Cara Mengatasi Play Store Download Tertunda

7 Cara Mengatasi Play Store Download Tertunda, Ini Penyebabnya!

Kamu mengalami Update Play Store tertunda? Jangan khawatir cara mengatasi play store download tertunda sangat mudah dilakukan asalkan kamu tahu penyebabnya.  Termasuk semua jenis Hp Android untuk mengunduh berbagai aplikasi di Play Store.

Sebagai layanan mendownload aplikasi di sistem operasi Android, kamu pasti sangat membutuhkannya. Itulah sebabnya update aplikasi yang tertunda akan sangat mengganggu. Simak penjelasan berikut ini tentang penyebab dan cara mengatasi download tertunda:

Penyebab Download Tertunda di Play Store

Masalah download tertunda di Play Store bisa datang tiba-tiba dan tidak bisa ditebak. Contohnya kenapa download di Playstore tertunda padahal sinyal bagus. Dalam praktiknya ada beberapa penyebab download bisa tertunda di Play Store seperti berikut ini:

  1. Koneksi internet tidak lancar dapat jadi download di play store tertunda. Apapun bentuk proses download membutuhkan koneksi dan jaringan yang lancar dan stabil. Jadi jaringan bermasalah bisa menghambat proses download.
  2. Download tertunda karena ada aplikasi lain yang sedang didownload tanpa disadari. Bisa jadi Play Store sedang memproses aplikasi lain untuk didownload secara otomatis. Ini akan menyebabkan Play Store akan memprosesnya terlebih dahulu alias masuk antrian.
  3. Memori internal Hp tidak cukup atau sudah terlalu penuh. Kamu mungkin memiliki banyak aplikasi dengan ukuran file yang besar jadi membuat memori internal penuh. Akibatnya download aplikasi di Play Store bisa tertunda karena memori terbatas.

Cara Mengatasi Play Store Download Tertunda

Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kenapa Play Store tidak bisa mendownload. Berdasarkan penyebab di atas, berikut ini cara mengatasi play store download tertunda:

1. Periksa Lagi Kualitas Internet

Biasanya download tertunda diverifikasi oleh Play Protect. Jika kamu memperoleh peringatan itu maka bisa memeriksa koneksi internet yang bisa jadi kurang memadai. Sehingga update aplikasi jadi tertunda di Play Store bahkan tidak akan berjalan sangat lambat.

Sinyal data internet yang tidak terjangkau atau kualitas jaringan Wifi yang kurang stabil jadi penyebab download tertunda yang paling sering. Bisa jadi kuota sudah habis atau lokasimu saat itu jaringannya tidak stabil.

Jadi cara mengatasi play store download tertunda yang paling mudah adalah memastikan jaringan internet bagus dan kuota cukup. Disarankan kamu menggunakan paket internet unlimited atau kuota yang cukup besar proses download aplikasi lancar.

2. Ubah Pengaturan Download Menggunakan Koneksi WIFI

Memiliki jaringan yang bagus sekalipun terkadang masih Download tertunda di PlayStore. Hal ini bisa terjadi jika aplikasi yang ingin kamu unduh memiliki ukuran file yang besar sehingga membutuhkan koneksi yang lebih kuat.

Jadi beralihlah ke mode jaringan Wifi, seperti metode berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Play Store terlebih dahulu
  • Lalu pilih Profil dan Klik Preferensi Jaringan
  • Kemudian pilih Preferensi Download Aplikasi dan Klik Melalui Wifi saja

Jika kamu sudah menyelesaikan cara diatas, maka kamu hanya bisa mendownload aplikasi di Play Store menggunakan Wifi saja. Jika kamu ingin merubahnya kembali, maka bisa mengganti jaringan dengan klik pilihan Melalui Jaringan Apapun.

3. Bersihkan File Cache Layanan Play Store

Misalnya kamu butuh Update WhatsApp tapi tertunda, maka cara mengatasinya bisa dengan membersihkan file cache di Play Store. Kamu mungkin sering download aplikasi namun tidak berselang lama menghapusnya lagi.

Kebiasaan seperti ini bisa menyebabkan kapasitas cache Play Store tersimpan jadi penuh dan mempengaruhi kinerja aplikasi Play Store. Cache yang dianggap sebagai file sampah ini bisa dihapus agar tidak memenuhi memori internal dan menghambat downloading.

Berikut ini cara membersihkan file Cache aplikasi Play Store:

  • Buka menu Setting, lalu pilih Apps
  • Scroll dan carai aplikasi Google Play Store dan buka menu Penyimpanan
  • kemudian klik Hapus data atau Hapus memori

Catatan yang perlu kamu perhatikan saat melakukan cara ini adalah memilih Hapus Data akan menghapus akun Google di Hp Mu. Jadi kamu mungkin perlu masuk ke akun Google lagi saat ingin menggunakan aplikasi Play Store.

4. Update Aplikasi Play Store

Cara mengatasi Play Store download tertunda yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah update ke versi terbaru. Cara ini untuk menghindari bug dan akan mempermudah penggunanya. Bug ini bisa jadi penyebab Kenapa Play Store tidak bisa mendownload.

Berikut ini Cara perbarui Play Store tidak bisa download ke versi terbarunya:

  • Pada aplikasi Google Play Store tekan ikon titik tiga yang ada di pojok kiri atas
  • Lalu pilih menu Setelan dan cari tulisan Versi Play Store
  • Kemudian klik pada pilihan Versi Play Store sampai muncul pilihan update
  • Setelah itu klik Update dan tunggu sampai proses memperbarui aplikasi Play Store selesai

5. Cek Lagi Kapasitas Memori Internal Hp

Jika spesifikasi Hp yang memorinya terbatas, maka kamu perlu memeriksanya kembali sebelum mendownload atau update aplikasi baru. Dalam praktiknya memori terbatas seperti 16GB dan 32GB sudah tidak recomended untuk kamu gunakan saat ini.

Kapasitas memori yang kecil akan membuatnya sering penuh meskipun terkadang kamu merasa tidak menginstal banyak aplikasi.  Jadi sebaiknya kamu tidak memaksakan mengunduh atau update aplikasi yang ukuran filenya besar.

6. Berhenti Melakukan Pembaruan Otomatis

Cara mengatasi Play Store download tertunda juga bisa dilakukan dengan berhenti mengatur pembaruan otomatis pada aplikasi di Hp mu. Penyebab download tertunda bisa terjadi jika berbenturan dengan aplikasi yang sedang diperbarui secara otomatis.

Dalam praktiknya kamu bisa saja tidak menyadari bahwa Play Store sedang memperbarui aplikasi secara otomatis. Jadi kamu bisa memantau aplikasi mana saja yang sedang diunduh secara otomatis dan mencegahnya mengganggu proses pengunduhan.

Berikut ini langkah-langkah menghentikan pembaruan otomatis di aplikasi Play Store:

  • Buka aplikasi Play Store
  • Klik profil gambar pengguna di pojok kanan atas
  • Lalu pilih setelan atau Manage Apps & Device
  • Cek aplikasi apa saja yang diperbarui otomatis di sana
  • Kemudian pilih Cancel atau tombol silang x untuk membatalkan pengunduhan
  • Setelah itu download kembali aplikasi yang ingin kamu unduh

7. Install Kembali Aplikasi Play Store dan Reset Hp

Jika cara mengatasi Play Store download tertunda di atas belum berhasil, maka kamu bisa install ulang Play Store dan reset Android. Google Play Store bisa saja error  dan perlu menginstalnya kembali.

Setelah berhasil menginstal ulang lakukan juga restart dengan menghidupkan kembali perangkat setelah dalam keadaan mati. Jika belum juga berhasil maka coba reset Hp kamu lagi agar perangkat jadi kembali seperti sistem awal.

Perlu kamu ketahui bahwa cara ini perlu mengorbankan memory internal mu yang juga akan ikut ter-reset. Jadi untuk berjaga-jaga jika kamu ingin melakukan cara ini maka jangan lupa melakukan backup terlebih dahulu.

Nah, itulah cara mengatasi Play Store download tertunda yang bisa kamu lakukan. Mudah bukan? Jadi jangan panik dulu sebelum kamu mengenali apa penyebab download di Play Store jadi tertunda.

You cannot copy content of this page