cara mengembalikan chat Whatsapp yang terhapus

7 Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus Untuk Android dan iPhone

Fitur Whatsapp salah satunya adalah chat WA. Dengan fitur ini akan memudahkan kamu untuk menyimpan pesan dari banyak kontak WA. Namun, terkadang chat ini malah terhapus maka saya akan memberitahukan cara mengembalikan chat Whatsapp yang terhapus.

Seringkali, kita tidak sengaja mengklik “Clear all Chats” yang berujung pada pesan WA yang terhapus. Jika dirasa ada pesan penting di dalamnya, tentu kamu akan kebingungan untuk mengembalikannya. Simak cara memulihkan cadangan WA agar chat bisa dikembalikan

Kelebihan dan Kekurangan Whatsapp

Aplikasi ini sudah banyak orang yang menggunakannya karena bisa bertukar pesan dengan mudah dan cepat. Selain itu, ada banyak kelebihan Whatsapp yang ditawarkan oleh aplikasi ini, diantaranya adalah:

  • User Friendly atau mudah digunakan karena pengguna cukup mendaftar nomor telepon untuk membuat akun.
  • Nomor HP akan tersinkronisasi dengan otomatis.
  • Bisa melakukan backup chat dengan mudah sehingga chat lama tidak akan hilang.
  • Bisa membatalkan pengiriman chat.
  • Informasi pribadi bisa disembunyikan. WA juga mendukung privasi dan keamanan untuk penggunanya sehingga membuat kamu bisa mengakses WA tanpa harus ketahuan. Informasi status juga bisa di privasi dari orang yang tidak dikenal.

Adapun kekurangan Whatsapp adalah sebagai berikut:

  • Boros kuota internet. Penggunaan WA yang berjalan di latar belakang ponsel juga bisa membuat kuota internet cepat habis karena seringnya banyak chat yang masuk sampai melihat gambar di pesan.
  • Boros baterai. Whatsapp juga boros baterai karena aplikasi yang sering dipakai. Chat yang masuk juga mengakibatkan baterai cepat berkurang.
  • WA untuk website tidak bisa melakukan panggilan suara.

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus

Berikut adalah beberapa cara mengembalikan chat Whatsapp yang terhapus yang mudah dilakukan sehingga kamu tidak perlu panik dahulu. Ada 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikannya.

Pilih salah satu cara yang paling tepat untukmu dan sesuai dengan masalah yang ada.

1. Kamu Butuh Backup Agar Bisa Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Backup file adalah cara mengembalikan chat Whatsapp yang terhapus paling mudah. Adanya file backup bisa mencadangkan semua data yang ada di Android baik itu dalam bentuk file, video, gambar, sampai dengan data aplikasi.

Oleh sebab itu, setidaknya kamu perlu memiliki fitur backup di HP kamu. Ada banyak juga aplikasi untuk backup chat Whatsapp sehingga kamu lebih mudah untuk melakukannya. Salah satunya adalah Google Drive yang banyak digunakan untuk semua ponsel Android.

Ada pula iCloud yang digunakan untuk pengguna iPhone.

Google Drive adalah aplikasi dari Google yang bisa diakses setelah kamu memiliki akunnya. Oleh sebab itu, kamu perlu untuk punya akun Google terlebih dahulu agar bisa menyimpan file di Google Drive.

Google Drive ini bersifat online sehingga kamu bisa membuka filenya dengan mudah jika sudah tersambung internet. Kelebihan selanjutnya dari Google Drive adalah bisa menampung banyak file dan kamu bisa mengunduhnya di perangkat lain seperti laptop.

Hal ini juga dimiliki oleh aplikasi iCloud juga. Backup tersebut bisa diatur secara rutin dan otomatis misalnya setiap hari, seminggu sekali, sebulan sekali, dsb.

Cara Backup Chat WA

Untuk cara mengembalikan chat Whatsapp yang terhapus, kamu harus tahu bagaimana cara mencadangkan chat WA. Adapun langkahnya juga cukup sederhana, yaitu sebagai berikut:

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Setting di WA yang ada di HP Android.
  • Selanjutnya, adalah memilih menu Chats.
  • Dalam menu tersebut, kamu bisa melihat fitur chat backup atau Cadangkan Pesan. Untuk memulai pencadangan, klik tombol tersebut.
  • Secara otomatis proses pencadangan akan berlangsung. Biasanya akan memakan waktu yang sedikit lebih lama jika banyak media dan data yang ada di pesan tersebut.

Adanya backup ini akan mencegah data WA terhapus dengan mudah karena kamu tinggal mengembalikannya dengan mudah. Jadi, ini merupakan upaya pencegahan cara chat WA tidak terhapus secara permanen.

Chat yang dikembalikan dari backup tersebut adalah chat terakhir kamu melakukan pencadangan.

Oleh sebab itu, jika kamu tidak melakukannya atau hanya mencadangkan sebulan yang lalu, chat yang berhasil dikembalikan hanyalah dari tanggal terakhir pencadangan.

Jadi, sering-seringlah untuk melakukan pencadangan pesan WA agar bisa mengembalikannya dengan rentang waktu yang tidak terlalu jauh dan data chat tidak banyak yang hilang.

2. Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus Lewat Google Drive

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, cara mengembalikan chat Whatsapp yang terhapus bisa melalui aplikasi Google Drive untuk melakuKan backup datanya. Hal ini bisa menjadi cara yang terbaik bagi kamu yang memang menggunakan HP Android.

Adapun langkah mudah yang bisa dilakukan untuk cara memulihkan chat Whatsapp dari Google Drive adalah sebagai berikut:

  • Uninstall Whatsapp terlebih dahulu dan install ulang menggunakan Google Play Store. Hal ini bertujuan agar data WA terintegrasi dengan backup data dari akun Google yang kamu miliki.
  • Setelah berhasil diinstal ulang, buka aplikasi WA.
  • Kemudian, lakukan login seperti biasa agar bisa masuk ke akun WA milikmu. Setelah memasukkan nomor HP, WA akan mengirimkan kode verifikasi melalui ke telepon biasanya melalui SMS agar bisa memastikan penggunanya valid atau tidak.
  • Setelah memasukkan kode verifikasi tersebut, otomatis kamu bisa masuk lagi ke WA.
  • Berikutnya kamu akan mendapatkan notifikasi untuk melakukan Restore chat Whatsapp atau Pulihkan via Google Drive.
  • Untuk melanjutkannya klik Next atau Selanjutnya agar bisa diproses.
  • Secara otomatis, WA akan mengembalikan semua chat yang sudah di backup sebelumnya baik itu yang sudah terhapus sebelumnya.

3. Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus Melalui iCloud

Cara mengembalikan chat Whatsapp yang terhapus berikutnya adalah lewat iCloud yang diperuntukkan bagi pengguna HP iPhone. Langkahnya juga tidak jauh berbeda dibandingkan dengan Google Drive.

Hal yang perlu dilakukan adalah melakukan penginstalan ulang agar bisa mengembalikan seluruh chat WA yang terhapus baik secara tidak sengaja maupun sengaja.

Namun, perlu digaris bawahi bahwa cara ini juga hanya akan efektif jika kamu melakukan backup data sebelumnya seperti yang ada di cara pertama. Adapun langkah cara memulihkan pesan WA lewat iCloud adalah sebagai berikut:

  • Uninstal Whatsapp terlebih dahulu. Caranya adalah klik dan tahan aplikasi di Widget sampai muncul tanda tempat sampah atau copot pemasangan.
  • Jika sudah muncul ikon tersebut, klik Iya untuk melanjutkan.
  • Lalu, buka iCloud yang ada di perangkat HP kamu. Lalu, install aplikasi WA kembali.
  • Lakukan login dan masukkan kode verifikasinya.
  • Setelah berhasil masuk, klik Restore atau Pulihkan agar chat WA yang hilang menjadi kembali lagi sesuai dengan tanggal terakhir kamu membackupnya.
  • Jangan lupa klik Next untuk melanjutkan proses tersebut. File backup yang ada di iCloud akan memproses chat WA untuk muncul kembali.
  • Tunggu sampai proses pencadangan selesai.

4. Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus yang Belum Pernah di Backup Data Sebelumnya

Jika belum pernah backup data sebelumnya, kamu pasti merasa kebingungan bagaimana cara kembalikan chat Whatsapp. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada cara mengembalikan chat Whatsapp yang terhapus lainnya tanpa harus backup.

Berdasarkan pernyataan dari Mega Interesting, diketahui bahwa aplikasi WA secara otomatis selalu membuat salinan chat di dalam penyimpanan Hp. File ini dibuat  setiap harinya dalam di jam 02.00.

Pulihkan Chat WA Pakai Penyimpanan Lokal

Untuk menggunakan cara mengembalikan chat WA yang hilang tanpa dicadangkan Android bisa menggunakan bisa menggunakan penyimpanan lokal yang tersedia otomatis.

Namun, penyimpanan tersebut hanya akan ada dalam seminggu. Jadi, jika lebih dari seminggu maka salinan chat sudah tidak bisa dikembalikan lagi.

Hal yang harus kamu perhatikan lainnya adalah bahwa metode ini tidak dapat dipraktekkan untuk pengguna iPhone. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke File Manager lalu, pilih aplikasi WA dan klik menu Database folder.
  • Selanjutnya, ubah nama folder dari “msgstore.db.crypt12” menjadi “msgstore_BACKUP.db.crypt12”.
  • Di dalam folder tersebut sudah ada backup data terakhir yang dilakukan secara otomatis oleh WA.
  • Pilih file backup terbaru sesuai dengan tanggal terakhir dan ubah namanya jadi “msgstore.db.crypt12”.
  • Buka Google Drive dan hapus file backupnya sehingga aplikasi otomatis harus dipulihkan lewat penyimpanan lokal.
  • Uninstall WA dan lakukan penginstalan kembali. Lalu, klik Restore atau Pulihkan.
  • Nantinya, aplikasi ini akan mengambil data yang sudah tersimpan di HP.
  • Terakhir, klik Next untuk melanjutkan prosesnya.

5. Pakai Whatsapp Business API

Keempat cara diatas memiliki beberapa kelemahan dan keterbatasan dari segi kerumitan maupun penggunaan perangkat yang bisa diterapkan. Metode di atas membuat kamu harus menyediakan memori penyimpanan yang besar untuk melakukan backup data.

Jika menggunakan backup lokal juga memiliki kekurangan dari segi durasi waktunya yaitu harus dipulihkan sebelum seminggu. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa menggunakan Whatsapp Business.

Lewat aplikasi ini, membuat para penggunanya dapat menyimpan pesan pelanggannya otomatis. Jadi, ini akan cocok bagi kamu yang menggunakan aplikasi ini untuk bisnis dan berjualan.

Adapun langkah cara mengembalikan WA yang terhapus dengan Whatsapp Business API adalah sebagai berikut:

  • Siapkan nomor HP kamu.
  • Selanjutnya, daftarkan nomor ke mitra resmi dari WA.
  • Lakukan verifikasi dari akun FB Business Manager.
  • Berikutnya kamu akan mendapatkan centang hijau dari dari aplikasi WA di samping nama akun bisnis tersebut sehingga ini akan menambah kepercayaan pelanggan.
  • Selesai, kamu sudah bisa memakai Whatsapp API dan chat dari customer akan bisa tersimpan dengan mudah.

6. Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus Lewat PC Pakai Phonerescue

Jika ingin menggunakan cara mengembalikan pesan WA yang sudah dihapus untuk semua orang, kamu bisa memakai PC atau laptop yang  di dalamnya sudah terpasang aplikasi yang bernama Phone Rescue. Adapun langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi Phone Rescue di laptop.
  • Selanjutnya, lakukan pemindaian pesan WA yang sudah dihapus dengan mencentang WA di aplikasinya.
  • Lalu, klik icon (>) untuk melakukan scan.
  • Setelah itu, klik tombol pulihkan atau Recover yang ada di sudut kanan bawah layar untuk memilih mana pesan yang akan dikembalikan.

7. Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus di iPhone

Metode lain yang bisa dipakai adalah cara mengembalikan chat Whatsapp yang terhapus adalah khusus bagi pengguna iPhone yaitu melalui platform atau aplikasi iTunes.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengembalikan chat WA tetapi dengan syarat harus melakukan sinkronisasi WA sebelumnya. Jika belum pernah tersambung dengan data WA maka cara ini tidak bisa dipakai.

Sebaliknya, jika pernah tersambung sebelumnya, maka cara mengembalikan chat WA lebih mudah dilakukan dengan iTunes. Berikut adalah langkah-langkah cara mengembalikan chat WA 1 bulan yang lalu lewat aplikasi iTunes:

  • Pasang iPhone dengan iTunes terlebih dahulu.
  • Kemudian, klik menu Summary di aplikasi iTunes.
  • Selanjutnya, klik tombol Restore Backup untuk memulihkan chat WA.
  • Lalu pilih jenis file yang ingin dikembalikan. Untuk mengembalikan chat WA saja, maka pilih backup “Text Message”.
  • Klik Restore atau Pulihkan.
  • Pastikan saat proses restore dilakukan, perangkat iPhone tetap terhubung den iTunes.
  • dan tunggu sampai proses pemulihan chat WA selesai. Selanjutnya, kamu sebagai pengguna sudah bisa melihat pesan WA yang sebelumnya sudah terhapus di iPhone

Pentingnya Backup File

Dari keempat cara di atas, diketahui bahwa  backup file memiliki fungsi yang sangat penting untuk mendapatkan kembali chat WA yang sudah terhapus. Oleh sebab itu, sering-seringlah melakukan backup agar bisa dipulihkan dengan kurun waktu yang tidak terlalu lama.

Setidaknya, lakukan backup seminggu sekali untuk mendapatkan chat dan berbagai data lainnya dengan mudah. Jadi, ketika ada kendala seperti tidak sengaja terhapus HP error, aplikasi WA bisa didapatkan dengan mudah.

Lebih mudah lagi untuk menggunakan cara yang pertama sampai dengan ketiga karena akan cepat dipulihkan dan tidak ribet.

Berbeda halnya jika menggunakan cara keempat yang membuat langkah-langkahnya lebih sulit dan bisa juga tidak bisa digunakan untuk beberapa tipe HP tertentu seperti iPhone.

Kenapa Tidak Bisa Memulihkan Chat Whatsapp Yang Terhapus?

Saat kamu ingin mengembalikan chat WA menggunakan cara di atas, terkadang pemulihan ini tidak dapat dilakukan. Masalah ini umumnya terjadi ketika chat sudah dihapus lama. Jadi, chat tidak bisa dideteksi oleh WA.

Penyebab chat WA tidak bisa dikembalikan yang pertama bisa terjadi karena data pemulihan data atau data restore tidak ada di folder perangkat karena sudah dipindahkan atau terhapus secara tidak sengaja.

Penyebab kedua kenapa tidak dapat memulihkan chat WA yang terhapus karena data restore tersebut sudah usang atau lama sehingga tidak kompatibel dengan aplikasi WA kamu yang sudah baru.

Ada beberapa langkah untuk mengatasi masalah ini. Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan  mencari data restore di folder lain yang sudah kamu pindahkan. Berikutnya adalah dengan menginstall aplikasi WA versi lama agar dapat melakukan restore dengan baik.

Selain itu, tidak dapat memulihkan pesan WA periksa koneksi internet adalah cara ampuh yang cukup efisien. Hal ini karena pencadangan dan pemulihan dari Google Drive atau iCloud membutuhkan data internet agar bisa menjalankannya.

Jadi, cobalah untuk memeriksa kuota internet apakah sudah stabil atau tidak.

Penutup

Itulah 7 cara mengembalikan chat Whatsapp yang terhapus mudah digunakan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah rajin melakukan backup data agar data tersebut tidak hilang di ponsel kamu. Dengan begitu, jika nanti terhapus kamu sudah tidak perlu khawatir lagi.

You cannot copy content of this page