cara menggunakan otg

Cara Menggunakan OTG Pada Handphone

Berbagai file berupa dokumen, gambar, musik dan lainnya pada HP dapat mempengaruhi kapasitas yang ada di penyimpanan smartphone. Namun jangan khawatir karena inovasi cara menggunakan OTG pada HP ternyata sangat membantu.

OTG ini digunakan untuk mentransfer data yang ada dari data smartphone ke komputer atau PC sehingga bisa digunakan tanpa melalui perantara flashdisk. Sifatnya sama seperti NFC pada Hp, inovasi ini dinilai memberikan kenyamanan pada pengguna.

Singkatnya, OTG adalah kependekan dari On-The-Go. Sebuah alat kecil yang menjadi penyambung antar Hp dan USB. Sehingga, dengan adanya OTG ini, Anda bisa memasukkan flashdisk dan membaca datanya di dalam hp tanpa harus buka laptop atau komputer.

Berikut ini cara menggunakan OTG yang ada di smartphone.

Menyambungkan OTG ke Smartphone

Untuk bisa mengakses USB OTG, yang harus dilakukan pertama kali adalah menyambungkan USB OTG ke smartphone.  USB ini bisa langsung disambungkan dengan menghubungkan smartphone dengan computer tanpa adanya perantara flashdisk.

Dengan adanya USB ini akan bisa mempermudah proses pemindahan file yang ada dari smartphone ke flashdisk atau tempat penyimpanan lainnya, karena itulah USB OTG ini bisa diminati pengguna smartphone karena bisa mempermudah proses pemindahan tanpa memakan waktu yang lama.

Menggunakan File Manager

Setelah OTG ini tersambung dengan smartphone, kemudian yang harus kamu lakukan adalah mencari aplikasi file manager. Mengapa harus mencari aplikasi file manager? Karena ini adalah file dimana kamu bisa memindahkan file yang diinginkan.

Sehingga ketika kamu belum menginstal aplikasi file manager, kamu harus mendownload aplikasi file tersebut lebih dahulu. untuk mencarinya bisa dengan Play Store atau Appstore lainnya.

Mencari Nama Flash Drive

Mengapa harus mencari nama flash drive? Flash drive ini akan berbeda-beda, karena itulah kamu perlu untuk mengetahui apa nama USB OTG milikmu. Ini dilakukan agar bisa mengakses OTG dengan mudah dan bisa menyalin atau memindahkan file ke smartphone lebih mudah lagi.

Dengan adanya cara menggunakan OTG ini, kamu dapat melakukan pemindahan file di smartphone ke penyimpanan lain seperti flashdisik dan lain sebagainya. Oleh karena itu, OTG ini sangat penting untuk kamu punya.

Melakukan Copyfile ke Smartphone

Ketika kamu sudah menemukan nama flash drive yang ada dari OTG, kamu akan otomatis menggunakan USB OTG ini di smartphone. Apabila sudah tersambungm bisa digunakan untuk memindah atau mengcopy file.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan OTG selain untuk memindahkan file

  • Bisa memindahkan atau mengcopy file yang ada dari satu smartphone ke dalam laptop atau sebaliknya
  • Melakukan print dokumen yang ada di smartphone

Cara Melepaskan OTG

Ketika kamu telah selesai untuk cara menggunakan OTG sebaiknya melepaskan kabel USB OTG tersebut. Untuk melepaskan kabel OTG tersebut juga tidak boleh sembarangan karena akan merusak kabel tersebut. Cara untuk melepaskan OTG secara mudah dengan klik reject di laptop. Untuk melepasnya bisa dnegan menggunakan cara berikut:

  • Klik pada menu setting di hp
  • Pilih pada bagian storage
  • Klik pada Unmount External Storage yang terletak di bagian USB Storage
  • Kemudian mennggu samapi proses OTG selesai
  • Setelah selesai baru mencabut OTG dari smartphone

Dibuatnya OTG ini digunakan untuk mempermudah melakukan transfer file tanpa danya internet dan bantuan flashdisk. Cara ini digunakan secara mudah untuk para penggunanya mentrasnfer file apapun dan kapasitas berapapun.

Dengan adanya cara menggunakan OTG ini bisa mempermudah pengguna baru untuk mengakses file atau memindahkan file secara cepat dan efisien. Apabila pengguna tidak familiar dengan OTG ini, akan sangat bingung dalam menggunakannya. Itulah mengapa kita membuat artikel ini untuk membantu pengguna dalam menggunakan OTG ini.

You cannot copy content of this page