cara mengatasi HP bootloop

Cara Mengatasi HP Bootloop pada Smartphone Android

Bootloop merupakan gangguan yang sering terjadi pada smartphone dengan sistem operasi Android. Gangguan ini umumnya berupa pengulangan layar booting secara terus menerus dan berulang kali. Ada beberapa cara mengatasi HP bootloop yang bisa kamu lakukan.

Penyebab bootloop sendiri sangat bermacam-macam. Mulai dari gangguan pada sistem file, kerusakan pada bagian hardware atau aplikasi. Sampai adanya gangguan virus pada smartphone yang menyebabkan sistem utama tidak bisa diakses.

Namun, apapun penyebabnya sebenarnya gangguan bootloop sendiri bukanlah gangguan smartphone yang tidak bisa diatasi. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, bahkan tanpa membawanya ke tempat servis lebih dulu.

Mengenal Gangguan Bootloop pada Smartphone

Sebelum mencari tahu cara mengatasi HP bootloop, terutama pada smartphone Android. Ada baiknya untuk kamu mengenal terlebih dahulu mengenai gangguan bootloop pada smartphone. Seperti yang sudah dijelaskan secara sekilas pada bagian sebelumnya.

Gangguan bootloop umumnya berupa pengulangan layar booting berulang kali pada layar smartphone. Secara sederhana, smartphone melakukan proses restart berulang kali dengan sendirinya. Hal ini membuat sistem utama dari smartphone tidak bisa diakses.

Bootloop merupakan gangguan yang cukup umum terjadi bahkan hp Android terbaru saja tidak bisa menghindari gangguan ini. Hal ini  karena gangguan sistem pada smartphone sangat berpengaruh pada proses restart pada smartphone.

Ciri gangguan bootloop ini adalah adanya logo atau brand dari ponsel yang muncul terus menerus pada layar ponsel. Smartphone pun selalu melakukan rebooting atau restart tanpa kamu tekan tombol power atau memulai prosesnya.

Jenis dari Gangguan Bootloop

Untuk mengetahui cara mengatasi HP bootloop, tentu saja kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis dari gangguan ini. Banyak orang yang menganggap gangguan bootloop hanya ada satu jenis dan hanya gangguan itu saja.

Padahal, gangguan bootloop ada jenisnya lebih tepatnya ada dua jenis dari gangguan bootloop yang bisa terjadi pada smartphone. Utamanya, smartphone dengan sistem operasi Android. Berikut adalah penjelasan mengenai kedua jenis bootloop ini.

1. Gejala Ringan pada Light Bootloop

Jenis yang pertama adalah gangguan light bootloop. Jenis bootloop satu ini merupakan gangguan dengan gejala ringan pada smartphone. Biasanya jenis gangguan bootloop satu ini dapat terjadi secara tiba-tiba.

Jadi, jika smartphone yang kamu gunakan tiba-tiba mati dan memulai proses restart sendiri. Bisa dipastikan smartphone kamu sedang terkena gangguan light bootloop. Hal ini membuat gangguan ini memang sulit diprediksi.

Namun, kamu tidak perlu terlalu khawatir karena masih gejala yang ringan. Biasanya light bootloop mudah diatasi dengan restart atau mungkin mengulang proses booting saja.

2. Gangguan Menengah sampai Berat, Hard Bootloop

Pada jenis gangguan hard bootloop kondisi ponsel dengan sistem operasi Android sudah benar-benar tidak bisa dioperasikan seperti sedia kal. Proses rebooting akan terjadi terus menerus dan berulang kali sampai akhirnya ponsel kehabisan daya.

Bahkan, setelah ponsel di charger kembali dan kemudian coba dinyalakan lagi. Maka proses rebooting akan muncul lagi pada layar ponsel. Jika hal tersebut terjadi pada ponsel kamu, maka bisa dipastikan bahwa ponsel kamu dalam kondisi rusak yang cukup berat.

Cara Mengatasi HP Bootloop Smartphone Android

Setelah mengenal apa itu bootloop dan juga jenis dari gangguan bootloop itu sendiri. Berikutnya akan dibahas bagaimana cara mengatasi gangguan ini, utamanya pada smartphone dengan sistem operasi Android.

HP bootloop

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan kamu untuk mengatasi gangguan bootloop. Cara-cara di bawah ini bisa kamu lakukan sesuai dengan tingkat kerusakan dan gangguan bootloop pada smartphone kamu.

Berikut adalah berbagai cara mengatasi HP bootloop pada smartphone Android. Mungkin saja, kamu bisa mencoba salah satu di antaranya dan berhasil.

1. Lepas Baterai dan Pasang Kembali

Penanganan pertama pada bootloop adalah melakukan lepas pasang baterai. Kamu bisa membuka cover belakang smartphone kemudian melepas baterai secara paksa.

Kemudian, diamkan selama beberapa saat baru dipasang kembali. Cara ini cukup efektif untuk smartphone yang mengalami gangguan light bootloop dan terkadang cukup efektif untuk gangguan hard bootloop jika kerusakannya tidak terlalu parah.

Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya berlaku pada smartphone dengan baterai yang lepas pasang. Untuk smartphone yang menggunakan baterai tanam tidak bisa menggunakan car aini.

2. Melepaskan Kartu SIM dan MicroSD

Selain baterai, kartu SIM dan MicroSD juga perlu dilepas dalam cara mengatasi HP Bootloop. Dengan melepas kartu SIM dan microSD memberikan waktu beristirahat pada sistem yang ada di smartphone Android.

Lepaskan kartu SIM dan microSD mulai dari 30 menit sampai 24 jam, durasi pelepasan kartu SIM dan MicroSD ini bergantung dengan proses restart yang diinginkan.

3. Melakukan Factory Reset pada Smartphone

Jika kamu merasa tidak masalah untuk kehilangan seluruh data yang ada di dalam smartphone Android untuk menyelesaikan masalah bootloop. Maka cara mengatasi HP bootloop selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan factory reset pada smartphone.

Dengan melakukan factory reset maka pengaturan dan isi smartphone akan kembali seperti semula seperti baru saja keluar dari pabrik. Kamu akan kehilangan seluruh data bahkan aplikasi yang kamu pasang pada smartphone.

Namun, cara ini merupakan yang paling efektif dalam mengatasi bootloop smartphone. Karena sistem smartphone akan kembali seperti semula seperti baru.

4. Lakukan Penghapusan Cache pada Smartphone

Jika smartphone kamu mengalami light bootloop biasanya, masih bisa diakses mode recovery pada sela proses booting. Pada mode recovery inilah kamu bisa melakukan penghapusan cache pada smartphone.

Penghapusan cache sangat efektif untuk mengatasi light bootloop, karena biasanya gangguan ini disebabkan oleh gangguan berlebihan pada bagian memori eksternal maupun internal dari smartphone Android.

Dengan melakukan penghapusan cache, maka kamu bisa memberikan ruang lebih lebih untuk sistem yang akan berjalan pada smartphone. Smartphone pun semakin ringan kinerjanya. Penghapusan cache ini juga solusi untuk mengatasi Hp Bootloop tanpa menghapus data.

Namun, hal yang perlu diingat bahwa cara ini hanya efektif untuk gangguan tipe light bootloop saja. Karena, pada hard bootloop biasanya mode recovery sudah tidak bisa diakses lagi. Jadi, kamu tidak bisa mengakses fitur untuk melakukan penghapusan cache.

5. Kunjungi Service Center Resmi dari Smartphone

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan, namun tidak ada yang membuahkan hasil. Maka, tidak ada pilihan lain selain membawa smartphone ke tempat servis. Bawa smartphone ke tempat service yang resmi dari brand smartphone.

Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu, kira-kira apa yang membuat kondisi smartphone kamu selalu mengalami bootloop. Biasanya, pihak service center akan mengusahakan agar sistem bisa berjalan di recovery mode sebelum mengambil langkah selanjutnya.

Itulah pembahasan mengenai bootloop, jenis, sampai cara mengatasi HP bootloop. Tidak perlu khawatir menghadapi gangguan bootloop pada smartphone. Kamu bisa melakukan berbagai cara di atas sebagai solusi.

You cannot copy content of this page