cara melacak hp yang hilang dalam keadaan mati

Tak Perlu Panik, Ini 8 Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati

Dapat dikatakan kehilangan HP adalah hal terburuk buat kamu yang tergantung dengan gadget pintar tersebut. Apalagi, HP diperkirakan dalam keadaan mati atau baterai sekarat. jangan panik, cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati bisa dilakukan loh!

Dalam artikel ini akan dibahas cara cerdas dan cepat ketika menyadari HP hilang. Langkah cepat tentu diharapkan agar keberadaan HP dapat diketahui dengan mudah. Bagaimana caranya? Di sini, kami akan menjelaskan lengkap dan kamu bisa  lanjut baca hingga tuntas.

Bagaimana Jika HP Hilang dalam Keadaan Mati?

HP menjadi hal penting karena banyak dokumen penting di dalamnya. Baik file urusan pekerjaan, foto kenangan video dan berbagai chat khusus dengan teman. Kamu tentu tak rela jika HP yang sangat pribadi isinya sampai hilang dan tak berbuat apa-apa.

HP hilang dalam keadaan hidup dapat lebih mudah ditemukan karena masih dapat dihubungi. Cara melacak HP yang hilang dengan menggunakan cara praktis yaitu menggunakan layanan Google. Selain itu dapat pula cara melacak HP dengan imei dan dengan whatsapp.

Masih ada beberapa cara untuk menemukan HP yang hilang ini. Akan tetapi bagaimana jika HP hilang dalam keadaan mati? Tentu lain ceritanya tapi tetap memungkinkan untuk berusaha menemukannya kembali.

Agar kamu tidak bingung, berikut cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati, yaitu:

  • Menggunakan Google Maps
  • Melacak dengan alamat email
  • Menggunakan aplikasi Whatsapp
  • Menggunakan Aplikasi Find my Device
  • Melalui Situs CellTrack
  • Menggunakan Google ADM
  • Menggunakan nomor IMEI
  • Menggunakan Aplikasi Phone Tracker by Number

HP hilang menjadi masalah dan jika ditemukan oleh orang yang baik kemungkinan akan balik ke kamu. Akan tetapi jika ditemukan orang kurang baik, HP tak mungkin balik dan harus segera dilakukan pemblokiran untuk keamanan data dalam HP tersebut.

Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati dengan Google Maps

Cara pertama ini sering dilakukan banyak pengguna ketika kehilangan HP saktinya. Kelebihan cara melacak HP yang hilang dengan Google Maps dapat kamu lakukan jika HP sudah mati.

Kamu dapat ikuti proses di bawah ini, yaitu:

1. Buka Aplikasi

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Google Maps. Dari situs resminya di Support Google, dengan Google Maps dapat melacak HP yang hilang. Jangan lupa pastikan koneksi stabil dan aman untuk kelancaran pencarian posisi HP hilang ini.

2. Klik Ikon Titik 3 dan Tap Add Account

Selanjutnya klik ikon titik tiga di bagian pojok kiri atas untuk memasukkan akun ponsel yang hilang dengan pilih ‘add account’.

3. Pilih Your Timeline

Langkah berikutnya klik ikon hamburger untuk memilih ‘your timeline’. Setelah di klik maka pelacakan dimulai.

4. Klik Ikon Kalender

Jika ingin tahu posisi HP dalam hitungan hari bisa tekan ikon kalender.

Hal ini dapat dipilih sebagai trik mudah cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati. Dengan mengetahui urutan yang benar, HP yang hilang dapat diketahui keberadaannya. Siapa tahu akan dapat ditemukan kembali.

Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati dengan Email

Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dengan nomor HP tanpa IMEI adalah dengan email. Pastikan dulu kamu hafal dan ingat dengan email yang digunakan dalam HP yang hilang tersebut.

Langkahnya sangat mudah, yaitu:

1. Gunakan Laptop dan Masuk Gmail Website

Disarankan menggunakan laptop atau PC untuk mengetik alamat email HP hilang di Gmail website. Lalu masukkan password dan lanjutkan.

2. Pilih Ikon Titik Sembilan

Dilanjutkan dengan klik ikon titik sembilan di bagian kanan atas.

3. Masuk Akun Google

Selanjutnya masuk ke akun Google dan scroll ke bawah untuk memilih opsi ‘temukan ponsel anda’ dan ‘temukan’. Di sinilah tahap pencarian dimulai untuk posisi HP yang hilang.

4. Dialihkan ke Google Maps

Pada tahap ini kamu akan dialihkan ke Google Maps untuk melihat dimana posisi HP yang hilang dalam keadaan mati.

Langkah ini dapat dengan mudah dilakukan untuk pencarian lebih lanjut. Dengan begitu HP hilang dapat dengan cepat ditemukan dimana posisi keberadaannya.

Cara Melacak HP Hilang dengan Whatsapp

Pengguna android hampir semua menggunakan aplikasi Whatsapp untuk berhubungan dengan orang lain. Baik untuk chat atau urusan pekerjaaan dalam pengiriman file berupa berkas, foto atau video. Selain itu Whatsapp memiliki fitur lengkap untuk akun pribadi atau bisnis.

Dapat pula dibuat grup dengan kriteria tertentu sesuai kebutuhan. Baik grup sekolah, pekerjaan atau bisnis. Dari aplikasi inilah melacak HP hilang dengan whatsapp dapat dijadikan alternatif untuk pencarian berikutnya.

Adapun cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dapat dilakukan dengan langkah berikut:

1. Buka Aplikasi WA

Cara lewat WA dilakukan dengan mencari nomor kontak untuk masuk ke ruang chat.

2. Klik Attach

Ikon lampiran ini berisi beberapa opsi, antara lain dokumen, kamera, audio, galeri, lokasi dan kontak. Pilih ‘bagikan lokasi terkini’.

3. Klik Bagikan Lokasi Terkini

Pada tahap ini kamu akan menemui kotak informasi. Selanjutnya penerima akan menerima lokasi yang dibagikan dan lanjut.

4. Opsional

Akan muncul kotak opsional di WA ini untuk jangka waktu berlakunya selama 8 jam. Durasi waktu tersebut menjadi pilihan paling lama dan pilih selanjutnya.

5. Kembali ke Ruang Chat

Dengan nomor WA yang tadi digunakan akan kembali ke ruang chat dan ditampilkan lokasi yang dibagikan ke nomor HP yang hilang. Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dengan nomor HP bisa dilakukan jika sama dengan nomor WA.

Cara Melacak HP Hilang dengan Aplikasi Find my Device

Bukan hanya melalui aplikasi Whatsapp saja, ada aplikasi lain yang dapat kamu jadikan pilihan ketika melacak HP hilang. Cara melacak HP Oppo yang hilang dalam keadaan mati dapat kamu lakukan dengan aplikasi Find my Device.

Aplikasi ini khusus untuk jenis HP android dengan langkah mudah sebagai berikut:

1. Unduh Aplikasi

Aplikasi dapat diunduh melalui Google Play Store dan jangan lupa pastikan koneksi dalam keadaan stabil.

2. Masukkan Email HP yang Hilang

Langkah berikutnya dengan memasukkan nomor email HP hilang. Jika telah mengetikkan dengan benar nomor tersebut maka pada aplikasi akan langsung terlihat posisinya ada dimana.

3. Pilih Fitur Putar Suara

Gunakan fitur putar suara agar ponsel tetap bersuara meskipun silent.

4. Pilih Amankan Perangkat

Pilih amankan perangkat sehingga HP terkunci dan tampilan pesan dapat mudah dihubungi orang yang menemukan HP hilang. Cara-melacak-HP seperti ini dapat praktis dilakukan hanya dengan mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Cara Melacak HP Hilang Melalui Situs CellTrack

Selain melalui aplikasi yang menjadi bawaan atau unduh secara mandiri, ada pula situs website untuk cek HP hilang. Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dapat dilakukan melalui situs CellTrack.

Website yang disupport perusahaan Belanda ini dengan fungsi asli melacak dengan nomor HP. Meskipun demikian salah satu fitur dari situs website dapat digunakan untuk melacak HP hilang.

Dengan nomor HP dapat diketahui keberadaan lokasinya. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi Situs CellTrack

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dengan mengunjungi situs CellTrack di celltrack.eu.

2. Bikin Akun

Untuk temukan perangkat saya pada HP yang hilang dengan mendaftar terlebih dahulu. Masukkan nomor HP dan lakukan pendaftaran sesuai prosedur yang terdapat dalam situs.

3. Masukkan Nomor HP yang Hilang

Langkah selanjutnya memasukkan nomor HP yang hilang dengan awalan +62.

4. Klik Check Now

Pilih ‘check now’ untuk mengetahui keberadaan HP yang hilang. Dari situs situs website akan memperlihatkan posisi lokasi di peta provider yang digunakan. Selain itu akan diperlihatkan data lainnya.

Perlu diketahui jika menginginkan data lebih akurat lakukan sejumlah pembayaran seperti yang tertera di situs. Tentunya tergantung kamu, akan melanjutkan untuk data lebih akurat atau cukup dengan data yang telah ada saja.

Cara Melacak HP Hilang dengan Google ADM

Selama ini mungkin kamu familiar melacak HP mati dengan IMEI. Namun, cara ini biasanya digunakan untuk HP dalam keadaan masih hidup. Jika sudah mati, tentu lebih praktis  menggunakan cara  lain.

Salah satu cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dengan Google ADM. Adapun ADM adalah singkatan dari Android Device Manager. Aplikasi yang dimaksud merupakan bawaan dari Google untuk digunakan dalam mendeteksi posisi HP hilang.

Teknik yang dilakukan perlu dengan langkah awal mengaktifkan GPS terlebih dahulu. Selanjutkan ikuti langkah berikut:

1. Gunakan HP Lain untuk Cek

Untuk login ke ADM gunakan HP lain dengan akun Google.

2. Masukkan ID

Langkah selanjutkan dengan memasukkan ID dan password lalu pilih ‘accept’. Dari sini pilih nama HP yang hilang.

3. Lokasi HP Hilang Terlihat

Selanjutnya akan muncul dimana letak lokasi HP yang hilang tersebut.

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati menggunakan IMEI dapat dijadikan alternatif pilihan. IMEI memang sering dijadikan acuan utama ketika HP hilang dan kesempatan lebih besar menemukan HP tersebut.

Untuk diketahui IMEI singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang terdiri dari 15 angka. Sebagai nomor identitas internasional dengan angka yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Cara-melacak ini dapat dilakukan jika sudah tak tersambung dengan email. Baik di HP jenis Oppo, Samsung atau merk lain dapat dilihat IMEI dengan mudah. Tapi ada pula yang bingung untuk mengetahui IMEI tersebut. Caranya yaitu:

1. Ketik *#06#

Cara pertama dengan mengetik *#06# maka nomor IMEI yang ingin diketahui akan terlihat langsung.

2. Lewat Menu Setting

Cara lainnya dengan masuk ke menu setting dan pilih ‘about phone’. Nomor IMEI akan terlihat pada berbagai informasi lainnya.

Dengan mengetahui nomor IMEI, kamu dapat langsung menghubungi polisi untuk meminta bantuan mencari HP hilang. Nomor IMEI seperti ini dilakukan sebagai salah satu cara utama ketika HP hilang dengan bantuan polisi.

Cara Melacak HP Hilang dengan Aplikasi Phone Tracker by Number

Menggunakan aplikasi Phone Tracker by Number adalah cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati berikutnya. Aplikasi ini sering digunakan ketika HP sudah mati sehingga tetap dapat diantisipasi dimana posisi HP yang hilang tersebut.

Aplikasi dapat dengan mudah diunduh melalui Google Play Store bagi pengguna android. Jika kamu menggunakan iOS dapat melalui AppSTore. Langkah yang dapat dilakukan jika menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

1. Unduh Aplikasi Phone Tracker by Number

Langkah awal dengan mengunduh aplikasinya baik kamu gunakan HP Oppo, Samsung, Xiaomi tetap harus lebih dahulu dan pastikan koneksi lancar.

2. Melakukan Pendaftaran

Daftarkan nomor HP pada aplikasinya untuk proses lebih lanjut.

3. Pahami Instruksi dan Langkah dengan Urut

Mengunduh aplikasi ini artinya memang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan lokasi HP yang hilang. Untuk itu melacaknya dengan mengikuti instruksi dan pahami dengan benar. Dengan demikian akan ada data lokasi keberadaan HP hilang di layar.

Cara-melacak HP yang hilang dengan nomor HP memang dapat dilakukan tapi ada pula yang memilih menggunakan aplikasi seperti Phone Tracker by Number. Semuanya tergantung urutan cara dari termudah hingga ke urutan berikutnya sampai HP hilang ditemukan kembali.

Antisipasi Agar HP Tidak Mudah Hilang

Cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati telah kamu ketahui secara lengkap. Namun tentu kejadian HP hilang sangat tidak ingin kamu alami. Untuk itu perlu melakukan antisipasi dini.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar HP tetap aman dan terhindar dari kata hilang. Berikut ini dapat kau praktekkan dan lakukan untuk keamanan HP, antara lain:

1. Taruh di Tempat Aman Saat Bepergian

Sata pergi, pastikan HP berada di tempat aman dan mudah untuk diaktifkan. Misalnya saja bawa tas kecil yang ditaruh di depan agar mudah ketika akan mengaktifkan HP tersebut. Jika berada di tempat umum, usahakan tidak terlalu mencolok.

Jika ditaruh di saku, pastikan saku tersebut memang longgar dan panjang sehingga muat dengan HP. Hal ini untuk mencegah HP jatuh atau diambil orang saat tidak sadar HP mengintip dari balik kantong.

2. Layar dengan Sandi Tertentu

Meskipun hal ini untuk antisipasi agar orang lain tak bisa membuka layar HP kamu dapat pula sebagai pencegahan agar misal HP yang dicuri tidak mudah dibuka.

Pilih sandi rumit agar pencuri membutuhkan beberapa waktu untuk membuka HP tersebut. Saat itulah kamu berkesempatan untuk melakukan pelacakan dengan cara seperti yang telah disebutkan di atas.

3. Jangan Taruh Sembarangan

Setiap orang bisa saja lupa dengan apa yang dilakukannya, termasuk saat menaruh HP. Saat makan di restoran atau di warung makan, sibuk makan, bayar lalu pergi lupa HP tak dibawa.

Jika memang sering lupa akan lebih baik jangan pernah menaruh HP di sembarang tempat. Saat membutuhkan mengaktifkan HP segera taruh kembali di tas atau kantong pakaian yang pas. Jangan menunda waktu untuk tidak menaruh di tempat semula.

Jikalau antisipasi lolos dan HP diambil pencuri, lakukan cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati seperti di atas. Dengan lebih cepat bergerak, HP bisa lebih cepat tahu posisinya dimana dan segera dilakukan tindakan agar HP bisa ditemukan. Semoga bermanfaat ya!

You cannot copy content of this page