cara mengganti nomor telepon di Gmail

Cara Mengganti Nomor Telepon di Gmail Secara Tepat

Gmail merupakan salah satu aplikasi surat elektronik yang cukup banyak penggunanya. Untuk membuat akun Gmail, kamu memerlukan nomor telepon yang masih aktif. Lalu bagaimana cara mengganti nomor telepon di Gmail ketika nomor yang kamu daftarkan di awal sudah hangus?

Pertanyaan semacam ini sering kali ditanyakan banyak pengguna, mengingat banyak kasus akun Gmail tidak bisa dibuka akibat nomor telepon sudah hangus atau sudah tidak aktif lagi. Itulah sebabnya pihak pusat Gmail selalu mengajukan pembaruan nomor telepon per periode tertentu.

Syarat Pembuatan Akun Gmail Baru

Sebelum kita beralih pada pembahasan cara mengganti nomor telepon di Gmail, apakah kamu tahu syarat yang harus kamu penuhi untuk membuat akun Gmail baru? Terdapat beberapa syarat untuk membuat akun Gmail, sehingga tidak semua user bisa membuat akun surat elektronik ini.

Selain diharuskan memiliki nomor telepon, syarat utama pembuatan akun Gmail ialah user harus berusia paling tidak 13 tahun. Bagi user berumur di bawah 13 tahun, maka perlu menggunakan Google Family Link. Fitur tersebut memungkinkan kamu untuk mengawasi segala aktivitasnya.

Penggantian Nomor Telepon Baru Pada Akun Gmail

Bagi kamu yang mengalami kendala akun Gmail tidak bisa dibuka akibat nomor yang tidak aktif, berikut cara mengganti nomor telepon di Gmail yang bisa kamu ikuti.

1. Jelajahi Menu Pengaturan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencari menu pengaturan atau setting pada perangkat, baik Android, iOS, atau pun PC/Laptop. Untuk perangkat Android dan iOS kamu bisa langsung pergi ke pengaturan dan pilih menu Google karena Gmail merupakan milik Google.

Berbeda dengan kedua perangkat tersebut, untuk perangkat PC/Laptop kamu bisa langsung membuka laman resmi Gmail melalui browser. Jika sudah, kamu langsung saja mencari menu pengaturan atau setting yang juga terdapat dalam perangkat smartphone Android maupun iOS.

2. Masuk Pada Pilihan Informasi Pribadi

Cara mengganti nomor telepon di Gmail selanjutnya adalah dengan masuk ke pilihan informasi pribadi. Karena ganti identitas akun Google ini dimaksudkan untuk memperbarui nomor telepon, kamu tinggal pilih saja informasi kontak yang tersedia pada menu informasi pribadi tersebut.

Tampilan informasi pribadi terdiri atas nama, jenis kelamin, password email, nomor telepon, hingga username yang kamu pakai untuk nama akun Gmail yang kamu pakai. Mengingat langkah ini bertujuan untuk mengganti nomor, pilih info kontak pada informasi pribadi tersebut.

3. Perbarui Nomor Pada Akun Gmail yang Dipakai

Setelah kedua langkah tadi sudah kamu lakukan, pilih ikon pensil yang berada di sisi sebelah kanan, lalu masukkan 12 digit nomor baru yang ingin kamu masukkan. Setelah nomor baru berhasil kamu masukkan, kamu bisa tekan simpan dan tunggu proses verifikasi hingga selesai.

Proses ganti nomor ini dianggap selesai saat verifikasi berhasil. Untuk itu, pastikan bahwa nomor kamu sudah benar dan sudah terdaftar di Kominfo, ya. Sedikit informasi, jika nomor baru kamu berisi lebih dari 12 digit, tetap masukkan dan pastikan benar, mengingat tiap operator berbeda.

Itu tadi tiga langkah cara mengganti nomor telepon di Gmail yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Perlu diingat, password memiliki peran yang cukup penting dalam proses ganti nomor ini. Untuk itu, kamu perlu mengingat password yang kamu gunakan di akun Gmail yang dipakai.

Google akan dengan mudah mengidentifikasi kesalahan password yang dimasukkan. Ketika kamu mencoba password berkali-kali dan password terdeteksi salah, bisa saja Google menganggapnya sebagai pembobolan akun. Untuk itu, jangan sampai lupa password, ya.

You cannot copy content of this page