cara melacak handphone lewat Gmail

Cara Melacak Handphone Lewat Gmail, Google dan IMEI

Pernahkah anda merasa panik karena handphone hilang? Jika iya, maka lebih baik anda nyalakan fitur GPS. Cara ngelacak HP hilang bisa menggunakan berbagai cara. Cara melacak handphone lewat Gmail adalah salah satunya yang bisa anda lakukan.

Dengan mengaktifkan fitur GPS pada handphone anda, maka anda dapat melacaknya berdasarkan lokasinya. Itu hanya berlaku jika fitur GPS pada ponsel anda menyala. Fitur GPS ini berlaku untuk ponsel Android maupun iPhone, sehingga mudah untuk mencarinya.

Tanpa mengaktifkan fitur GPS, mustahil untuk melakukan pelacakan handphone yang hilang. Jika handphone anda hilang, tidak usah panik! Karena, Google mempunyai fitur khusus untuk mengetahui keberadaan handphone anda. Tentunya melalui Gmail, Bagaimana caranya?

Cara Melacak Handphone Hilang Menggunakan Gmail

Cara melacak handphone lewat Gmail menjadi salah satu dari banyaknya cara yang dilakukan oleh semua orang pada umumnya. Karena, Gmail akan melacak lokasi ponsel anda dengan mudah dan terpercaya pastinya. Sehingga, anda tidak perlu khawatir jika ponsel anda hilang!

Supaya dapat melacak Hp dari Gmail, pastikan anda sudah mengaktifkan fitur GPS pada ponsel. Berikut adalah cara melacak handphone lewat Gmail!

  • Pertama, buka aplikasi browser dari PC atau laptop anda
  • Kedua, login ke akun Gmail anda melalui browser tersebut https://www.google.com/android/find
  • Ketiga, klik ikon titik Sembilan pada bagian pojok kanan atas akun Gmail anda
  • Lalu, pilih Akun dan pilih menu Keamanan
  • Setelah itu, cek informasi tentang perangkat yang memiliki akses atau terhubung ke akun Gmail anda
  • Selanjutnya, pilih HP yang hilang untuk melacak lokasinya
  • Lalu, klik tombol Detail Selengkapnya
  • Setelah itu, klik menu Cari Perangkat
  • Jika sudah, maka anda akan diarahkan ke dalam fitur Find My Device yang dimiliki Google
  • Terakhir, Google akan memberikan peta dengan perkiraan lokasi handphone anda. selain itu, tipe HP hingga persentase sisa baterai juga akan ditampilkan

Setelah anda mengetahui cara melacak handphone lewat Gmail diatas, anda bisa menemukan ponsel anda segera. Setelah menemukannya, lakukanlah beberapa hal berikut ini melalui browser tersebut:

  • Aktifkanlah dering menu “Play Sound” dengan tujuan supaya ponsel anda tetap berdering selama 5 menit tanpa berhenti. Meskipun dalam keadaan mode senyap atau silent, ponsel anda tetap akan berdering
  • Amankan perangkat dengan cara mengaktifkan “Secure Device”. Sehingga, anda dapat mengunci ponsel anda dengna PIN atau sandi melalui fitur tersebut. Anda juga bisa menuliskan pesan ke ponsel anda yang hilang dan akan muncul di layar ponsel anda.
  • Hapuslah data perangkat dengan “Erase Device”, supaya seluruh data pada ponsel anda terhapus semua. Data tersebut akan terhapus secara permanen dan tidak bisa dilacak.

Itulah cara melacak handphone lewat Gmail yang dapat anda terapkan ketika ponsel anda hilang. Meskipun demikian, hasil dari pelacakan belum tentu 100% akurat tapi kebanyakan berhasil ditemukan.

Cara Melacak Handphone Hilang Menggunakan Google

Selain melalui Gmail, cara melacak HP hilang juga bisa dilakukan melalui Google loh! Google merupakan layanan yang banyak dipakai oleh pengguna smartphone. Salah satu layanannya adalah dapat mencari smartphone anda ketika hilang menggunakan Find My Device.

Berikut adalah cara melacak HP hilang tanpa aplikasi, hanya menggunakan Google saja. Simak caranya berikut ini!

  • Pertama, buka situs google anda melalui browser dan setujui Google untuk melacak ponsel anda yang hilang
  • Kedua, login ke akun Google yang tersambung dengan ponsel anda yang hilang
  • Klik jenis ponsel yang hilang, jika akun Google anda digunakan oleh lebih dari satu ponsel
  • Lalu, akan muncul notifikasi dan informasi tentang lokasi ponsel anda yang hilang dari Google Play Service. Meskipun demikian, lokasi tersebut belum tentu akurat karena lokasi tersebut hanya perkiraan
  • Jika anda tetap tidak bisa menemukan ponsel anda, anda bisa melakukan beberapa hal seperti Play Sound, Secure Device dan Erase Device.
    • Play Sound: digunakan untuk membuat ponsel anda berdering selama 5 menit tanpa jeda. Meskipun ponsel dalam kondisi silent atau getar
    • Secure Device: anda bisa mengunci ponsel yang hilang menggunakan PIN, pola atau password. Anda juga bisa mengirimkan pesan pada layar kunci ponsel anda yang hilang
    • Eraser Device: ketika anda menggunakan fitur ini, maka aplikasi Find My Device tidak bisa digunakan lagi. Fitur ini digunakan untuk menghapus semua data di ponsel anda secara permanen, kecuali data di kartu SD anda

Itulah cara melacak HP hilang dalam keadaan mati sekalipun, anda tetap bisa mencari dan menemukannya. Hanya dengan menggunakan Google, anda bisa menemukan ponsel anda dimanapun keberadaannya. Sehingga, anda tidak harus khawatir jika ponsel anda hilang.

Cara Melacak Handphone Hilang Menggunakan IMEI

Selain melacak HP hilang dengan email dan Google, anda juga melacaknya melalui IMEI. IMEI merupakan tanda pengenal setiap ponsel dan setiap ponsel pasti memilikinya. Nomor IMEI tentu tidak dapat diubah atau dihilangkan, sehingga bisa digunakan untuk melacak.

Nomor IMEI setiap ponsel tentunya berbeda-beda, dengan begitu anda dapat menemukannya jika ponsel anda hilang. Untuk mencari ponsel yang hilang menggunakan IMEI, ponsel anda harus terhubung ke email.

Setelah mengetahui cara melacak handphone lewat Gmail ketahui juga cara melacak HP hilang yang mati menggunakan IMEI berikut ini!

1. Ketahui Nomor IMEI ponsel anda

Sebelum mencari ponsel anda yang hilang, anda harus mengetahui nomor IMEI ponsel anda yang hilang. Nomor IMEI terdiri dari 14 hingga 16 angka, dan nomor IMEI biasanya ada satu atau dua nomor tergantung slot kartu SIM yang ada. Cara untuk mengecek IMEI adalah:

  • Cara pertama, Ketik *#06# (tanpa mengetuk tombol panggilan) > nomor IMEI akan muncul otomatis
  • Cara kedua, buka menu Setting > About Phone > nomor IMEI akan muncul otomatis

2. Urus Surat Keterangan Kehilangan di Kepolisian

Setelah mengetahui nomor IMEI ponsel anda yang hilang, anda dapat menghubungi pihak kepolisian. Untuk mengurus surat kehilangan di kepolisian tidaklah susah, cukup datang ke kantor kepolisian saja. Setelah itu, petugas akan mengarahkan ke bagian yang berwenang.

Nantinya, anda akan dimintai keterangan seperti data diri, kronologi dan waktu kehilangan ponsel anda. Setelah selesai prosesnya, pihak kepoliasian akan membuatkan surat kehilangannya.

3. Datangi Gerai Operator

Tahap ketiga adalah dengan mendatangi gerai operator, setelah anda mendapatkan surat kehilangan dari kepolisian. di gerai operator penyedia jaringan, anda hanya akan menyerahkan nomor IMEI dan nomor ponsel anda kepada mereka. Setelah itu, mereka akan memprosesnya.

Mereka nantinya akan memberikan informasi lokasi ponsel anda jika sudah ditemukan. Setelah itu, anda dapat melakukan penanganan yang lebih lanjut. Dengan begitu, ponsel anda dapat segera ditemukan hanya dengan menggunakan nomor IMEI.

Demikian cara yang bisa anda lakukan ketika ponsel anda hilang tidak dapat ditemukan. Dengan cara melacak handphone lewat Gmail, Google atau IMEI anda dapat segera menemukan ponsel anda yang hilang.

Supaya tidak salah gunakan, anda juga bisa melakukan hapus data atau layanan blokir melalui akun Gmail anda. Selamat mencoba!

You cannot copy content of this page