cara membersihkan virus hp

Cara Membersihkan Virus Hp Serta Cara Mengatasinya

Keberadaan HP saat ini sangat penting. Terutama untuk kalangan anak muda yang bergerak secara dinamis. Karena HP sangat mengandalkan perangkat lunak, maka tidak jarang ada saja perangkat lunak berbahaya di HP. Maka dari itu perlu adanya cara membersihkan virus hp.

Virus berbahaya ini dapat membahayakan pemilik HP. Karena dengan begitu akan ada banyak penjahat dunia maya yang dapat menggunakan virus untuk mengakses data pribadi kita. Tentu saja hal tersebut harus dihindari bukan.

Terutama untuk berbagai macam informasi yang sangat sensitif untuk dilakukan pencurian. Ini akan sangat berpotensi merugikan bahkan membahayakan. Karena pencurian informasi yang pribadi itu adalah tindakan penipuan.

Namun sebelum membahas bagaimana cara membersihkan virus hp maka perlu ketahui terlebih dahulu seperti apa cirinya. Karena dengan mengetahui cirinya maka akan lebih mudah untuk cara mengatasinya.

Ciri-Ciri HP Terkena Virus

Berikut ini beberapa cara mendeteksi virus di HP yang bisa Anda waspadai:

1. Layar Yang Bergerak Sendiri

Layar HP seringkali bergerak sendiri atau saat membuka suatu aplikasi secara random. Ini adalah salah satu ciri bahwa HP kamu terkena suatu virus. Sebenarnya layar yang bergerak dengan sendirinya bukan sebagai acuan bahwa HP kamu terkenal virus.

Namun, bisa saja memang layar yang telah rusak terlebih dahulu. Namun, untuk tetap mewaspadai adanya virus dalam HP. Kamu bisa mencurigai bahwa yang membuat layar HP mu bergerak sendiri adalah virus.

Hal ini biasanya disebabkan karena adanya beberapa iklan yang biasanya tidak sengaja tertekan. Hal ini dapat membuat HP mendapatkan virus. Untuk itu waspadai apa saja yang kamu pencet melalui HP mu.

2. Baterai Cepat Habis

Virus tidak hanya menyerang data yang kamu punya. Tetapi juga mempengaruhi konsumsi daya baterai pada HP. Jika biasanya konsumsi daya baterai tidak tinggi, lalu setelah menginstal aplikasi menjadi tinggi. Bisa jadi hal tersebut yang menjadi penyebab HP terkena virus.

Oleh karena itu periksa dan selalu coba cek apakah konsumsi daya baterai yang tinggi karena virus atau bukan. Selalu cek performa baterai kamu apakah ada masalah atau tidak. Karena konsumsi baterai yang berlebih bisa menjadi indikasi adanya virus di dalam HP kamu.

3. HP Menjadi Lemot

Selanjutnya apa ciri ciri hp kena virus? Cirinya adalah HP cenderung lemot atau berjalan dengan lambat. Seperti jika ingin membuka suatu aplikasi biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama. Maka jika dirasa lemot, periksa apakah ada virus yang menyerang HP kamu.

Mungkin beberapa tidak terlalu terasa ketara sekali. Namun, beberapa virus ada yang akan mempengaruhi performa HP yang akhirnya dapat menyebabkan eror. Beberapa kasus juga dirasa tidak terlalu parah dampaknya bagi HP.

4. Menginstal Aplikasi Sendiri

Terkadang ada HP yang menginstal aplikasi secara otomatis tanpa kamu sadari. Apabila hal tersebut terjadi maka bisa jadi ada virus HP Android, yang secara tidak sengaja terbawa oleh aplikasi.

5. Penggunaan Paket Data Yang Boros

Apabila kamu merasa bahwa penggunaan internetmu melebihi dari biasanya. Maka hal tersebut patut untuk dicurigai. Dikhawatirkan HP yang kamu miliki telah terserang virus. Jika sudah begitu, maka lebih baik ketahui cara membersihkan virus hp.

Apabila beberapa permasalahan tersebut terlihat dan ada di ciri HP kamu. Maka lebih baik untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi virus yang ada di HP.

Cara Membersihkan Virus Pada Smartphone

Berikut ini adalah cara gimana cara menghapus virus di hp, simak langkah-langkahnya.

1. Gunakan Antivirus

Cara yang paling praktis untuk membersihkan HP dari virus adalah menginstal antivirus. Dengan aplikasi apa yang bisa membersihkan virus di HP serta melakukan scanning. Maka keberadaan virus dapat dicegah.

Beberapa aplikasi antivirus yang bisa coba digunakan antara lain adalah. Line Antivirus, Avira, AVG Antivirus, serta beberapa aplikasi antivirus lainnya. Pastikan untuk mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store supaya lebih terjamin, karena resmi.

2. Lakukan Factory Reset

Ada cara membersihkan virus hp lainnya, yaitu melakukan factory reset. Ini adalah cara yang dilakukan untuk mengembalikan HP ke settingan awal smartphone dibuat. Sehingga dengan cara tersebut, maka seluruh data, aplikasi sehingga virus dapat dihapuskan.

Maka dari itu untuk ingat sebelum melakukan factory reset ini. Untuk melakukan backup data yang penting, supaya tidak hilang.

3. Manfaatkan Fitur Safe Mode

Selanjutnya ada cara yang bisa dilakukan untuk menghapus aplikasi yang terindikasi virus. Caranya dapat melalui safe mode. Ini adalah cara membersihkan virus di HP tanpa aplikasi. Karena fitur safe mode ini biasanya ada pada HP.

Pertama, masuk ke safe mode terlebih dahulu yang ada di peraturan. Fitur ini berfungsi untuk menonaktifkan seluruh aplikasi kecuali aplikasi inti yang sejak awal dibawa oleh sistem. Setelah itu cara membersihkan virus hp bisa langsung cek aplikasi.

Cek aplikasi ini bisa dilakukan dengan cara masuk ke menu pengaturan, lalu pilih apps selanjutnya downloaded. Namun karena aplikasi tersebut sudah masuk ke sistem maka virus akan muncul meski telah melakukan safe mode.

Hapus langsung aplikasi yang mencurigakan, apabila dirasa ada salah satu aplikasi yang mencurigakan. Maka bisa langsung klik uninstall saja. Namun, hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya akses administrator.

Terkadang pada HP Android murah terinstall aplikasi yang mencurigakan, namun mendapatkan akses administrator. Maka dari itu perlu hapus akses administrator. Caranya, buka menu pengaturan pada HP lalu buka setting, pilih security dan pilih device administrator.

Tips Mencegah HP Terkena Virus

Ikuti tips berikut untuk cara mencegah virus pada HP.

1. Pastikan HP Memiliki Antivirus

Antivirus pada smartphone tentunya sangat berguna sekali untuk mencegah adanya virus yang masuk. Maka dari itu selalu pastikan bahwa HP kamu telah terinstal aplikasi antivirus. Sehingga tidak perlu lagi untuk cara membersihkan virus hp.

Karena biasanya virus ikut masuk saat kamu melakukan pencarian di internet. Atau saat menginstall aplikasi tertentu yang diunduh secara tidak resmi.

2. Install Aplikasi Pada App Store Resmi

Jangan pernah mau menginstall aplikasi melalui browser atau link yang mencurigakan. Sehingga jika perlu untuk menginstall aplikasi maka lebih baik untuk mengunduhnya melalui Play Store.

3. Hindari Penggunaan Wifi Yang Sembarang

Menggunakan wifi memang terkadang sangatlah menyenangkan. Namun, tahu tidak jika menyambungkan Wifi bisa menjadi salah satu cara virus masuk kedalam HP kamu. Sehingga nantinya kamu perlu mencari cara membersihkan virus hp.

4. Jangan Klik Link Mencurigakan

Apabila mendapatkan email atau link yang mencurigakan. Maka jangan pernah menyentuh link yang ada. Karena bisa saja hal tersebut adalah salah satu cara untuk orang memasukkan virus ke dalam hpmu dan mencoba meretasnya.

Itulah tadi beberapa cara membersihkan virus hp. Bahkan bagaimana cara mengetahui apakah hp kamu terkena virus atau tidak. Selalu pastikan untuk mengikuti tips di atas supaya hp tidak terkena virus.

You cannot copy content of this page