Cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala

5 Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala, Begini Caranya!

Cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala sebenarnya bias dibilang susah-susah gampang. keadaan hp yang nyala namun lcd hitam atau mati bisa ditandai dengan tampilan layar yang gelap. Untuk memperbaikinya perlu kesabaran dan ketelatenan.

Blackscreen merupakan sebuah keadaan hp yang dihidupkan tiba tiba menampakkan warna putih maupun hitam padahal sebelumnya tidak terjadi apa-apa atau terjadi secara tiba-tiba.

Hal ini sering terjadi oleh orang-orang yang menggunakan hp android khususnya. Kebanyakan dari mereka menggunakan hp namun, tidak terlalu memikirkan kondisi HP tersebut.

Alhasil layar hp yang digunakannya tidak bisa menunjukkan hasil yang maksimal. Buktinya, layar pada hp tetap nyala namun layar hp menjadi hitam. Biasanya hal tersebut terjadi karena paparan sinar matahari yang terlalu sering dengan jangka waktu yang lama dan bisa saja karena terkena air.

Cara Mengatasi Layar Hp Hitam Tapi Nyala

Biasanya dengan kondisi layar Hp yang hitam menyebabkan hp tidak bisa di cas sehingga perlu dilakukannya perbaikan secepat mungkin dengan cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala.

Jika anda sudah memastikan masalah yang terjadi pada hp anda. Maka anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala dengan cara yang akan dibahas pada artikel ini.
Ada beberapa alternatif solusi untuk cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala. Berikut beberapa rekomendasi caranya :

1.Melepas Semua Atribut Hp

Pertama-tama yang bisa anda lakukan untuk cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala, anda bisa melepas semua atributnya. Mulai dari casing, SIM, Memory pada hp dan juga baterai jika baterai yang digunakan adalah baterai lepas pasang.

Hal tersebut dilakukan karena kemungkinan masalah yang terjadi pada HP android yang anda gunakan dikarenakan ada masalah pada komponen yang ada pada HP tersebut. Caranya mudah yaitu:

  • Matikan Hp anda terlebih dahulu agar mudah.
  • Lepaskan atribut yang disebutkan pada kalimat diatas tersebut.
  • Biarkan 5 sampai 10 menit.
  • Setelah di diamkan maka nyalakan kembali hp anda.

Setelah itu anda bisa membiarkannya terlebih dahulu. Biasanya cara ini sangat efektif untuk mengembalikan layar pada HP anda kembali normal.

2. Hapus Cache Yang Ada Pada System HP

Cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala selanjutnya yang bisa anda terapkan adalah dengan cara menghapus cache yang ada pada hp anda. Apa itu cache? Cache merupakan bagian sistem pada hp. Terkadang, hp yang menyimpan banyak cache akan mengalami error.

Error yang dimaksud seperti blank, Hp yang mengalami kelambatan, layar hitam dalam beberapa waktu ataupun crack yang terjadi pada layar.

Jika anda bisa masuk ke dalam sistem, akan lebih baik anda menghapus sistemnya yang menumpuk terlebih dahulu dengan cara:

  • Matikan hp android anda yang masih hidup.
  • Setelah itu tekan tombol power dalam waktu yang bersamaan dengan tombol Volume UP maupun dengan tombol Volume Down.
  • Selanjutnya anda harus sabar untuk menunggu sampai HP anda bisa masuk ke tahap recovery.
  • Terakhir anda bisa memilih opsi Wipe kemudian klik tombol Wipe cache yang ada pada sistem tersebut.

3. Reset Hp 

Jika anda sudah mencoba dua cara tersebut dan mengalami kegagalan. Anda bisa mencoba gunakan cara mengatasi mengatasi layar hp hitam tapi nyala yang ketiga ini.

Cara ini menggunakan cara mereset Hp anda untuk membersihkan semua virus maupun data data yang berbahaya untuk hp anda. Sebenarnya caranya hamper mirip dengan menghapus cache, namun sedikit berbeda karena anda akan mereset hp dari awal.

  • Matikan hp anda terlebih dahulu.
  • Sama seperti menghapus chace klik tombol power, volume up dan volume down secara bersamaan.
  • Tunggu hp anda menyala dan masuk ke tahap recovery.
  • Perbedaan pad acara ini berada pada acara terakhir yaitu memilih opsi. Jika sebelumnya untuk menghapus cache anda memilih opsi wipe. Kali ini anda perlu memilih opsi factory reset dan kemudian otomatis hp anda akan mereset.

Namun, kekurangan menggunakan cara ini kemungkinan besar data anda yang ada pada hp anda akan hilang beberapa.

4. Re-Flash Hp

Cara ini bisa digunakan menjadi opsi selanjutnya jika ketiga cara diatas tidak bisa karena cara ini cukup berbahaya untuk data penting anda. Dengan menggunakan cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala kali satu ini merupakan cara yang efektif.

  • Pertama-tama yang bisa anda lakukan yaitu install driver re-flash Hp di laptop yang anda akan gunakan untuk me-reflash hp.
  • Sambungkan hp dengan USB ke laptop.
  • Setelah tersambung antara hp dan laptop selanjutnya yang anda lakukan adalah extract.
  • Lanjutkan sesuai dengan langkah-langkah yang diberikan oleh sistem dan ikuti saja.

5. Pergi ke Tempat Servis

Jika empat cara diatas masih belum bisa mengatasi maka cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan mengunjungi tempat servis terdekat. Kemungkinan ada sistem maupun bagian hp lain ada yang rusak sehingga mempengaruhi LCD pada hp tersebut.

Faktor Terjadi Blank Pada Hp

Sebelum melakukan perbaikan pada hp anda lakukan analisa sendiri terkait hp anda. Ketahui dulu penyebab layar Hp anda. Mungkin saja anda salah memencet tombol pada hp anda. Beberapa hal harus diperiksa terlebih dahulu :

  1. Pastikan layar hp anda tidak retak, rusak maupun terkelupas. Hal tersebut yang terkadang bisa menjadikan kerusakan pada LCD anda. Jika anda menemukan kerusakan langsung bawalah ke tempat servis yang resmi untuk mengganti layar pada hp anda.
  2.  jika anda menggunakan casing dan juga tempered glass maka lepaslah beberapa aksesoris tersebut. Karena terkadang temperglass dan casing bisa menjadi penyebab hp anda error dikarenakan panas yang tidak bisa keluar secara sempurna.
  3. Jika anda menempelkan beberapa stiker pada layar maupun pada sensor hp. Disarankan untuk anda melepas beberapa tempelan tersebut. Sensor hp maupun layar sejatinya tidak diperbolehkan untuk dilepas dikarenakan hal tersebut sangat sensitif dan dapat menjadikan kerusakan pada hp anda.
  4. Konektor layar yang disentuh mengalami kerusakan. Kerusakan pada konektor layar bisa dikarenakan pernah kemasukan air maupun kotoran seperti debu dan lain sebagainya.
  5.  Dioda yang berhubungan dengan filter backlight mengalami kerusakan. Jika anda mengecek diodanya yang rusak maka anda bisa membeli diode yang baru. Namun, memeriksa diode ini tidak bisa dilakukan secara manual. Anda harus menggunakan alat yang biasa digunakan untuk melihat komponen ini yaitu multitester.
  6. Pemakaian Hp secara terus menerus juga menjadi salah satu faktor hp terkena masalah layar hp menjadi gelap atau kondisi hp blank. Maka dari itu lebih perhatikan lagi waktu untuk menggunakan hp. Jangan gunakan hp saat di charge agar hp awet dan tahan lama.

Itulah 5 cara mengatasi layar hp hitam tapi nyala dan penyebabnya saat dioperasikan. Permasalahan yang muncul di Hp sebenarnya beragam. Seperti halnya merk atau tipe hp lain.

You cannot copy content of this page