cara melacak HP dengan find my device

Cara Melacak HP dengan Find my Device, Hanya Perlu 5 Menit!

Find my device merupakan salah satu fitur paling vital dalam perangkat Android maupun IOs. Fitur ini memang terhitung masih baru sehingga masih banyak orang belum mengetahui fungsi cara melacak HP dengan find my device.

Kabar baiknya, setiap pengguna smartphone dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis melalui Play Store atau App Store. Lalu apa saja kemampuan yang ditawarkan oleh aplikasi ini untuk melindungi ponsel kamu? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Ragam Fitur Aplikasi Find My Device

Di era modern ini, ponsel merupakan perangkat yang sangat penting bagi sebagian orang. Mulai dari sarana komunikasi dalam pekerjaan dan keluarga, transaksi keuangan hingga ruang penyimpanan data-data penting semua berada di smartphone.

Tentu kita tidak dapat membayangkan jika perangkat pintar tersebut hilang, entah tertinggal ataupun diambil orang. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita melakukan tindakan antisipasi ponsel hilang dengan cara mengunduh aplikasi pelacak perangkat seperti Find My Device.

Tapi sebenarnya, apa saja kemampuan aplikasi ini untuk melindungi smartphone kita?

1. Membunyikan Nada Dering

Fitur ini sangat bermanfaat Anda gunakan ketika lupa menaruh ponsel di rumah atau terjatuh di keramaian. Dengan memilih opsi, ponsel yang sudah Anda cari akan berbunyi dalam volume maksimal selama 5 menit secara otomatis.

2. Menghapus Seluruh Data Jarak Jauh

Tindakan kejahatan terkadang tidak bisa kita hindari. Tidak sedikit kasus pencurian smartphone memiliki modus pencurian data dan penyalahgunaan identitas. Apabila Anda merasa data-data dalam HP bersifat rahasia, Anda bisa memanfaatkan fitur menghapus data jarak jauh.

3. Mengunci Layar

Fitur ketiga dari cara melacak HP dengan find my device adalah mengunci layar jarak jauh. Tujuannya agar pencuri tidak dapat membuka perangkat dan mengetahui data di dalamnya. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu dapat memilih opsi  Lock.

Tutorial Cara Melacak HP dengan Find my Device di Android

Secara umum, cara menggunakan aplikasi Find my Device sangat mudah dan tidak berbayar. Namun ada beberapa persyaratan agar fitur dalam aplikasi ini bisa tersambung dengan perangkat hilang. Syarat tersebut adalah:

  1. HP hilang dalam kondisi aktif;
  2. HP terhubung dengan jaringan internet;
  3. HP terhubung dengan akun email yang kamu daftarkan dalam aplikasi;
  4. HP mengaktifkan fitur lokasi;
  5. HP sudah mengaktifkan fitur Find my Device.

Apabila HP hilang sedang dalam kondisi mati atau tidak terhubung dengan internet, tindakan yang kamu pilih dalam aplikasi baru akan aktif otomatis ketika perangkat dihidupkan atau terhubung jaringan. Selanjutnya, begini cara melacak HP hilang melalui Find my Device:

  • Gunakan HP teman atau orang terdekat untuk menginstall aplikasi Find my Device di Play Store;
  • Jika sudah, input akun Google yang kamu daftarkan di perangkat hilang;
  • Pilih tindakan yang kamu inginkan untuk melacak keberadaan perangkat.

Cara Melacak HP dengan Find my Device di PC

Selain dapat kita fungsikan di Android, aplikasi ini juga dapat melacak HP lewat Gmail di Personal Computer (PC). Perbedaannya, kita tidak perlu download, melainkan melalui situs website. Berikut caranya:

  • Input https://android.com/find di kolom pencarian Browser;
  • Input akun Google yang terdaftar dalam Android;
  • Pilih tindakan pelacakan.

demikian penjelasan mengenai tutorial cara melacak HP dengan Find my Device di Android. Sangat memudahkan pemilik ponsel, bukan?

You cannot copy content of this page