Cara Membuat Google Form di HP, Dijamin Pasti Berhasil

Cara Membuat Google Form di HP, Dijamin Pasti Berhasil

Kamu ingin tahu cara membuat Google form di HP? Ulasan di bawah ini akan menjelaskannya secara lengkap. Mulai dari mengunjungi situs resminya, hingga membuat berbagai macam formulir sesuai kebutuhan masing-masing.

Form sendiri secara umum digunakan untuk menyusun dokumen yang sifatnya mengumpulkan data dari pengguna secara online. Layanan ini ditawarkan oleh Google dan telah terintegrasi dengan beberapa aplikasi populer lain buatannya.

Cara Membuat Google Form di HP Tanpa Aplikasi Tambahan

Kamu bisa mulai membuat formulir sendiri dengan berbagai bentuk untuk tujuan tertentu. Caranya sangat mudah, yakni mengunjungi situs resminya lewat peramban, mulai merancang dokumen, hingga mengatur konten lewat fitur editing.

  1. Mengunjungi situs resmi Google Form lewat peramban

Pertama-tama, kamu bisa mengunjungi situs form.google.com di peramban pada perangkat Android maupun iOS. Setelah masuk ke halaman utama, akan ada pilihan dengan beberapa fitur untuk memulai membuat dokumen secara cepat.

Cara membuat Google form di HP bisa diakses lewat situs di atas. kamu bisa mengeksplorasi semua fitur-fitur yang ada, Mulai dari mengkustomisasi isi konten, mengganti warna teks, dan lain sebagainya.

  1. Mulai merancang formulir dari awal atau menggunakan template

Selanjutnya adalah membuat formulir dari awal atau memanfaatkan template yang telah disediakan oleh aplikasi. Beberapa di antaranya adalah informasi kontak, reservasi atau RSVP, undangan pesta, hingga pendaftaran pembelian barang tertentu.

👉 TRENDING:   Cara buat Akun Gmail Tanpa Nomor HP di PC Tergampang

Jika dirasa masih kurang, kamu bisa menyusun formulir sendiri dengan memiliki opsi ‘Blank’ di layar utama. Di sana ada bagian ‘Untitled Form’ yang bisa diganti judulnya, menambah deskripsi, dan lainnya.

  1. Menggunakan fitur editing

Setelah menguasai cara membuat Google form di HP, selanjutnya adalah memahami fitur-fitur editing untuk mengubah konten. Mulai dari menambah ikon (TT), menambahkan gambar, video, hingga bagian baru pada formulir tersebut.

Warna hingga gaya font juga bisa disesuaikan dengan cara mengetuk palet pilihan warna di bagian atas. Jika sudah paham, kamu telah siap untuk membuat form seperti undangan hingga format kuisioner.

Apa Saja yang Bisa Dibuat oleh Google Form?

Kamu bisa membuat formulir dalam bentuk apa saja dan untuk tujuan beragam dengan menggunakan Google Form. Beberapa di antara bentuk-bentuknya yang populer adalah kuisioner, lamaran pekerjaan, hingga daftar survey online.

  1. Kuisioner

Cara membuat Google form di HP yang paling mudah adalah membuat kuisioner. Isinya tidak jauh dari seputar pertanyaan sesuai topik, yang intinya adalah meminta pengguna untuk mengisi jawaban sesuai pertanyaannya.

Kuisioner termasuk dokumen paling umum yang sering dibuat menggunakan Google Form. Selain mudah, penyebarannya secara online juga lebih efisien karena calon pengisi kuisioner akan mendapatkan link dan terhubung dengan dokumen.

  1. Formulir lamaran pekerjaan

Beberapa perusahaan juga mulai memanfaatkan Google Form untuk membuat data berisi pengajuan lamaran pekerjaan. Calon karyawan hanya tinggal mengisi data-data sesuai pertanyaan yang diberikan, kemudian jawaban akan terkirim secara otomatis.

Cara membuat Google form di HP tersebut bisa menggunakan dokumen kosong atau memanfaatkan template yang telah disediakan. Pihak perusahaan juga bisa membuat formulir khusus untuk menampung feedback dari calon karyawan.

  1. Daftar pemesanan sebuah barang

Google form juga bisa dimanfaatkan untuk membuat formulir pemesanan barang. Cara ini biasanya dilakukan oleh toko online yang menjual produk dengan sistem order online, sehingga harus melakukan pemesanan terlebih dahulu.

👉 TRENDING:   Cara buat Akun Gmail Tanpa Nomor HP di PC Tergampang

Setelah formulir diisi, data tersebut secara otomatis akan terekam dan dibaca oleh pembuat form. Dari sana, penjual online bisa memproses pesanan barang sesuai dengan data yang diisi oleh calon pembeli.

Aplikasi di atas termasuk sangat praktis karena sangat praktis dan telah mendukung layanan online. Baik pengguna awam hingga pemilik usaha, harus mengetahui cara membuat Google form di HP beserta fitur-fiturnya.

You cannot copy content of this page