkan kegiatan yang kamu lakukan dengan perangkat seluler. Misalnya saja saat kamu harus mengakses berbagai aplikasi, melakukan penyimpanan gratis semua data-data penting dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk itu sebelum kamu melakukan cara menghapus akun Google di HP yang pasti akan membawa dampak pada beberapa hal, sebaiknya perhatikanlah beberapa hal berikut ini:

  1. Cek lagi berbagai informasi yang terdapat pada akun Google milik kamu.
  2. Lakukanlah pengunduhan pada berbagai data yang pernah kamu simpan pada layanan Google.
  3. Cara menghapus akun Google di HP pasti akan merubah berbagai layanan perbankan, media sosial atau beragam aplikasi online lain milik kamu yang memakai alamat eMail Google. Untuk itu jangan lupa untuk menambahkan alamat email kamu yang baru.
  4. Lakukanlah pembaharuan data pada fitur pemulihan akun Google kamu untuk tindakan preventif jika ternyata setelah melakukan metode cara menghapus akun Google di HP Kamu, lalu suatu saat tiba-tiba berubah pikiran.

Alasan Menghapus Google

Nasihat buat Kamu yang akan melakukan cara menghapus akun Google di HP karena kendala yang berkaitan dengan akun Google, maka sebaiknya hubungilah pihak Google terlebih dahulu demi pemberian advis yang tepat.

Akan tetapi jika alasan untuk melakukan penghapusan akun Google memang sudah bulat, maka keputusan memang akan dikembalikan ke masing-masing pemilik akun.

Salah satu alasan umum seseorang membutuhkan cara menghapus akun Google di HP biasanya adalah karena akan menjual perangkat seluler miliknya. Entah karena berkaitan dengan dana atau ada alasan lainnya

Nah jika memang keputusan sudah bulat, maka Kamu tak boleh lupa untuk melakukan log out pada semua akses fitur atau layanan yang berkaitan dengan Google. Selain itu jangan lupa untuk pastikan beberapa hal yang telah dishare di atas telkah dilakukan ya!

Beberapa Cara menghapus Akun Google

Baiklah mari kita masuk ke dalam pembahasan bagaimana cara menghapus akun Google di HP. Pada pembahasan ini Kamu akan dapat memilih akan melakukan cara menghapus akun Google di HP sesuai kebutuhan Kamu.

Cara Menghapus Akun Google dari Perangkat HP Android

Ada 3 cara menghapus akun Google di HP yang berbasis operasi Android. Berikut penjelasan yang dapat kamu jadikan pedoman untuk melakukannya.

a. Cara Pertama

Cara menghapus akun Google di HP yang pertama adalah sebagai berikut

  1. Masuklah ke dalam menu pengaturan yang ada di HP Android milik Kamu.
  2. Selanjutnya tekanlah tombol pilihan bertajuk Akun.
  3. Lanjutkan pada langkah berikutnya dengan memilih opsi Google.
  4. Jika Kamu memiliki beberapa akun Google, maka di bagian ini akan dipampang pada layar perangkat seluler beberapa akun Google yang login di HP Android Anda.
  5. Pilihlah akun Google mana yang akan keluarkan dari perangkat Android dengan melakukan ceklis.
  6. Setelah itu, tekan tombol Remove Account atau Hapus Akun.
  7. Sekarang akun Google milik Kamu pun akan terhapus dari perangkat Android.

b. Cara Kedua

Cara menghapus akun Google di HP yang kedua adalah sebagai berikut:

  1. Aktifkan aplikasi Google Mail yang ada pada HP Android Kamu.
  2. Tekan tombol menu pengaturan yang bertanda strip tiga di bagian pojok kiri atas.
  3. Sesaat kemudian akan ditampilkan informasi email, pilihlah akun email Google yang akan Kamu hilangkan.
  4. Lanjutkan dengan masuk kebagian manage account, melalui akses pengaturan akun lalu pilihlah Google.
  5. Lantas di langkah selanjutnya, pilihlah akun Gmail yang akan kamu remove dari perangkat HP dan tekan tombol menu hapus akun.

c. Cara Ketiga

Sebenarnya cara menghapus akun Google di HP yang telah diuraikan diatas dapat digunakan pada berbagai tipe, jenis serta merek HP berbasis Android. Akan tetapi terkadang 2 langkah di atas dapat gagal Kamu lakukan.

Hal tersebut karena ada tampilan setelan yang memang dibuat berbeda yang berasal dari pabrikan asalnya. Jadi pastinya cara menghapus akun Google di HP Vivo akan berbeda dengan HP Android merek lainnya.

Tapi tak perlu khawatir, kuncinya hanya satu, yaitu temukanlah istilah yang sama yang ada di dalam fitur Pengaturan di HP Android milik Kamu. Untuk menemukannya cobalah untuk mencarinya pada bagian “Akun” atau “Pengguna & Akun”.

Atau jika belum juga menemukannya, maka cara menghapus akun Google di HP dapat Kamu lakukan dengan mencari pengaturan berikut:

  1. Sinkronisasi Akun

Caranya Kamu harus mencari dan menemukan berbagai aplikasi yang memiliki ijin sinkronisasi. Jika sudah, pilihlah ikon Google, kemudian Kamu tinggal ketuk akun Google yang ingin kamu hilangkan dari HP.

  1. Akun & Layanan

Coba kamu  cari Pengaturan Pengguna yang merujuk pada akun Google tertaut. Nah disana Kamu dapat memilih akun Google yang ingin di remove dengan memencet tombol Hapus Akun.

Cara Menghapus Akun Google dari Perangkat HP iPhone

Selain melalui perangkat seluler HP Android cara menghapus akun Google di HP, juga dapat Kamu lakukan pada perangkat HP berbasis iOS, dengan cara sebagai berikut:

  1. Masuklah ke dalam menu pengaturan, lalu bukalah bagian setting fitur aplikasi seperti Mail, Contacts, atau Calendars.
  2. Pergilah ke halaman berikutnya lalu temukanlah menu yang bertajuk Account, lakukan klik di menu itu.
  3. Berikutnya pada menu akun di iPhone kamu itu, pilihlah aku mana yang ingin Kamu hilangkan dengan menekan tombol Delete Account yang ada di bagian bawah masing-masing akun.

Cara Menghapus Akun Google dari Perangkat Laptop

Wah ternyata cara menghapus akun Google di HP itu mudah sekali. Namun bagaimana caranya jika ingin menghapus akun Google di laptop?

  1. Langkah pertama buka aplikasi Email melalui akun Google yang akan Kamu hapus.
  2. Lanjutkan dengan memilih opsi menu Data & Privasi.
  3. Kemudian lakukan centang pada setiap akun Google yang ingin Anda hilangkan.
  4. Pastikan jika akun yang Kamu pilih adalah yang benar.
  5. Sebagai langkah terakhir, tekan tombol delete.

Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen

Berikutnya adalah cara menghapus akun Google di HP secara permanen. Untuk melakukannya di sarankan sebaiknya Kamu menggunakan laptop atau PC, lalu ikutilah instruksi sederhana sebagai berikut:

1. Masuklah Ke Dalam Akun Google Yang Akan Dihapus

Dengan browser Google Chrome, masuklah Kamu ke dalam akun Google dengan cara mengetuk ikon Google yang berbentuk lingkaran dengan foto profil di dalamnya. Selanjutnya pilihlah menu kelola akun Google.

2. Pilih Menu Data & Personalisasi

Nah nantinya di dalam akun Google tersebut, kamu pasti akan menemukan menu bertajuk Data & Personalisasi. Lakukanlah klik tombol pada bagian menu dimana biasanya Kamu melakukan kontrol aktivitas akun mulai dari iklan, histori dan lain sebagainya.

3. Klik Opsi “Hapus Layanan”

Langkah berikutnya gulir menu ke arah bawah hingga Kamu akan menemukan opsi Download, hapus, atau buat rencana untuk data. Lantas lakukanlah akses ke dalam menu tersebut, pilihlah opsi menu Hapus Layanan atau Hapus Akun.

Begitu menekan opsi Hapus Layanan atau Hapus Akun, maka akun Google milik Kamu serta berbagai data-data penting mulai dari email hingga foto atau berbagai dokumen penting lainnya akan hilang.

Data Yang Hilang Setelah Dilakukan Penghapusan Permanen

Lantas data apa saja yang akan hilang saat menggunakan cara menghapus akun Google di HP secara permanen? Berikut daftar data milik Kamu yang juga akan hilang secara otomatis saat melakukan hapus Akun Google.

  1. Dengan hilangnya salah satu akun Google milik Kamu maka itu artinya layanan seperti Google Email, Google Drive, Google Kalender, Google Play dan yang lainnya yang memakai akun yang telah dihapus tak kan dapat digunakan.
  2. Semua data berupa dokumen dan video yang sebelumnya tertaut dengan perangkat yang dihapus akan hilang.
  3. Semua layanan atau konten yang kamu beli dengan memakai akun yang telah dihapus juga akan ikut hilang. Contohnya konten dari YouTube atau Google Play Store.
  4. Semua data yang tersimpan di dalam Google Drive pada akun yang dihapus akan hilang.
  5. Semua kontak yang kamu simpan pada akun yang dihapus juga akan hilang.

Cara Memulihkan Akun Google Yang Dihapus

Kamu berubah pikiran ingin mengembalikan akun Google yang telah kamu hapus? Sntai, yuk ikuti tutorial sederhana sebagai berikut:

a. Memulihkan Dengan Nomor HP

Cara pertama untuk memulihkan akun adalah dengan menggunakan nomor HP, melalui langkah berikut:

  1. Lewat Google Chrome, masuk dan bukalah menu recovery account dengan cara klik di sini.
  2. Masukkanlah alamat Google email yang akan dipulihkan.
  3. Isikan kata sandi dari akun akun Google yang ingin dipulihkan, sekaligus input nomor HP pemulihan yang dulu didaftarkan pada akun Google yang telah Kamu hapus.
  4. Tekan tombol menu Kirim SMS untuk mendapatkan kode verifikasi. lalu masukkan kode tersebut ke dalam kotak yang disediakan Google.
  5. Tekan tombol Berikutnya untuk membuat kata sandi yang baru. Tekan tombol Selanjutnya, lalu tunggu selama beberapa waktu.
  6. Sekarang Akun yang telah Kamu hapus secara permanen tadi dapat dipulihkan dengan menggunakan kata sandi baru yang telah dibuat pada tahapan sebelumnya.

b. Memulihkan Dengan Email Pemulihan

Selain melakukan pemulihan Akun Google yang telah dihapus dengan menggunakan nomor HP, Kamu juga bisa memulihkan akun Google melalui akun email pemulihan. Langkah untuk melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Melalui Google Chrome, akseslah menu recovery account melalui dengan cara klik di sini.
  2. Input alamat email yang ingin Kamu pulihkan, lalu pilih menu berikutnya.
  3. Input password yang digunakan oleh akun google yang akan dipulihkan.
  4. Input juga alamat email pemulihan terdaftar pada akun Google yang sudah dihapus, lanjutkan dengan menekan tombol Kirim.
  5. Masuklah ke dalam Email pemulihan, lalu salinkah kode verifikasi 6 digit angka yang telah dikirim oleh Google, ke dalam kotak yang tersedia di dlam sistem pemulihan.
  6. Lanjutkan dengan membuat password baru, lalu tekan tombol Ubah sandi.
  7. Nah sekarang Akun milik kamu yang tadinya telah dihapus telah pulih kembali. Jika ingin mengaksesnya mau gunakanlah kata sandi baru yang tadi telah Kamu buat.

Demikianlah tutorial cara menghapus akun Google di HP, semoga bermanfaat ya!

You cannot copy content of this page