Cara Kirim Pesan WhatsApp Ke Banyak Nomor

Cara Kirim Pesan WhatsApp Ke Banyak Nomor

Berbagi pesan kepada teman atau keluarga dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp sudah menjadi hal yang umum untuk dilakukan saat ini. Akan tetapi apakah Anda tahu bagaimana cara kirim pesan Whatsapp ke banyak nomor sekaligus?

Pada aplikasi WhatsApp sebenarnya terdapat fitur yang memberi kemudahan penggunanya untuk melakukan pengiriman pesan secara massal yang bernama Broadcast. Namun cara kirim pesan WA seperti itu mensyaratkan untuk menyimpan nomor kontak lebih dahulu.

Nah di artikel ini akan dibahas cara kirim pesan Whatsapp ke banyak nomor sekaligus baik yang harus menyimpan kontak terlebih dahulu. Maupun dengan cara tanpa melakukan penyimpanan nomor kontak. Penasaran? Yuk simak hingga akhir ya!

Syarat Mengirim Pesan Ke Banyak Nomor Di WhatsApp

Ada beberapa syarat cara kirim pesan Whatsapp ke banyak nomor yang harus Anda penuhi sebelum memulai langkahnya. Akan tetapi langkah ini hanya berlaku pada cara kirim pesan Whatsapp ke banyak nomor dengan simpan kontak. Syarat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Terlebih dahulu, lakukanlah penyimpanan semua nomor kontak yang akan Anda kirimi pesan melalui gadget.
  • Meskipun tidak adanya batasan jumlah pesan yang akan dikirimkan, namun pada saat proses mengirimkan pesan Anda harus memberi jeda waktu. Hal ini agar pesan yang dikirimkan tidak dianggap sebagai spam oleh pihak aplikasi.
  • 256 adalah jumlah maksimal kontak yang dapat Anda lakukan pengiriman pesan melalui aplikasi WA dalam satu waktu.

Kirim Pesan WhatsApp ke Banyak Nomor di HP

Seperti yang sedikit disinggung di atas, untuk melakukan cara kirim pesan Whatsapp ke banyak nomor, Anda dapat menggunakan fitur broadcast. Melalui fitur Broadcast ini maka akan sangat memudahkan Anda untuk melakukan hard selling ke calon konsumen yang ada di list kontak.

Meski fitur Broadcast ini sudah ada sejak lama, akan tetapi tidak ada salahnya untuk diuraikan kembali bagi yang sedang memerlukan infonya. Berikut beberapa langkah mudah untuk menggunakan fitur Broadcast:

1. Melalui HP Android

Jika Anda merupakan pengguna telepon genggam pintar dengan operasi sistem Android, maka langkah melakukan broadcast adalah:

  • Buka dan silahkan masuk ke dalam aplikasi WhatsApp yang ada di telepon pintar milik Anda.
  • Selanjutnya pada halaman chats, silahkan tap pada bagian tiga titik yang berjajar vertikal di bagian sudut kanan atas pada layar.
  • Setelah itu akan keluar beberapa opsi menu, pilihlah menu Siaran baru atau New broadcast.
  • Langkah berikutnya, silahkan Anda pilih kontak yang ingin dimasukkan ke dalam daftar yang akan dikirimi pesan secara broadcast.
  • Begitu selesai memilih kontak sejumlah maksimal 256 buah, maka langkah selanjutnya Anda tekan tombol centang biru yang berada persis di sudut kanan bawah layar.
  • Langkah berikutnya adalah silahkan ketikkan pesan yang ingin Anda kirim.
  • Setelah semua selesai, tekan pada tombol bertuliskan Kirim (Send) agar proses broadcasting pesan milik Anda dapat segera dilakukan.

2. Melalui iPhone

Langkah mengirimkan pesan Whatsapp ke banyak nomor melalui iPhone sebenarnya mirip dengan cara sebelumnya (memakai Android). Akan tetapi agar Anda tak salah langkah silahkan ikuti tutorial sederhananya sebagai berikut:

  • Langkah pertama, buka dan masuklah ke dalam aplikasi WhatsApp yang ada di iPhone milik Anda.
  • Selanjutnya pada halaman utama, carilah tombol obrolan yang terdapat pada bagian bawah homescreen aplikasi, jika sudah silahkan Anda klik tombol tersebut.
  • Selanjutnya akan keluar daftar menu, pilihlah opsi Daftar Siaran yang berada di sudut kanan bagian atas.
  • Selanjutnya buatlah daftar baru dengan cara mengetuk kotak centang yang berada di setiap nomor kontak WhatsApp yang akan Anda kirimi pesan.
  • Jika pembuatan daftar telah selesai, maka lakukanlah proses pengiriman pesan atau broadcasting dengan menekan tombol Send atau Kirim.

Kirim Pesan WhatsApp ke Banyak Nomor di PC

Selain melalui gawai pribadi, cara kirim pesan WhatsApp ke banyak nomor secara bersamaan juga dapat Anda lakukan melalui PC atau desktop. Untuk melakukan cara kirim pesan WhatsApp ke banyak nomor melalui PC dapat menggunakan mesin perambah Google.

1. Memakai Aplikasi WASender Free Bulk Messaging

Cara kirim pesan broadcast yang pertama adalah kirim pesan WhatsApp ke banyak nomor dengan WASender Free Bulk Messaging. Fitur ini dapat Anda manfaatkan secara gratis alias tanpa tambahan biaya apapun.

Hanya saja fitur ini memiliki keterbatasan pada jumlah kontak yang akan Anda kirimi pesan. Apabila ingin mendapatkan fitur dengan versi yang memungkinkan untuk berkirim pesan dengan jumlah kontak unlimited, maka Anda harus upgrade ke versi premium.

Akan tetapi tak usah berkecil hati, meskipun hanya menggunakan WASender Free Bulk Messaging versi gratis, ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh, antara lain:

  • Anda dapat melakukan pengiriman pesan tunggal tanpa perlu menyimpan nomor.
  • Anda juga dapat berkirim pesan WhatsApp secara massal meski dengan jumlah kontak yang terbatas.
  • Dimungkinkan untuk melakukan unggah data di excel yang dapat Anda kirimkan ke negara mana pun sebagai tujuannya.
  • Tak membutuhkan instalasi aplikasi tambahan, cukup gunakan saja mesin perambah bawaan.
  • Aplikasi antar muka yang friendly use dan dapat mengirim berbagai format tulisan WhatsApp seperti bold, italic, dicoret atau emoji.

2. Menggunakan Aplikasi WhatsApp Blaster

Cara kirim pesan Whatsapp ke banyak nomor melalui PC selanjutnya dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp blaster.

Aplikasi ini merupakan sebuah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna PC melakukan pengiriman pesan massal tanpa simpan kontak terlebih dahulu. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk menggunakannya adalah sebagai berikut:

a. Lakukan Pengunduhan

Langkah pertama, lakukan pengunduhan aplikasi WhatsApp blaster. Silahkan Anda pilih aplikasi mana yang sesuai dengan jenis PC yang akan digunakan yaitu Mac OS, Linux atau Windows.

b. Lakukan Registrasi

Setelah langkah pertama selesai, maka saatnya untuk melakukan registrasi. Jangan khawatir, prosesnya tidaklah rumit. Anda hanya akan diminta untuk menginput data diri berupa nama lengkap dan nomor WhatsApp yang akan digunakan.

Setelah proses pendaftaran selesai, maka akan diberikan nama pengguna serta kata sandi. Detail data tersebut akan dipakai untuk melakukan login ke dalam aplikasi WhatsApp Bulk melalui WhatsApp Anda.

c. Lakukan Aktivasi Aplikasi Dan Buat Pesan

Langkah ketiga adalah masuk ke dalam aplikasi dengan data yang telah diberikan oleh pihak aplikasi tadi. Setelah berhasil masuk, maka lakukan scan QR Code yang terdapat di layar PC Anda.

Tunggu prosesnya selama beberapa detik hingga aplikasi WA terhubung dengan aplikasi WhatsApp Bulk di PC Anda. Nah jika sudah terhubung, maka silahkan tekan tombol berupa  garis tiga yang ada di bagian pojok kiri atas.

Pilihlah menu tulis pesan, kemudian aktifkan fitur ambil dari Excel jika memang ingin mengirimkan data yang tersimpan di Excel.

d. Lakukan Pengiriman Pesan

Setelah Anda selesai menuliskan pesan yang ingin dikirim, atau melampirkan berbagai data seperti gambar, video, audio atau file, maka silahkan tekan tombol Send agar proses broadcasting dapat segera dimulai.

Oiya selama proses tersebut berlangsung jangan mematikan aplikasi WhatsApp pada gawai pribadi Anda. Aplikasi WA di HP harus tetap aktif agar semua pesan dapat terkirim dengan sempurna.

Sebagai informasi tambahan selain aplikasi WhatsApp Blaster, untuk melakukan cara kirim pesan Whatsapp ke banyak nomor melalui aplikasi juga dapat Anda lakukan melalui beberapa nama aplikasi gratis berikut ini:

  • Trueline Solutions
  • Wasender
  • Enjay World
  • WhatsMarketing Software
  • RapBooster
  • WhatsUnsaved

3. Lantas Bagaimana dengan WhatsApp Web?

Bagi Anda yang merupakan pengguna WhatsApp Web pasti menanyakan apakah cara kirim pesan Whatsapp ke banyak nomor dapat melalui WhatsApp Web?

Sayangnya hingga saat ini aplikasi WhatsApp Web belum mendukung fitur pesan secara massal atau broadcast ini. Hal tersebut karena ada kendala teknis sehingga fitur broadcast belum bisa digunakan pada WhatsApp web.

Namun jangan khawatir, Anda tetap dapat mengirim pesan broadcast dari perangkat komputer melalui langkah berikut:

  • Pasanglah aplikasi emulator (contohnya BlueStacks atau NoxPlyer) pada PC Anda.
  • Kemudian instal aplikasi WhatsApp pada emulator tersebut, lantas masuklah ke dalam akun WhatsApp Anda untuk mengambil data kontak WA yang ada di Smartphone untuk dicopy ke dalam emulator.
  • Setelah semua kontak tersalin, silahkan lakukan langkah cara kirim pesan seperti biasanya.

Demikianlah uraian tentang cara kirim pesan Whatsapp ke banyak nomor, semoga dapat membantu.

You cannot copy content of this page