Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas Batre Tanam

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas Batre Tanam, WORK!

Saat ini semua perangkat seluler keluaran terbaru pasti sudah mengalihkan model batre menggunakan batre tanam. Itulah mengapa semakin banyak orang yang berusaha mencari tahu bagaimana cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam.

Tak bisa dilakukannya pengisian daya pada batre tanam sebuah perangkat seluler biasanya karena memang batre tersebut telah mencapai batasan waktunya. Seiring dengan berjalannya waktu wajar bukan jika terjadi kerusakan atau penurunan kualitas.

Hal tersebut biasanya akan menimbulkan masalah seperti lamanya proses pengisian daya, batre boros hingga batre tidak bisa di cas. Untuk itu berikut ini akan diuraikan cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam bagi Kamu yang saat ini sedang membutuhkannya.

Mengenal Batre Tanam Dan Batre Lepasan

Teknologi yang mengikuti perkembangan telepon pintar bukan saja meliputi berbagai fitur yang berpengaruh pada penampilan perangkat saja. Teknologi baterai sebagai wadah pengumpul daya pada sebuah telepon seluler pun ikut berkembang.

Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya komponen batre tanam (non-removable battery) yang saat ini semakin mendominasi semua merek dan jenis HP pintar keluaran terbaru. Akibatnya HP dengan batre konvensional pun mulai jarang ditemukan.

Nah pertanyaannya adalah, sebenarnya bagus mana sih teknologi batre tanam atau penggunaan batre lepasan itu? Apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing batre tanam dan batre lepasan? Untuk paham lebih dalam, berikut uraiannya.

1. Batre Lepasan

Batre lepasan atau istilah asingnya removable battery meski merupakan teknologi kuno (untuk saat ini) akan tetapi bagi yang pernah merasakan menggunakannya akan paham kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya.

a. Kelebihan Yang Dimiliki

Beberapa faktor yang dapat Kamu hitung sebagai kelebihan yang dimiliki oleh batre lepasan adalah sebagai berikut:

1. Mudah Dilakukan Restart

Ada kalanya perangkat seluler yang digunakan tiba-tiba saja tak mau merespon sentuhan eksternal yang dilakukan. Kejadian yang sering disebut dengan istilah “hang” ini akan mudah diatasi jika batre seluler adalah jenis batre lepasan.

Caranya sangat sederhana, yaitu cukup dengan membuka casing bagian belakang lalu melepas baterainya dan mulai nyalakan lagi HP milik Kamu.

2. Mudah Dilakukan Pergantian

Suatu saat karena gerusan waktu kapasitas batre pasti akan mengecil sehingga mempengaruhi daya isi suatu batre. Jika hal ini terjadi pada perangkat seluler yang memakai batre tanam, maka caranya mudah saja.

Kamu tinggal membeli jenis batre yang memiliki kualifikasi sama dengan batre yang telah rusak itu, lalu menggantinya.

b. Kekurangannya

Secara kapasitas atau kemampuan pada batre yang dapat dilepas sebenarnya tak terlalu banyak. Kekurangan yang dimiliki oleh batre lepasan lebih condong pada tampilan bentuk perangkat selulernya saja.

Dimana perangkat seluler yang menggunakan non removable battery pasti memiliki tampilan yang lebih keren dan futuristik. Hal tersebut karena keberadaan batre yang menyatu dengan bodi perangkat seluler.

2. Baterai Tanam

Sebagaimana batre yang dapat dilepas, pada jenis batre tanam juga ada kelebihan serta kekurangannya sendiri, yang dapat dijelaskan sebagai berikut:

a. Kelebihan Yang Dimiliki

Di bawah ini beberapa kelebihan yang ada pada jenis batre non removable, antara lain adalah:

1. Unggul Dalam Tampilan Desain

Penggunaan batre tanam yang tak dapat dilepas tentu saja membuat tampilan desain sebuah perangkat seluler menjadi tampak lebih stylish dan keren. Hal tersebut karena menyatunya wujud batre dengan bodi seluler sehingga tentu saja tampilan relatif dapat jadi lebih ramping.

2. Tidak Mudah Mengalami Kerusakan

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh batre tanam adalah tidak mudah rusaknya perangkat. Hal ini karena pemilik telepon tidak bisa melakukan penggantian batre oleh dirinya sendiri, sehingga pin internal perangkat akan selalu aman.

b. Kekurangannya

Beberapa kekurangan penggunaan batre tanam antara lain:

1. Lebih Tidak Hemat

Karena batre tanam ketika mengalami kerusakan tak dapat dengan serta merta langsung diganti oleh pemiliknya, maka pasti akan timbul biaya operasional penggantian batre. Padahal selain itu pemilik juga harus menanggung biaya pembelian batre yang baru.

2. Sulit Melakukan Restart

Pada jenis batre non removable cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam tidak semudah pada penggunaan batre lepasan. Contohnya ketika perangkat seluler mengalami hang, maka harus ke tukang reparasi untuk mengganti batre tanam baru.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Di Cas Batre Tanam

Seperti yang sempat disinggung di atas seiring dengan berlalunya waktu, maka keusangan perangkat adalah sebuah keniscayaan yang tak mungkin dihindari. Akibatnya pada saat pengisian daya dilakukan, daya batre tidak terjadi penambahan.

Hal seperti itu biasanya banyak sekali terjadi pada jenis batre tanam seperti HP keluaran Xiaomi, Samsung, Asus hingga iPhone. Untuk mengatasinya berikut cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang dapat Kamu lakukan sendiri sebagai tindakan awal.

1. Tekanlah Kenop Power dan Volume Bersamaan

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang pertama adalah menekan secara bersama-sama tombol on off dengan tombol volume suara. Lakukanlah hal tersebut pada saat perangkat seluler yang bermasalah sedang dilakukan pengisian daya.

Kedua tombol itu harus terus ditekan secara bersamaan hingga kamu merasakan ada getaran pada perangkat HP. Tindakan yang berkesan sangat sederhana ini telah banyak dibuktikan oleh pemilik berbagai merek HP dan ternyata berhasil.

2. Lepas Berbagai Atribut Tambahan

Seringkali pada kasus pengisian daya baterai tidak dapat terjadi adalah karena beratnya beban penyimpanan yang ada telah melampaui batas kemampuan dari spesifikasi HP tersebut.

Itulah mengapa cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam berikutnya adalah melepaskan semua alat penyimpanan tambahan yang dipasang. Misalkan SIM Card HP atau kartu microSD. Pelepasan itu gunanya adalah untuk mengistirahatkan perangkat seluler milik Kamu.

Sebab perangkat yang telah bekerja terlalu keras dapat menyebabkan terjadinya kegagalan dalam pengisian daya. Setelah semua dilepaskan, maka diamkan sejenak beberapa saat hingga batre kembali dingin. Setelah itu pasang kembali dan lakukan pengisian daya lagi.

3. Gunakan Kabel USB Untuk Pengisian Daya

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang ketiga adalah penggunaan kabel USB untuk melakukan pengisian daya.

Pengisian daya dengan menggunakan kabel USB akan mampu untuk menghasilkan tenaga yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan charger biasanya.

Nah pada saat kapasitas daya yang tinggi tersebut dimasukkan ke dalam batre yang benar-benar kosong akan mengakibatkan kejutan arus sehingga batre jadi mampu terisi kembali.

Nantinya ketika daya telah bisa masuk, jangan segera mencabut kabel USBnya. Akan tetapi biarkan selama beberapa waktu hingga daya batre terisi hingga 15% terlebih dahulu. Jika sudah baru ganti dengan kabel charger yang biasanya.

4. Gunakan Charger Nilai Ampere Tinggi

Cara berikutnya merupakan metode yang hampir mirip dengan penggunaan kabel USB, yaitu mengejutkan batre yang dayanya kosong dengan memasukkan arus tinggi.

Metode ini juga telah terbukti efektif digunakan sebagai salah satu cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam. Untuk melakukannya Kamu harus menggunakan charger lain yang memiliki daya ampere yang lebih tinggi nilainya.

Besaran nilai ampere yang paling baik adalah dua kali lipat dari besaran nilai ampere charger aslinya.

Jadi misalnya pada charger bawaan pabriknya mencantumkan nilai 0.4 Ampere, maka Kamu harus mencari charger lain yang memiliki nilai 1 Ampere atau 1.000 mAh untuk digunakan. Metode ini terbukti ampuh bagi HP batre tanam merek Xiaomi, Oppo, Samsung dan lainnya.

5. Bongkarlah Batre

Membongkar batre adalah metode berikutnya yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam. Akan tetapi harus berhati-hati saat melakukannya, yaitu hanya dilakukan jika perangkat HP milik Kamu telah melewati masa berlaku garansinya.

Mengapa? Karena membongkar perangkat seluler yang menggunakan batre tanam itu akan membuka segel garansinya. Nah jika segel garansi telah terbuka, artinya masa garansi yang masih berlaku tidak akan dapat digunakan lagi.

Tahapan untuk melakukannya sebagai berikut:

  1. Pastikan masa garansi perangkat HP telah habis.
  2. Sediakan beberapa peralatan berikut: obeng berukuran kecil jenis +, kabel dua warna berukuran kecil, power supply dan solder beserta timahnya.
  3. Pertama dengan menggunakan solder bukalah bagian belakang dari casing HP secara hati-hati hingga terlihat bagian socket baterainya.
  4. Lalu bukalah bagian socket baterai dengan menggunakan obeng kecil melalui cara mencongkel baterai hingga kabel fleksibelnya terlihat.
  5. Lakukan tes koneksi pada kabel fleksibel serta kabel konektor memakai charger yang menggunakan power supply.
  6. Setelah itu kembalikanlah semua komponen tadi sesuai keadaan dan tempatnya semula lalu kunci dengan menggunakan solder dan timah.

Meski tindakan tersebut terlihat sangat mudah dan sederhana, akan tetapi tak disarankan bagi yang tak memiliki keahlian, demi menghindari kerusakan yang lebih jauh.

6. Lakukan Restart Hp

Berikutnya Kamu juga dapat melakukan proses restart HP pada metode cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang lainnya. Untuk melakukannya Kamu tekan saja tombol power off pada perangkat seluler yang sedang bermasalah tersebut.

Setelah itu biarkan HP dalam keadaan mati selama beberapa waktu. Hal tersebut perlu dilakukan agar perangkat yang telah memanas karena bekerja berat dapat beristirahat. Dengan begitu diharapkan semua sistem HP yang error memiliki waktu untuk dapat kembali normal.

7. Periksa Kabel USB dan Power Adapter

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang berikutnya cobalah untuk memeriksa charger yang digunakan untuk melakukan pengisian daya. Sebab tak selalu gagalnya proses pengisian daya adalah karena terdapat kerusakan pada perangkat.

Misalnya, pada kabel charger yang sering dilipat pada tahap penyimpanannya bisa membuat kabel tersebut sering error. Itulah mengapa selalu disarankan untuk tak melipat kabel sebagai metode penyimpanan charger bukan?

Nah apabila kabel charger rusak maka sudah pasti proses pengisian daya tak dapat dilakukan. Solusinya adalah tentu saja membeli kabel charger yang baru.

Akan tetapi selalu belilah kabel charger yang jenis asli yang memang bawaan dari pabrik agar dapat digunakan dengan langsung dan minim resiko.

Selain memeriksa kabel charger, lakukan pemeriksaan juga pada perangkat power adapter yang Kamu gunakan. Bisa saja terjadi power adapter error sehingga arus yang dikeluarkan power adapter jadi mengecil dan berdampak pada pengisian daya batre.

Cara melakukannya, pinjamlah charger milik orang lain lalu gunakan pada HP Kamu. Jika ada daya yang masuk maka itu artinya kabel charger atau power adapter milik Kamu bermasalah.

8. Periksa Port USB

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang ke delapan adalah dengan memeriksa port USB. Tak masuknya arus daya ke dalam unit baterai dari HP milik Anda bisa saja terjadi karena port USB error.

Penyebab dari errornya sebuah port USB sih banyak, salah satunya adalah kebiasaan untuk mencabut charger HP secara kasar tanpa disadari. Biasanya hal ini terjadi karena Kamu sedang buru-buru.

Mencabut kabel charger yang sedang terhubung ke perangkat secara kasar akan bisa membuat port USB menjadi error. Jalan keluar untuk mengatasi hal ini hanya satu, yaitu membawanya ke tempat service resmi dari brand yang digunakan agar bisa dilakukan pemeriksaan lengkap.

9. Bersihkan Charging Port

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang ke sembilan adalah dengan membersihkan charging port dari kotoran yang menempel. Lamanya pemakaian kadang membuat charging port dipenuhi debu atau kotoran.

Hal tersebut ternyata akan mampu menimbulkan hambatan masuknya arus daya dari charger ke dalam batre. Untuk mengatasinya maka lakukan pembersihan pada bagian port charging lalu coba gunakan kembali.

10. Update OS

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam yang paling akhir adalah pastikan jika perangkat seluler yang Kamu gunakan sistem operasinya telah terupdate.

Jika belum, maka lakukanlah proses update karena hal tersebut juga berpengaruh pada performa pengisian batre juga.

Faktor Penyebab HP Batre Tanam Tak Bisa Dicas

Dari beberapa uraian tentang cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam di atas, maka ada beberapa faktor penyebab utama terjadinya kegagalan pengisian daya, antara lain:

1. Usia Atau Kebocoran Batre

Masalah yang paling umum terjadi ketika sebuah perangkat Hp tidak bisa dilakukan pengisian daya adalah karena usia batre HP yang memang telah lama.

Usia batre yang lama akan ikut mengikis kemampuannya untuk dapat menampung arus daya yang masuk. Atau faktor kemungkinan yang lainnya adalah terjadinya kebocoran pada batre.

2. Hardware

Faktor penyebab lainnya adalah adanya kerusakan yang dialami oleh komponen pendukung pada sebuah perangkat seluler. Komponen pendukung tersebut misalkan power adapter, charging port, kabel charger atau chargernya sendiri.

3. Software

Faktor ketiga yang menyebabkan kegagalan pengisian daya pada batre tanam adalah adanya kendala pada perangkat lunak HP.

  • Perangkat seluler akan selalu memerlukan software untuk mendeteksi ketika ada charger yang terpasang. Apabila perangkat lunak yang terpasang error sehingga gagal mendeteksi, maka proses pengisian daya juga akan gagal.
  • Aplikasi pihak ketiga yang diinstal bisa jadi merupakan penyebab terjadinya pemborosan batre hingga mengganggu proses pengisian arus daya perangkat.
  • Software sistem operasi perangkat HP yang tak terinstal secara sempurna juga akan bisa membuat proses pengisian daya terhambat.

Demikianlah uraian tentang cara mengatasi HP tidak bisa di cas batre tanam, semoga dapat membantu ya!

You cannot copy content of this page