Cara Membuat Akun Google Tanpa Nomor HP

Cara Membuat Akun Google Tanpa Nomor HP Paling Mudah

Cara membuat akun Google tanpa nomor HP ternyata sangat mudah karena hanya memerlukan beberapa langkah saja. Teknik semacam ini sangat cocok bagi kamu yang ingin membuat banyak akun dengan mudah.

Akun Google yang terverifikasi biasanya membutuhkan nomor ponsel pengguna sebagai salah satu opsi pengamannya. Karena opsi tersebut tidak dibutuhkan, kamu cukup mengabaikannya dengan menyimak langkah-langkah mudahnya di bawah berikut ini.

Cara Membuat Akun Google Tanpa Nomor HP Lewat Beberapa Cara

Gmail merupakan aplikasi milik Google yang secara otomatis telah terpasang di perangkat Android. Selain untuk mengirim dan menerima email, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan akun tanpa menyertakan nomor ponsel.

1.      Lewat aplikasi Gmail

Buka aplikasi Gmail kemudian masuk ke ‘Pengaturan’ dan pilih opsi ‘Add Another Account’ kemudian klik ‘Atur Email’. Langkah berikutnya adalah pilih opsi ‘Create Account’ dan pilih ‘Create Account for Myself’,

Isi data pribadi kemudian klik tombol ‘Next’ dan buat kata sandi untuk mengamankan akun. Pada opsi ”Add Telephone Number?’, kamu tinggal melewatinya dengan memilih ‘Next’ kemudian tunggu prosesnya hingga selesai.

2.      Lewat aplikasi PlayStore

Cara membuat akun Google tanpa nomor HP juga bisa dibuat lewat Google PlayStore. Kamu tinggal membuat aplikasi tersebut kemudian masuk menu ‘Pengaturan’ dengan mengetuk foto profil di pojok kanan atas.

Langkah-langkahnya adalah, pilih opsi “Add Another Account”, ketuk “Create Account” lalu klik “For Myself”. Isi data diri asli yang diminta, lewati pilihan ‘Add Telephone Number?’ dan tunggu prosesnya hingga selesai.

3.      Mendapatkan akun lewat peramban Chrome

Pada bagian pojok kanan atas, ketuk gambar pengguna dan pilih “Manage Accounts”, lalu ketuk “Manage Account On This Device”. Isi identitas pribadi sesuai permintaan, kemudian klik ‘Next’ dan buat password.

Cara membuat akun Google tanpa nomor HP lewat Chrome tinggal mengetuk opsi ‘Lewati Saja’ untuk ‘Add Telephone Number?’ Klik ‘Next’ dan ketuk tombol “Saya Setuju” pada opsi “Privasi dan Persyaratan”.

Alasan Google Meminta Nomor Telepon ketika Membuat Akun Baru

Kamu pasti bertanya-tanya, kenapa Google meminta nomor telepon untuk setiap pembuatan akun baru. Beberapa di antaranya adalah Mencegah spammer membuat user palsu, memperkuat keamanan, hingga sebagai verifikasi penggunanya adalah manusia.

1.      Mencegah spammer membuat identitas palsu

Setelah mengetahui cara membuat akun Google tanpa nomor HP seperti di atas, ke depannya Google tetap akan memintanya untuk verifikasi. Salah satu tujuannya adalah mempersulit robot atau spammer mendapatkan identitas.

Spammer atau robot seringkali menggunakan akun mereka untuk aktivitas yang dianggap ilegal oleh Google. Mulai dari mengirimkan penawaran secara masif untuk keperluan pemasaran, hingga tindakan berbahaya seperti tindak pidana penipuan.

2.      Memperkuat keamanan dari tindakan peretasan

Permintaan nomor juga digunakan oleh pihak Google untuk mengamankan akun dari serangan siber seperti peretasan. Salah satunya adalah melewati proses verifikasi dengan menggunakan data ponsel terdaftar ketika sedang melakukan login.

Meski cara membuat akun Google tanpa nomor HP terlihat lebih mudah, namun metode tersebut sangat rentan. Oleh sebab itu, nomor tetap menjadi opsi paling aman karena menjadi pengaman lewat verifikasi.

3.      Sebagai verifikasi penggunanya adalah manusia

Seperti penjelasan sebelumnya, proses pendaftaran untuk mendapatkan akun Google akan lebih aman jika menggunakan nomor ponsel. Sistem milik Google secara otomatis akan menggunakannya untuk memverifikasi, apakah penggunanya robot atau manusia.

Seandainya calon penggunanya adalah robot atau sejenisnya, sudah bisa dipastikan permintaan untuk membuat akun akan ditolak. Namun jika manusia, salah satu pembuktiannya adalah harus menggunakan nomor ponsel untuk proses verifikasi.

Jika ingin lebih aman ketika menggunakan Google, penggunaan nomor ponsel aktif sangat disarankan. Tapi jika tidak ingin repot, maka cara membuat akun Google tanpa nomor HP di atas bisa dicoba.

You cannot copy content of this page