cara menambah memori internal hp tanpa root

5 Cara Menambah Memori Internal HP Tanpa Root, Mudah!

Tiba-tiba ada pemberitahuan memori internal sudah habis, rasanya kesal bukan? Tenang, kamu bisa coba cara menambah memori internal HP tanpa root. Tips ini mudah dan dinilai berhasil meningkatkan kapasitas memori internal HP.

Tambah Memori Internal HP Tanpa Root, Maksudnya Apa?

Sebelum bahas langsung mengenai cara menambah memori internal HP tanpa root, tahukah kamu itu sebenarnya apa? Maksudnya, penambahan memori internal pada HP tanpa mengubah sistem operasi pada HP tersebut.

Dapat diartikan HP tersebut tidak berubah dari aslinya meskipun telah dilakukan penambahan memori internal. Pengetahuan mengenai root ini sangatlah penting mengingat sistem operasional HP bisa berubah jika otak-atik seperti untuk meningkatkan kapasitas memori internal tersebut.

5 Tips Meningkatkan Kapasitas Memori Internal Tanpa Root

Meningkatkan kapasitas memori internal dengan upgrade RAM memang bisa? Bisa saja, tapi tidak mudah caranya karena ada spesifikasi tertentu pada hardware dan software pada HP. Namun, kamu bisa mencoba cara menambah memori internal HP tanpa root berikut ini.

1. Membersihkan sampah di memori internal

Salah satu penyebab memori internal HP mudah habis adalah menumpuknya file sampah di memori tersebut. Cara membersihkannya pun sangat mudah. Cukup buka menu File Manager lalu pilih Pembersihan dan secara otomatis file sampah terhapuskan.

Jika HP kamu tidak menyediakan fitur pembersihan file sampah, kamu dapat menggunakan aplikasi gratis pembersih file di Google Play Store. Sebaiknya, rutin membersihkan file sampah tersebut karena makin besar size-nya akan mempengaruhi kinerja smartphone.

2. Memasang aplikasi memori internal tambahan

Cara menambah memori internal HP tanpa root berikutnya adalah dengan memasang aplikasi memori internal tambahan. Aplikasi tersebut mudah ditemukan dan diunduh gratis di Google Play Store.

Namun, perhatikan deskripsi dan review pengguna sebelum mengunduh aplikasi tersebut. Pastikan pula aplikasi tersebut tidak membuat HP kamu mengalami root.

3. Memindahkan file

Cara terjitu untuk meningkatkan kapasitas memori internal HP secara aman, yakni dengan memindahkan file-file ke perangkat lainnya. Misalnya, dipindahkan ke laptop/PC, atau hardisk. Caranya hanya membutuhkan kabel data untuk melakukan proses transfer file tersebut.

4. Simpan data di cloud storage

Selain memindahkan file, kamu juga bisa menambah kapasitas memori internal dengan menyimpan data di cloud storage. Apa itu? Cloud storage adalah sejenis penyimpanan yang berbasis online.

Beberapa cloud storage yang direkomendasikan di antaranya Google Drive, OneDrive, Dropbox. Kamu bisa menyimpan file secara otomatis di cloud storage tersebut dengan melakukan sinkronisasi akun pada HP dengan akun di cloud storage.

Selain itu, dijamin data kamu akan aman dan dapat diakses kapanpun serta dimanapun selama terjangkau internet. Kurangnya, tidak jarang kamu perlu upgrade ke akun premium untuk menikmati layanan cloud storage dalam skala besar.

5. Menggunakan Adoptable storage

Cara lainnya adalah menggunakan fitur Adoptable storage. Fitur ini dikembangkan oleh Google yang khusus hanya bisa digunakan minimal oleh smartphone dengan sistem operasi Android 6.0 atau Marsmellow.

Dipastikan cara ini merupakan tips yang aman untuk menambah memori internal HP tanpa mengubah sistem operasi pada smartphone. Jadi, tidak perlu khawatir masalah root pada HP.

Itulah ulasan mengenai cara menambah memori internal HP tanpa root yang dapat kamu terapkan. Semoga informasi ini membantu dan sebaiknya jangan asal mengotak-atik HP tanpa tahu dasarnya.

You cannot copy content of this page