cara memperbaiki layar laptop bergaris

3 Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris, Mudah Banget!

Sekarang ini, memiliki laptop pribadi memang membawa banyak keuntungan. Terlebih bagi para pelajar dan pekerja kantoran. Namun pernahkah kamu mengalami eror layar laptop? Nah jika iya, kami memiliki beberapa cara memperbaiki layar laptop bergaris yang sangat mudah.

Bagaimana caranya? Maka bacalah penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Penyebab layar laptop eror

Tidak berbeda dengan berbagai jenis barang elektronik lainnya, laptop juga bisa mengalami error. Error atau kerusakan yang terjadi pada laptop ini tentu memiliki penyebab yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara memperbaiki layar laptop bergaris, alangkah baiknya jika kita bahas terlebih dahulu hal-hal apa saja sih yang bisa menyebabkan layar laptop eror?

Namun sebelumnya, terdapat informasi penting terkait kerusakan pada layar laptop yang perlu kamu ketahui, yakni layar laptop bisa rusak dengan kondisi bergaris-garis atau juga bisa layar monitor blank hitam.

Nah jika kerusakan laptop kamu adalah monitor yang sudah blank hitam, maka ada baiknya jika kamu langsung saja pergi ke tempat service laptop agar diperbaiki oleh ahlinya. Tapi, jika laptop kamu rusak dengan layar bergaris-garis, kamu masih mungkin untuk memperbaikinya sendiri.

Jadi, inilah beberapa hal yang bisa menyebabkan layar laptop error bergaris.

  • VGA laptop kamu bermasalah.
  • Kabel fleksibel penghubung motherboard dan layar rusak atau putus.
  • LCD laptop kamu mengalami kerusakan.

Dari ketiga penyebab kerusakan tersebut, kamu bisa mengatasi kerusakan layar monitor laptop dengan beberapa cara berikut.

Cara memperbaiki layar laptop bergaris

Untuk memperbaiki layar laptop yang rusak, kamu bisa mengatasinya sendiri dengan catatan penyebab kerusakan bukanlah bagian dari komponen hardware pada laptop. Dengan demikian, berikut adalah 3 cara memperbaiki layar laptop bergaris.

1. Memasang aplikasi LCD repair di laptop

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan pada layar laptop adalah dengan menggunakan aplikasi repair LCD. Aplikasi ini akan berfungsi untuk menemukan lokasi dead pixel yang menyebabkan layar laptop bergaris.

Langkah-langkah menggunakan aplikasi ini adalah:

  1. Pastikan kamu sudah menginstall aplikasi Pixel Repair di laptop kamu.
  2. Jika sudah ada, kamu bisa membuka aplikasi tersebut dan klik “Enable”.
  3. Selanjutnya klik “Add” agar bisa menambah pixel layar.
  4. Berikutnya kamu tinggal mengarahkan pixel repair pada garis yang muncul di layar monitor laptop kamu.
  5. Dan kemudian klik “Delete”.
  6. Terakhir kamu bisa merestart laptop kamu dan garis-garis yang muncul pada layar akan hilang seketika.

2. Mengatur power plan pada baterai laptop

Cara kedua untuk mengatasi layar laptop yang bergaris adalah dengan mengatur pengaturan power plan di laptop. Untuk melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Pertama masuklah pada menu control panel, kemudian pilih dan klik bagian power options.
  2. Selanjutnya pada bagian plans show, kamu tinggal klik opsi change plan settings.
  3. Dan kemudian kamu tinggal mengubah plan settings untuk on battery, dan klik save changes.
  4. Sekarang kamu tinggal merestart laptop kamu dan lihatlah perubahannya.

3. Cara lain

Cara lainnya jika kedua cara di atas tidak berhasil, kamu bisa mencoba untuk membongkar laptop kamu dan cek apakah terdapat kerusakan pada kabel fleksibel konektor layar.

Jika bisa kamu dapat memperbaikinya sendiri. Namun jika tidak, kamu bisa langsung saja membawa laptop kamu ke ahli service laptop agar lebih terjamin keamanannya.

Penutup

Jadi demikianlah beberapa cara memperbaiki layar laptop bergaris yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Sangat mudah bukan? selamat mencoba dan semoga membantu!

You cannot copy content of this page